home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Alasan Pentingnya Punya Tim Support System untuk Kesehatan Mental

5 Alasan Pentingnya Punya Tim Support System untuk Kesehatan Mental

Setiap orang mempunyai masalah yang harus dihadapi. Namun, tidak semua orang mampu menghadapinya sendirian sehingga Anda memerlukan support system atau dukungan dari orang sekitar. Dukungan yang tepat pun bisa membantu Anda mendapatkan solusi yang tepat. Berikut beberapa alasan mengenai pentingnya mempunyai support system yang berhubungan dengan kesehatan Anda.

Apa itu support system?

Saat terjadi masalah, ada kalanya Anda merasa bingung dan membutuhkan orang lain untuk berkeluh kesah.

Dikutip dari Mayo Clinic, support system merupakan dukungan orang-orang seperti teman, sahabat, atau keluarga yang dipercaya dan dapat membantu Anda melewati masa-masa sulit.

Hal ini dibutuhkan untuk menghindari terjadinya kesepian, mengisolasi diri, sampai depresi. Tidak hanya diri sendiri, Anda pun sebaiknya menjadi support system untuk orang-orang terdekat Anda.

Pentingnya support system untuk kesehatan

Apabila Anda mempunyai support system atau mendapatkan dukungan, secara tidak langsung bisa memengaruhi kesehatan. Dampak positif inilah yang membuat pentingnya memiliki dukungan kuat dari orang sekitar, yang di antaranya adalah:

1. Membuat Anda merasa nyaman

Ketika mengalami masalah, hal yang bisa Anda rasakan adalah gelisah dan sesekali susah untuk mendapat ketenangan.

Hal pertama pentingnya mempunyai support system untuk kesehatan mental adalah karena keberadaan mereka bisa membuat Anda merasa lebih nyaman. Cukup dengan sedikit berbagi cerita pun bisa membuat Anda jadi lebih tenang.

2. Memengaruhi perilaku dan keputusan

Masalah yang sedang Anda alami bisa mempengaruhi apa saja yang akan dilakukan nantinya. Agar tidak melakukan sesuatu yang gegabah dan membuat Anda menyesal, coba untuk sekadar bercerita serta meminta saran pada orang terdekat.

Peran support system di sini adalah secara tidak langsung dapat memengaruhi Anda ketika mengambil keputusan yang diharapkan merupakan keputusan yang bijak. Adanya dukungan yang baik maka sejalan dengan keputusan baik yang telah Anda buat.

3. Meminimalisir rasa stres

Setiap orang pasti pernah mengalami atau merasakan stres. Apalagi ketika Anda sedang berhadapan dengan suatu masalah yang cukup rumit. Apabila tidak diatasi dengan baik, kemungkinan yang bisa terjadi adalah menurunnya kekebalan tubuh, terjadi penyakit, sampai depresi.

Pentingnya mempunyai support system di sini adalah agar Anda mampu menghadapi tekanan yang sedang dirasakan. Penelitian juga menunjukkan bahwa dukungan dari orang terdekat ketika Anda mengalami krisi atau stres bisa mengurangi konsekuensi gangguan mental serta trauma seperti PTSD.

4. Motivasi jadi meningkat

Bukan hal yang tidak mungkin ketika berhadapan dengan suatu masalah bisa membuat Anda jadi merasa malas sampai kehilangan motivasi.

Hal lain yang membuat pentingnya dukungan orang terdekat adalah adanya dukungan sehingga Anda Kembali termotivasi untuk melakukan hal yang memang harus dilakukan. Apalagi, ketika Anda menemukan persamaan ketika seseorang pernah mengalami hal yang sama.

5. Menjadi pribadi yang tangguh

Banyaknya hal yang Anda pikirkan akan memengaruhi kesehatan Anda. Namun, ketika Anda dapat melaluinya walaupun dengan perlahan setidaknya tidak ada lagi yang harus dihindari.

Dukungan orang terdekat penting bagi Anda agar dapat menghadapi masalah yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Hal ini pula yang menjadikan Anda menjadi lebih dewasa, kuat, serta tangguh dalam menghadapi setiap masalah yang datang.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Rodriguez, D., & Pat F. Bass III, M. (2010). Benefits of a Depression Support System – Major Depression Resource Center – Everyday Health. Retrieved 21 April 2020, from https://www.everydayhealth.com/hs/major-depression/benefits-of-depression-support-system/

Cherry, Kendra. Social Support Is Imperative for Health and Well-Being. (2020). Retrieved 21 April 2020, from https://www.verywellmind.com/social-support-for-psychological-health-4119970

The Importance of a Strong Support System – Ultimate Medical Academy. (2020). Retrieved 21 April 2020, from https://www.ultimatemedical.edu/blog/importance-strong-support-system/

Your crew matters: How to build social support. (2020). Retrieved 21 April 2020, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/social-support/art-20044445

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal diperbarui 07/05/2020
x