home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Panti Jompo untuk Lansia

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Panti Jompo untuk Lansia

Mendengar panti jompo atau panti wreda mungkin menimbulkan perasaan yang tidak menyenangkan. Tidak sedikit film dan tayangan televisi menggambarkan panti ini sebagai tempat yang membuat lansia tidak bahagia. Padahal, panti untuk lansia tidak selalu buruk. Yuk, kenali apa saja kelebihan dan kekurangan panti wreda lebih lengkap di artikel berikut!

Panti jompo untuk lansia

rehabilitasi medik lansia

Dilansir dari National Institute on Aging, panti jompo atau panti wreda adalah sebuah fasilitas yang menawarkan kesehatan dan perawatan pribadi. Lansia yang menggunakan fasilitas ini biasanya berusia lebih dari 70 tahun.

Sebagian besar panti jompo berisi oleh mereka yang tidak memiliki pasangan, entah itu bercerai, tidak pernah menikah, atau pasangannya telah meninggal dunia. Ada pula yang lansia memilih panti ini sebagai tempat tinggal meskipun memiliki teman atau anggota keluarga.

Lansia yang ingin menghabiskan sisa hidupnya di panti wreda tentu mempunyai alasan tertentu. Umumnya, mereka adalah lansia yang mengalami masalah kesehatan dan kesulitan jika harus tinggal sendirian.

Selain mempunyai masalah pada kesehatan fisik, ternyata kondisi mental juga memengaruhi alasan anggota keluarga untuk menitipkan lansia di panti jompo. Sebagai contoh, demensia adalah masalah kesehatan mental yang paling umum dialami saa usia bertambah.

Oleh sebab itu, lebih dari tiga perempat penghuni panti ini memiliki masalah dengan ingatan hingga tidak memahami posisi mereka saat itu dari waktu ke waktu.

Kelebihan panti jompo untuk lansia

Dahulu, para lansia mungkin tidak suka dengan panti jompo, karena kurangnya perhatian pemerintah terhadap fasilitas ini. Akan tetapi, seiring waktu, dana yang dialokasikan pemerintah untuk fasilitas bagi lansia ini meningkat.

Tak heran jika semakin banyak panti untuk para lansia yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan memadai, sehingga nyaman sebagai tempat tinggal sementara bagi para lansia. Berikut beberapa kelebihan yang bisa diperoleh melalui panti jompo untuk orang yang sudah memasuki usia senja:

1. Memiliki pelayanan medis tingkat lanjut

pengobatan kanker untuk lansia
Sumber: Aging in Places

Salah satu kelebihan dari panti jompo untuk para lansia yang membuat mereka memilih fasilitas ini adalah menawarkan perawatan lansia, termasuk perawatan medis tingkat lanjut. Umumnya, panti jompo memiliki pelayanan medis yang mirip dengan yang ditawarkan di rumah sakit.

Para lansia yang baru saja menjalani operasi atau pengobatan biasanya mendapatkan perawatan di sini. Hal ini dikarenakan orang tua membutuhkan tingkat perawatan lebih tinggi, sedangkan masa rawat inap di rumah sakit jauh lebih pendek daripada sebelumnya.

Pelayanan kesehatan di setiap panti jompo tentu akan bervariasi, tetapi biasanya meliputi beberapa hal di bawah ini:

  • Menyediakan perawat lansia yang terampil.
  • Perawatan ortopedi, seperti masalah otot, sendi, dan tulang.
  • Pengobatan untuk gangguan pernapasan.
  • Perawatan setelah operasi, seperti perawatan luka.
  • Terapi antibiotik dan intravena.

Tidak hanya memperhatikan kesehatan fisik, ada beberapa panti yang menyediakan konseling gizi, pekerjaan sosial, dan kegiatan rekreasi. Hal ini bertujuan agar para lansia merasa sehat dan nyaman menjalani hari-hari di panti jompo tanpa perlu mengkhawatirkan kondisi kesehatannya.

2. Memudahkan lansia berinteraksi dengan orang lain

orang tua puasa

Selain memperoleh perawatan kesehatan tingkat lanjut, kelebihan lainnya dari panti untuk lansia ini adalah mereka dapat berinteraksi dengan orang lain.

Begini, kebanyakan lansia mungkin memilih untuk hidup terpisah dari anak dan cucunya agar tidak merepotkan mereka. Namun, tidak sedikit dari mereka yang mungkin kesepian karena tinggal seorang diri atau berdua dengan pasangan dan sesekali dengan perawat.

