4 Cara Memperbaiki Bentuk Kaki O

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Bentuk kaki O atau genu varum, umumnya banyak terjadi pada anak- anak usia 2-6 tahun, bahkan orang dewasa. Penderita penyakit ini biasanya menunjukkan bentuk kaki dengan lutut dan tulang yang memiliki bentuk melengkung keluar, sehingga menyerupai bentuk huruf O, membuat seseorang berjalan tidak seimbang. Penyebab kaki O bisa disebabkan oleh kondisi bawaan lahir, pertumbuhan tulang yang tidak sempurna, bahkan obesitas sejak dini.

Kebanyakan penderita kaki O tidak melakukan perawatan atau treatment khusus untuk memulihkannya. Kondisi ini cukup berpengaruh pada kondisi kenyamanan pinggul, lutut dan daerah kaki penderita kaki O. Lambat laun, penyakit kaki O akan memengaruhi gaya berjalan dan dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Adakah cara untuk memulihkan kaki dengan berbentuk O? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

BACA JUGA: Apa yang Menyebabkan Bentuk Kaki O dan X? 

1. Bedah osteotomi

Untuk memulihkan kaki O, umumnya seseorang harus melakukan bedah osteotomi (bedah sendi lutut). Pertama, Anda membutuhkan pemeriksaan X – ray untuk mengetahui letak tulang dan kondisi tulang lutut yang tidak selaras. Prosedur pembedahan ini dilakukan dengan memotong tulang lutut  lalu tulang dibentuk kembali dengan postur yang benar. Bedah osteotomi ini memerlukan biaya yang tidak sedikit dan membutuhkan waktu pemulihan yang cukup lama.

BACA JUGA: Merawat Pasien yang Baru Menjalani Operasi Tulang 

2. Metode terapi

Terapi ini umumnya dilakukan oleh terapis profesional dan kebanyakan digunakan bagi penderita kaki O yang masih berusia anak-anak. Salah satu metode yang Anda bisa coba adalah dengan meluruskan kaki dan kemudian membungkuk hingga dada dan lutut bertemu. Bila dilakukan dengan rutin, akan berdampak baik pada kaki penderita kaki O.  Bagi penderita dewasa yang  melakukan pelatihan ini tidak akan menghasilkan hasil yang signifikan, karena membutuhkan perawatan medis yang lebih serius, namun latihan ini masih dapat membantu bagi orang dewasa pasca operasi.

3. Yoga

Yoga adalah jenis latihan yang tujuan utamanya adalah untuk membuat tubuh lebih fleksibel, jenis latihan ini adalah latihan yang cukup berdampak untuk memulihkan bentuk kaki O. Gerakan yoga yang menggabungkan kelenturan anggota tubuh diyakini dapat memperbaiki stulang atau postur tubuh yang bermasalah. Latihan yoga baik digunakan oleh penderita genu varum dewasa karena memerlukan pemahaman pola gerakan yoga dan fokus yang tinggi.

4. Pilates

Gerakan pilates sedikit mirip dengan gerakan yoga, berguna membantu untuk memperbaiki postur tubuh dan keselarasan tubuh. Latihan  dilakukan dengan postur tubuh, lengan dan kaki seperti balerin,a dan melakukan roll-up, dapat membantu untuk memperkuat otot-otot kaki.

Gerakan dimulai dengan berbaring di atas matras dengan menggunakan kaitan karet kuat penahan di ujung matras, sangkutkan kaki pada karet pengait.  Baringkan tubuh pada matras, posisikan kedua kaki sejajar lalu mulai gerakan sit up tanpa melepas posisi kaki yang sejajar. Lakukan secara rutin, gerakan ini bertujuan membantu melatih area lutut ke bawah menjadi lurus sejajar.

BACA JUGA: Apa Bedanya Yoga dan Pilates, dan Mana yang Cocok untuk Saya?

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Tiba-Tiba Susah Kentut? Tak Perlu Pusing, Begini Cara Mengatasinya

Pernah merasakan tidak bisa kentut? Tentu rasanya sangat mengganggu dan membuat perut terasa sakit. Tenang, atasi masalah susah kentut dengan cara alami ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Setiap rumah pasti ada semutnya. Apalagi rumah yang kotor. Jangan panik dulu, air lemon ternyata bisa jadi cara mengusir semut di rumah yang terjamin ampuh.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Ragam Makanan dengan Kandungan Bakteri yang Baik untuk Usus

Tubuh kita membutuhkan bakteri dalam usus untuk menjaga fungsinya. Cari tahu makanan yang baik untuk usus dalam artikel berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Pencernaan 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

7 Panduan Memotong Kuku dengan Benar

Salah cara memotong kuku sering memicu cantengan dan infeksi jamur kuku. Bagaimana cara gunting kuku yang aman? Ikuti panduan ini!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 23 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gula darah turun

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
ciri dan gejala infeksi parasit

Mengenal Jenis-Jenis Parasit dan Penyakit Infeksi yang Disebabkannya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit
tidak enak badan

6 Cara Mengurangi Rasa Tidak Enak Badan saat Demam

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
makan makanan yang sama

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit