Kimia Darah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu kimia darah?

Tes kimia adalah tes darah yang mengukur tingkat beberapa zat dalam darah (seperti elektrolit). Tes kimia akan menunjukkan kesehatan umum Anda, membantu melihat masalah-masalah tertentu, dan mencari tahu apakah pengobatan untuk masalah spesifik yang sedang Anda alami bekerja dengan baik. Panel tes darah umum ini mengukur tingkat elektrolit penting dan kimia lainnya, termasuk:

  • Glukosa, atau gula darah, dipecah dalam sel darah untuk memberikan energi. Kadar yang lebih tinggi dapat disebabkan oleh diabetes atau pengobatan seperti steroid.
  • Tingkat Sodium dalam darah merepresentasikan keseimbangan antara asupan dan pengeluaran sodium dan air. Tingkat sodium darah abnormal dapat mengindikasikan disfungsi jantung atau ginjal atau dehidrasi.
  • Potassium memainkan peran penting dalam regulasi aktivitas otot, termasuk kontraksi jantung. Gagal ginjal, muntah-muntah, atau diare dapat menyebabkan tingkat abnormal.
  • Tingkat Klorida dapat meningkat dan menurun secara paralel dengan tingkat sodium untuk membangun netralitas elektrik. Beberapa gangguan dapat mengubah tingkat klorida, termasuk disfungsi ginjal, penyakit adrenal, muntah-muntah, diare, dan gagal jantung kongestif.
  • Karbon Dioksida (CO2) beraksi sebagai sistem penyangga untuk membantu membangun keseimbangan asam basa dalam darah. Penyakit pernafasan, gangguan ginjal, muntah parah, diare, dan infeksi yang sangat parah dapat memproduksi tingkat abnormal.
  • Blood urea nitrogen (BUN) memberikan ukuran kasar penyaringan glomerular, atau tingkat penyaringan darah melalui pembuluh darah kecil pada ginjal. Tingkat BUN yang tinggi dapat mengindikasikan disfungsi ginjal.
  • Kreatinin—Yang merupakan produk pemecahan kreatin, adalah komponen penting otot – dieksresikan secara khusus oleh ginjal. Tingkat serum creatinine dianggap sebagai tes darah paling sensitif dari fungsi ginjal.

Beberapa tes kimia melihat lebih banyak zat dalam darah daripada tes kimia yang lain. Bentuk paling lengkap dari tes kimia (disebut Kimia-20, SMA-20, atau SMAC-20) meneliti 20 hal yang berbeda dalam darah. Jenis lain dari tes kimia (seperti SMA-6, SMA-7, atau SMA-12) meneliti lebih sedikit. Jenis tes kimia yang Anda lakukan tergantung pada informasi apa yang dokter Anda cari.

Kapan saya harus menjalani kimia darah?

Grup tes ini sering dilakukan ketika Anda melakukan pemeriksaan fisik. Jika Anda sakit, hasil dari tes kimia dapat membantu dokter memutuskan pengobatan Anda.

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani kimia darah?

Berbagai jenis pengobatan dapat mengubah tingkat elektrolit, nitrogen urea darah, dan creatinine, dan mengganggu hasil tes ini. Konsumsi berlebihan dari licorice atau konsumsi etilena glikol atau methyl alkohol tidak disengaja  dapat memengaruhi keseimbangan asam-basa dan mengubah tingkat karbon dioksida. Diet yang kaya daging dapat menyebabkan kenaikan sementara dari kreatinin serum.

Diet tinggi protein, perdarahan gastrointestinal, atau dehidrasi meningkatkan tingkat nitrogen urea darah, sementara diet rendah protein atau overhidrasi cenderung menurunkannya.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani kimia darah?

Sebelum melakukan tes, yang sebaiknya Anda lakukan adalah:

  • laporkan kepada dokter Anda obat apapun, herbal, atau suplemen yang digunakan. Anda mungkin disarankan untuk tidak melanjutkan beberapa obat tertentu sebelum tes
  • hindari makan terlalu banyak daging sebelum tes nitrogen urea darah
  • tidak ada tindak pencegahan khusus yang dibutuhkan sebelum tes sodium, potassium, klorida, karbon dioksida, atau kreatinin
  • jangan minum alkohol sebelum tes ini

Bagaimana proses kimia darah?

Tenaga medis yang bertugas mengambil darah Anda akan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • melilitkan ikatan elastis di sekitar lengan bagian atas Anda untuk menghentikan aliran darah. Hal ini membuat pembuluh darah di bawah ikatan membesar sehingga memudahkan untuk menyuntikkan jarum ke dalam pembuluh
  • membersihkan bagian yang akan disuntikkan dengan alkohol
  • menyuntikkan jarum ke dalam pembuluh darah. Mungkin diperlukan lebih dari satu jarum.
  • memasangkan tabung ke jarum suntik untuk diisi dengan darah
  • melepaskan ikatan dari lengan Anda ketika pengambilan darah dirasa sudah cukup
  • menempelkan kain kasa atau kapas pada bagian yang disuntik, setelah selesai disuntik
  • memberi tekanan pada bagian tersebut dan kemudian memasang perban

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani kimia darah?

Sabuk elastis membungkus lengan bagian atas Anda. Rasanya mungkin agak ketat. Anda mungkin tidak akan merasakan suntikan jarum, atau Anda mungkin merasa seperti tersengat atau dicubit.

Anda dapat melepas plester dan kapas setelah 20-30 menit. Anda akan dijadwalkan untuk mengambil hasil tes Anda. Dokter Anda akan menjelaskan apa arti hasil tes Anda. Anda sebaiknya mengikuti instruksi dokter Anda.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Nilai normal beragam dari lab ke lab dan tergantung pada tes apa yang termasuk dalam tes kimia Anda. Hasilnya biasanya tersedia dalam 1-2 hari.

Banyak kondisi yang bisa mengubah hasil tes kimia. Dokter Anda akan bicara dengan Anda tentang hasil abnormal apapun yang dapat berhubungan dengan gejala atau riwayat medis Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca