home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mallet Finger

Definisi mallet finger|Tanda-tanda & gejala mallet finger|Penyebab mallet finger|Diagnosis mallet finger|Pengobatan mallet finger|Pengobatan mallet finger di rumah|Komplikasi mallet finger
Mallet Finger

Definisi mallet finger

Apa itu mallet finger?

Mallet finger adalah cedera jari akibat kerusakan pada tendon tipis (tendon ekstensor) yang berada di ujung jari. Tendon tipis ini berfungsi untuk meluruskan jari Anda. Dengan demikian, kerusakan pada tendon ini membuat Anda tidak dapat meluruskan ujung jari sebagaimana mestinya.

Cedera ini biasanya terjadi saat sebuah benda keras membentur jari bagian atas. Biasanya, ini terjadi pada atlet bisbol karena benturan bola yang mengenai jarinya. Karena itulah, cedera ini juga sering disebut dengan baseball finger atau jari bisbol.

Meski demikian, gangguan pada tendon ini bisa terjadi pada siapa saja akibat benturan keras benda apapun ke arah jari. Biasanya, kondisi ini terjadi sering terjadi bersamaan dengan patah tulang (fraktur) di bagian jari.

Seberapa umumkah kondisi ini?

Mallet finger adalah kondisi yang umum terjadi. Cedera ini bisa terjadi pada siapapun di usia berapapun, baik orang dewasa maupun anak-anak. Tanyakan pada dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala mallet finger

Apa ciri-ciri dan gejala mallet finger?

trapeziectomy

Salah satu jari tangan yang mengalami kondisi ini biasanya terasa sakit, bengkak, dan memar. Ujung jari akan membengkok ke bawah dan tidak bisa Anda luruskan. Anda hanya bisa meluruskan jari jika Anda mendorong dengan tangan yang satunya.

Terkadang, Anda bisa melihat adanya darah yang terkumpul di bawah kuku. Bahkan, kuku bisa saja terlepas dari tempatnya.

Kapan harus diperiksakan ke dokter?

Sebaiknya Anda segera berobat ke dokter apabila merasakan gejala di atas, terutama jika ada darah di bawah kuku atau kuku lepas.

Dilansir dari OrthoInfo, kondisi pada kuku ini bisa menjadi tanda adanya luka di bantalan kuku atau tulang jari patah dan lukanya menembus ke bawah. Cedera semacam ini membuat Anda berisiko terkena infeksi.

Penyebab mallet finger

Apa penyebab mallet finger?

Mallet finger terjadi ketika tendon ekstensor di jari mengalami kerusakan, seperti robek, meregang, atau terlepas dari tempatnya. Tendon itu sendiri merupakan jaringan yang menghubungkan otot dan tulang.

Di bagian tangan, tendon memanjang dari otot-otot di lengan bawah melalui pergelangan tangan dan menempel pada tulang-tulang kecil di jari. Adapun tendon ekstensor berada di bagian atas dari ujung jari.

Kerusakan atau robeknya tendon ini disebabkan oleh benturan yang keras. Pada orang yang lebih muda, biasanya ini terjadi ketika berolahraga, seperti bisbol, basket, atau jenis olahraga lainnya yang menggunakan kekuatan tangan.

Saat bola mengenai ujung jari, tekanan ini bisa memaksa jari untuk membengkok atau menekuk hingga tendon di atasnya robek. Terkadang, tekanan ini bisa mematahkan tulang jari hingga tendon di atasnya ikut tertarik, yang kemudian disebut dengan jenis patah tulang avulsi. Akibatnya, jari tidak dapat lurus kembali dengan sendirinya.

Pada orang yang lanjut usia, cedera jari ini sering terjadi akibat tekanan yang kecil, seperti menyelipkan sprei saat merapikan tempat tidur atau ketika mengenakan kaus kaki. Adapun pada anak kecil, terjepit pintu sering menjadi penyebab utamanya.

Diagnosis mallet finger

Bagaimana dokter mendiagnosis kondisi ini?

Untuk mendiagnosis kondisi ini, dokter akan memeriksa jari Anda yang mengalami gejala. Selama pemeriksaan fisik ini, dokter akan memegang jari Anda dan meminta Anda untuk meluruskannya sendiri. Dokter pun mungkin akan mendorong jari Anda ke posisi yang lebih lurus untuk memastikan bahwa jari Anda tidak dapat lurus dengan sendirinya.

Setelah itu, dokter juga mungkin akan melakukan rontgen pada jari Anda untuk melihat apakah ada bagian tulang yang patah atau terlepas dan untuk memastikan persendiannya sejajar. Tak hanya itu, dokter juga akan mencari apakah ada luka, pendarahan, atau pelepasan kuku pada jari Anda.

