Kista Ganglion

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Definisi

Apa yang dimaksud dengan kista ganglion?

Kista ganglion adalah tumor kecil sebesar kacang polong muncul di tubuh Anda. Tumor ini berkembang bersamaan dengan sakit sendi di pergelangan tangan, tangan, mata kaki dan kaki. Tumor ini berbentuk oval atau bulat dan berisikan cairan. 

Anda dapat merasakan sakit ketika menekan kelenjar ini. Namun, tumor ini bukan merupakan tumor karsinogen penyebab kanker

Kista ganglion adalah kondisi yang tidak menyebabkan gangguan kesehatan serius. Namun, jika kondisi ini menyebabkan ketidaknyamanan dan membatasi gerak Anda, segera diskusikan dengan dokter, yang mungkin akan merekomendasikan langkah pengangkatan kista. 

Seberapa umum kista ganglion?

Kista ganglion adalah kondisi yang biasanya terjadi pada pasien berumur 20 hingga 50 tahun dan terjadi 3 kali lebih besar pada wanita daripada pria. Anda dapat mencegah penyakit ini dengan mengurangi faktor risiko. Tanyakan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda dan gejala dari kista ganglion?

Dikutip dari Mayo Clinic, gejala-gejala kista ganglion adalah:

  • Lokasi. Kista ganglion adalah kondisi yang umumnya muncul pada pergelangan tangan, jari-jari, telapak tangan, mata kaki dan kaki. Kista ini juga dapat muncul pada sendi. 
  • Bentuk dan ukuran. Anda dapat melihat tumor yang berbentuk bulat atau oval, kencang dan lembut pada tempat-tempat ini. Biasanya kista ini berdiameter 2.5 cm. Beberapa di antaranya sangat kecil, sehingga tidak dapat dirasakan.  Tumor sering berkembang dalam beberapa bulan, tetapi mereka dapat tumbuh tanpa terprediksi.  
  • Sakit. Kista ganglion adalah kondisi yang biasanya tidak menyebabkan rasa sakit. Namun, jika kista menekan saraf dapat menyebabkan sakit, kesemutan, mati rasa, atau kelemahan otot. 

Kemungkinan terdapat beberapa tanda dan gejala yang tidak terdaftar di atas. Silakan konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda merasa memiliki suatu gejala.

Kapan sebaiknya saya ke dokter?

Anda sebaiknya ke dokter jika tumor pada tubuh Anda bertumbuh setiap hari dan terasa sakit. Tubuh setiap orang bereaksi berbeda-beda. Selalu baik untuk berdiskusi dengan dokter Anda bagi solusi terbaik bagi keadaan Anda.

Penyebab

Apa yang menyebabkan kista ganglion?

Kista ganglion adalah kondisi yang penyebab utamanya belum diketahui. Diduga kista ini disebabkan oleh adanya trauma yang mengurai jaringan sendi. Jaringan yang terurai ini kemudian berkumpul membentuk suatu gumpalan. 

Massa ini juga diduga berkembang dari jaringan synovial yang memproduksi cairan minyak untuk persendian. Karenanya, tumor ini akan mengandung cairan  yang mirip dengan cairan yang ditemukan pada persendian atau tendon. 

Penyakit ini tidak berbahaya, tetapi dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan komplikasi seperti rasa sakit atau melemahnya otot, sindrom carpal tunnel, dan tekanan pada arteri radial dan saraf radial.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko kista ganglion?

Ada banyak faktor-faktor risiko penyebab kista ganglion, antara lain:

  • Jenis kelamin dan umur: Walaupun kista dapat terjadi pada setiap orang tetapi penyakit ini biasa terjadi pada wanita pada umur 20 hingga 50 tahun.
  • Osteoarthritis: Orang-orang yang menderita osteoarthritis yang disebabkan oleh penurunan pada buku jari dekat kuku, sering memiliki risiko lebih tinggi terhadap kista ganglion pada buku jari.
  • Luka pada persendian dan tendon: persendian dan tendon yang terluka pada masa lampau lebih cenderung berkembang menjadi kista di masa mendatang.

Tidak memiliki faktor risiko tidak menandakan Anda tidak dapat terjangkit penyakit. Faktor-faktor ini biasa terjadi dan hanya sebagai referensi. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk lebih menyeluruh.

Obat & Pengobatan

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk kista ganglion?

Pengobatan dapat tidak diperlukan kecuali jika terasa sakit, lemahnya otot atau berpengaruh pada penampilan Anda. Jika tumor besar dan menyakitkan, dokter akan mengangkat cairan dari kista. 

Sebelum memulai, dokter akan menyuntikkan enzim untuk membantu meringankan pengangkatan cairan dan ketika selesai, Anda akan disuntikkan steroid untuk mengurangi risiko terjadi lagi. Jika perawatan tidak efektif atau kelenjar getah kembali bengkak, dokter akan mempertimbangan operasi. 