Dengan berada di panti wreda, para lansia akan lebih sering bertemu dengan orang yang seumuran dengan mereka. Hal ini dikarenakan panti jompo sering mengadakan acara dan kegiatan untuk lansia yang memungkinkan penghuninya bersosialisasi satu sama lain.

Berbicara dan menghabiskan waktu dengan orang lain memang cukup penting, terutama agar lansia lebih sehat dan bahagia. Pasalnya, seiring dengan bertambahnya usia, orang cenderung sulit memiliki teman seusia yang bisa diajak berbicara.

3. Menjalani aktivitas harian yang teratur

latihan keseimbangan lansia

Pada saat lansia tinggal di rumah bersama anggota keluarganya atau justru sendirian, mungkin mereka akan lebih cepat merasa bosan. Bagaimana tidak, kondisi tubuh membuat lansia tidak bisa banyak bergerak selayaknya saat masih muda.

Sementara itu, panti jompo untuk lansia menghadirkan aktivitas harian yang teratur. Mulai dari bangun pagi, sarapan, senam lansia bersama-sama, hingga malam hari diatur oleh pengelola panti. Setiap orang memang akan merespons keteraturan yang berbeda karena ada beberapa orang yang menyukainya dan ada pula yang tidak.

Oleh sebab itu, salah satu keuntungan dari panti ini dapat membantu lansia mengurangi rasa bosan. Namun, semuanya tergantung dari kegiatan yang ditawarkan oleh panti jompo dan bagaimana respons lansia dalam menjalani aktivitas tersebut.

Pelayanan yang disebutkan di atas berdasarkan gambaran pelayanan panti wreda pada negara maju, seperti Amerika Serikat. Sayangnya, sebagian besar panti wreda di Indonesia belum menawarkan pelayanan yang sama. Pastikan Anda melakukan peninjauan terlebih dulu mengenai pelayanan dan fasilitas pada panti untuk lansia.

Kekurangan panti jompo bagi lansia

penyebab lansia susah makan

Sebenarnya, panti jompo memberikan penawaran yang beragam kepada para lansia. Namun, tidak sedikit yang merasa bahwa panti jompo bukan tempat yang ideal sebagai tempat tinggal para lansia.

Untuk beberapa lansia, tinggal pada tempat panti wreda justru dapat menyebabkan rasa tak nyaman. Bahkan, bisa jadi, tinggal di panti ini membuat lansia merasa depresi. Hal ini bisa terjadi karena lansia tidak bebas berada di fasilitas ini.

Sebagai contoh, lansia tidak bisa bebas memilih menu makanan harian atau kegiatan yang mereka sukai. Selain itu, ada kemungkinan bahwa panti tersebut memiliki pelayanan yang tidak berkualitas jika dibandingkan ketika berada di rumah sendiri. Akibatnya, orang yang sudah memasuki usia senja ini bukan lebih sehat, tetapi lebih sering jatuh sakit.

Panti jompo mungkin akan terlihat menakutkan atau tidak menyenangkan untuk para lansia. Belum lagi perasaan dikhianati atau merasa ditelantarkan oleh keluarga ketika berada di sana.

Oleh karena itu, saat ingin menitipkan lansia ke panti ini, pastikan bahwa lansia tidak merasa keberatan. Selain itu, pastikan pula bahwa panti adalah pilihan terbaik untuk membantu lansia sehat dan bahagia menjalani hari-harinya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Nursing Homes. AGS Health in Aging. Retrieved 1 March 2021, from https://www.healthinaging.org/age-friendly-healthcare-you/care-settings/nursing-homes

Residential facilities, assisted living, and nursing home. (2017). National Institute on Aging. Retrieved 1 March 2021, from https://www.nia.nih.gov/health/residential-facilities-assisted-living-and-nursing-homes

Your guide to choosing a nursing home or other long-term services and supports. Centers for medicare and medicaid services. Retrieved 1 March 2021, from https://www.medicare.gov/Pubs/pdf/02174-Nursing-Home-Other-Long-Term-Services.pdf 

Senior Housing Options. Retrieved 1 March 2021, from https://www.helpguide.org/articles/alzheimers-dementia-aging/senior-housing.htm

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Annisa Hapsari
Tanggal diperbarui 3 minggu lalu
x