Pengobatan mallet finger

Informasi di bawah ini tidak dapat dijadikan pengganti konsultasi medis. SELALU konsultasikan pada dokter untuk mendapat informasi tentang pengobatan.

Bagaimana cara mengobati mallet finger?

delirium adalah

Setelah Anda mengalami cedera, sebaiknya Anda segera pergi ke rumah sakit untuk mendapat penanganan medis. Namun, sebelum Anda bertemu dokter, cobalah untuk mengangkat tangan Anda. Hal ini akan membantu mengurangi jari bengkak dan rasa sakit.

Begitu sampai di rumah sakit dan Anda telah didiagnosis dengan mallet finger, dokter akan segera menyiapkan prosedur pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Berikut adalah beberapa jenis perawatan secara medis untuk mengobati cedera ini:

  • Penyangga atau bidai

Sebagian besar mallet finger bisa diobati dengan alat penyangga, seperti bidai, belat, atau gips. Tujuannya untuk memperbaiki fungsi dan penampakan jari Anda.

Untuk memasang alat ini, dokter akan meluruskan jari Anda. Kemudian, dokter akan membebatnya dengan penyangga agar jari Anda tetap lurus hingga tendon sembuh.

Pemakaian penyangga ini bisa berlangsung sekitar delapan minggu. Belat ini harus tetap Anda gunakan saat mandi, dan ganti dengan yang baru setelah mandi.

Pastikan ujung jari Anda tetap lurus selama menggunakan penyangga untuk mempercepat proses penyembuhan. Kemudian, setelah 3-4 minggu pemakaian, dokter mungkin memperbolehkan Anda untuk menggunakan penyangga pada malam hari saja.

  • Operasi atau pembedahan

Bila tendon yang rusak sulit diperbaiki, ditemukan fragmen tulang yang retak, atau sendi bergeser, dokter mungkin akan menyarankan prosedur operasi. Lewat prosedur operasi, dokter akan memperbaiki retakan menggunakan pen tulang untuk menahan tulang selama proses penyembuhan jari.

Namun, jika ada tendon yang rusak, dokter biasanya akan melakukan tendon graft atau cangkok tendon (mengganti tendon yang rusak dengan jaringan tendon yang diambil dari bagian tubuh lain) atau dengan menyatukan sendi.

Pengobatan mallet finger di rumah

Apa pengobatan rumahan yang dapat membantu mengatasi mallet finger?

Meski perlu mendapat penanganan secara medis, ada beberapa cara atau perawatan di rumah yang dapat membantu mengatasi kondisi ini, seperti:

  • Mengangkat tangan lebih tinggi di atas jantung untuk mengurangi jari bengkak.
  • Kompres air dingin atau es ke area jari yang terkena beberapa kali sehari selama 10-20 menit.
  • Pastikan jari tetap lurus selama menggunakan belat.
  • Bungkus jari yang sudah dibelat dengan plastik saat mandi agar tidak basah.
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri yang bisa Anda beli bebas di apotik, seperti parasetamol atau ibuprofen.

Konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Komplikasi mallet finger

Apa komplikasi yang mungkin muncul dengan kondisi ini?

Mallet finger memerlukan penanganan secara medis. Jika tidak ditangani, kondisi ini bisa menyebabkan kekakuan dan kecacatan pada jari tersebut.

Pada anak-anak, cedera ini bisa memengaruhi tulang rawan yang mengendalikan proses pertumbuhan tulang. Oleh karena itu, dokter harus berhati-hati dalam memeriksa dan memperbaiki cedera ini pada anak agar jari tersebut tidak jadi cacat atau terganggu pertumbuhannya.

Adapun komplikasi lainnya yang mungkin terjadi adalah iritasi kulit akibat penggunaan belat dalam waktu yang lama. Untuk itu, pastikan Anda merawat dan menjaga kebersihan jari dan belat selama tahap penyembuhan ini.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Salazar Botero, S., Hidalgo Diaz, J. J., Benaïda, A., Collon, S., Facca, S., & Liverneaux, P. A. (2016). Review of Acute Traumatic Closed Mallet Finger Injuries in Adults. Archives of plastic surgery43(2), 134–144. https://doi.org/10.5999/aps.2016.43.2.134.

Mallet Finger: Symptoms & Treatment | The Hand Society. Assh.org. (2021). Retrieved 24 June 2021, from https://www.assh.org/handcare/condition/mallet-finger.

Mallet finger – aftercare: MedlinePlus Medical Encyclopedia. Medlineplus.gov. (2021). Retrieved 24 June 2021, from https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000538.htm.

Mallet finger – NHS. nhs.uk. (2021). Retrieved 24 June 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/mallet-finger/.

Mallet Finger (Baseball Finger) – OrthoInfo – AAOS. Orthoinfo.aaos.org. (2021). Retrieved 24 June 2021, from https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases–conditions/mallet-finger-baseball-finger/.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 24/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x