Operasi disebut operasi pemotongan ganglion dan dapat menyembuhkan 85% hingga 95% penyebab ganglion. Namun, operasi dapat menyebabkan beberapa komplikasi seperti infeksi, luka, dan kambuh.

Setelah operasi, Anda harus menjaga area terkena dan melindunginya dari tabrakan tidak sengaja. Tips di bawah ini mungkin membantu:

  • Selalu ikuti rekomendasi dokter
  • Kenakan belat selama beberapa hari, jika kista ada di tangan atau pergelangan tangan
  • Konsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit yang dijual bebas, jika dibutuhkan
  • Angkat bagian terkena untuk mengurangi risiko pembengkakan.  

Apa saja tes paling umum untuk mendeteksi kista ini?

Dokter akan mengetes kondisi ini dengan himpunan gejala. Selain itu, banyak pemeriksaan seperti X-ray, ultrasonik, MRI. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk menghilangkan kemungkinan dari osteoarthritis seperti tumor lemak, encok, arthritis rheumatoid, osteoarthritis dan arteri radial dan infeksi.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup dan pengobatan rumah yang dapat membantu mengontrol kista ganglion?

Pengobatan rumahan yang dapat mengatasi ketidaknyamanan akibat kista ganglion adalah:

  • Adaptasi alas kaki. Jika kista berada di kaki atau pergelangan kaki, kenakan sepatu yang tidak menyentuh atau menggosok langsung kista tersebut. Kenakan sepatu dengan lembut atau masukkan bantalan untuk memberikan kenyamanan. 
  • Imobilisasi. Memindahkan area yang terkena dapat meningkatkan ukuran kista. Kenakan belat atau penahan yang dapat membantu membatasi gerakan. Ini dapat menyebabkan kista menyusut. 
  • Obat penghilang rasa sakit. Jika kista terasa menyakitkan, obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen, dapat membantu.  

Perubahan gaya hidup yang dapat membantu mengatasi kista ganglion adalah:

  • Anda harus mengetahui bahwa kista gini tidak harus diobati dengan operasi kecuali jika ada beberapa gejala atau Anda peduli dengan penampilan Anda.
  • Beritahu dokter di mana tumor terjadi pada tubuh Anda
  • Cari bantuan medis jika tumor berubah (ukuran, kemerah-merahan, panas atau menghilang)
  • Hindari menggerakkan pergelangan tangan dan tangan yang mengurangi risiko kista ganglion
  • Beritahu dokter jika Anda merasa sakit, lemah atau mati rasa pada kista ganglion kista, atau menghilang, merah, demam, menggigil atau berkeringat setelah operasi
  • Tumor-tumor ini bukan merupakan kanker dan tidak berhubungan dengan kanker
  • Jangan menekan tumor untuk menghindari infeksi dan bertambah buruk
  • Beritahu dokter jika kista ini kambuh setelah perawatan.

Pengobatan kuno untuk kista ganglion adalah dengan memukul kista dengan benda berat. Ini bukan solusi yang baik karena kekuatan pukulan dapat merusak struktur di sekitar tangan dan kaki Anda. 

Anda pun sebaiknya tidak mencoba “meletuskan” kista dengan menusuknya menggunakan jarum. Cara tersebut mungkin tidak efektif dan dapat menciptakan infeksi. 

Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan konsultasikan dengan dokter Anda untuk pemahaman lebih lanjut dan solusi terbaik bagi Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Osteoporosis (Pengapuran Tulang)

Osteoporosis adala kondisi tulang mengalami pengeroposan secara berkelanjutan. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan, dan pencegahannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Osteoporosis, Kesehatan Muskuloskeletal 23 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Prolaktinoma

DefinisiApa itu prolaktinoma? Prolaktinoma adalah suatu kondisi di mana terdapat tumor bersifat nonkanker (adenoma) pada kelenjar hipofisis di otak yang memproduksi hormon prolaktin secara berlebihan. Penyakit ini ...

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Otak dan Saraf, Penyakit Saraf Lainnya 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Tumor Mediastinum

Tumor mediastinum adalah jaringan abnornal yang terjadi di bagian mediastinum atau rongga dada. Ketahui gejala, penyebab, dan pengobatannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kanker, Penyakit Kanker Lainnya 10 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Glioblastoma

Glioblastoma adalah jenis kanker otak yang paling umum terjadi pada orang dewasa. Intip pengertian, gejala, penyebab, dan pengobatannya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kanker, Kanker Otak 10 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

fakta soal lutut manusia

5 Fakta Mengagumkan Soal Lutut Manusia yang Tangguh Tapi Rawan Cedera

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
terapi air kolam hangat

Cara Meredakan Nyeri Sendi dengan Terapi Air

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 19 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
fisioterapi

10 Gangguan Kesehatan yang Bisa Disembuhkan dengan Fisioterapi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 10 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
manfaat jahe

Manfaat Jahe untuk Mengurangi Nyeri Otot dan Sendi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 29 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit