Patah Tulang Rusuk

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu penyakit patah tulang rusuk?

Patah tulang rusuk adalah cedera umum yang terjadi ketika salah satu tulang rusuk mengalami patah atau retak. Penyebab paling umum kondisi ini adalah trauma (benturan) dada, seperti akibat jatuh, kecelakaan kendaraan bermotor, atau benturan saat berolahraga.

Banyak kondisi tulang rusuk patah yang hanya retak. Meskipun hanya retak, kondisinya tetap menyakitkan sekalipun potensi bahayanya tidak sebesar tulang rusuk yang patah menjadi beberapa bagian. Ujung tulang patah yang bergerigi dapat merusak pembuluh darah utama atau organ dalam, seperti paru-paru.

Dalam kebanyakan kasus, patah tulang rusuk biasanya sembuh dengan sendirinya dalam satu atau dua bulan. Tulang rusuk melindungi organ dalam, terutama paru-paru. Untuk itu, mengatasi nyeri yang tepat saat kondisi patah tulang rusuk menjadi hal yang penting agar Anda tetap dapat bernapas dalam-dalam dan menghindari komplikasi paru, seperti pneumonia.

Seberapa umumkah patah tulang rusuk?

Patah tulang rusuk merupakan kondisi yang sangat umum terjadi. Kondisi ini dapat mengenai pasien pada usia berapa pun. Ini dapat diatasi dengan mengurangi faktor risiko Anda. Diskusikanlah dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-Tanda dan Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala patah tulang rusuk?

Gejala umum dari patah tulang rusuk adalah nyeri yang berhubungan dengan patah tulang. Gejala patah tulang rusuk biasanya terjadi atau memburuk ketika Anda:

  • Mengambil napas dalam-dalam
  • Menekan area yang luka
  • Menekuk atau memutar tubuh

Jika Anda tidak dapat bernapas dengan normal karena cedera, Anda bisa:

  • Merasa sesak napas
  • Merasa cemas, gelisah, atau takut
  • Mengalami sakit kepala
  • Merasa pusing, lelah, atau mengantuk

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran akan gejala tertentu, konsultasikanlah pada dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter jika terdapat titik yang sangat sakit di area tulang rusuk yang timbul setelah trauma (benturan) atau jika Anda mengalami kesulitan bernapas atau nyeri sewaktu bernapas dalam-dalam.

Segera cari bantuan medis jika Anda merasakan tekanan, sensasi penuh, atau nyeri yang meremas di pusat dada yang berlangsung selama lebih dari beberapa menit atau nyeri yang menjalar melampui dada ke bahu atau lengan. Gejala ini dapat mengindikasikan serangan jantung.

Penyebab

Apa penyebab patah tulang rusuk?

Patah tulang rusuk paling sering disebabkan oleh benturan langsung, seperti dampak dari kecelakaan bermotor, jatuh, kekerasan pada anak, atau benturan saat berolahraga. Tulang rusuk juga dapat retak akibat trauma berulang dari olahraga seperti golf dan mendayung atau dari batuk parah dan berkepanjangan.

Faktor Pemicu

Apa yang membuat seseorang lebih berisiko terkena patah tulang rusuk?

Ada banyak faktor pemicu yang membuat seseorang berisiko untuk patah tulang rusuk, seperti:

  • Osteoporosis. Memiliki penyakit ini, di mana tulang kehilangan kepadatannya, membuat Anda lebih rentan terhadap patah tulang.
  • Partisipasi olahraga. Bermain olahraga kontak, seperti hoki atau sepak bola, meningkatkan risiko trauma dada.
  • Lesi kanker di tulang rusuk. Lesi kanker dapat melemahkan tulang, membuatnya lebih rentan untuk patah.

Diagnosis dan Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Bagaimana patah tulang rusuk didiagnosis?

Selama pemeriksaan fisik, dokter akan menekan dengan perlahan tulang rusuk Anda. Ia mungkin juga akan mendengarkan paru-paru Anda dan melihat gerakan kerangka rusuk sewaktu Anda bernapas.

Dokter mungkin akan melakukan satu ata beberapa tes pencitraan berikut untuk menegakkan diagnosis.

  • X-ray. Dengan menggunakan radiasi tingkat rendah, X-ray membuat tulang-tulang menjadi tampak. Namun X-ray sering bermasalah dalam mengungkap patah tulang, terutama jika tulang tersebut hanya retak. X-ray juga membantu dalam mendiagnosis kolaps paru-paru.
  • CT scan. Kondisi ini sering kali dapat mengungkap kondisi patah tulang yang terlewatkan oleh X-ray. Cedera pada jaringan lunak dan pembuluh darah juga lebih mudah untuk dilihat pada CT scan. Teknologi ini mengambil X-ray dari berbagai sudut dan menggabungkannya untuk menghasilkan gambar irisan penampang struktur dalam tubuh.
  • MRI. Tes ini dapat digunakan untuk melihat jaringan lunak dan organ di sekitar tulang rusuk untuk menentukan apakah ada kerusakan. Ini juga dapat membantu dalam deteksi patah tulang rusuk yang lebih halus. MRI menggunakan magnet kuat dan gelombang radio untuk memproduksi gambar penampang.
  • Scan tulang. Teknik ini baik untuk melihat stres retakan, dimana tulang retak setelah trauma berulang—seperti akibat batuk berkepanjangan. Dalam scan tulang, sejumlah kecil bahan radioaktif disuntikkan ke dalam aliran darah Anda. Bahan radioaktif tersebut berkumpul di tulang, terutama di tempat-tempat di mana tulang melakukan penyembuhan, dan dideteksi oleh scanner.

Apa saja pengobatan untuk patah tulang rusuk?

Kebanyakan patah tulang rusuk sembuh dengan sendirinya dalam enam minggu. Membatasi aktivitas dan menggunakan pendingin pada area tersebut secara rutin dapat membantu penyembuhan dan meringankan nyeri.

Terdapat beberapa cara pengobatan yang dapat Anda pakai untuk mengobati kondisi yang Anda alami ini.

Obat-obatan

Penting untuk mendapatkan pereda nyeri yang tepat. Sebab, nyeri yang muncul akibat patah tulang terutama saat Anda menarik napas dalam dapat membuat Anda bisa terkena pneumonia jika tidak ditangani. Jika obat-obatan oral tidak cukup membantu, dokter dapat menganjurkan suntikan anestesi yang bertahan lama di sekitar saraf yang menopang tulang rusuk.

Terapi

Setelah nyeri Anda terkendali, dokter dapat meresepkan olahraga atau latihan pernapasan untuk membantu Anda bernapas lebih dalam karena pernapasan pendek dapat menempatkan Anda pada risiko pneumonia.

Pencegahan

Apa saja yang dapat saya lakukan untuk mencegah dan mengobati patah tulang rusuk?

Gaya hidup dan pengobatan di rumah berikut dapat membantu Anda mengatasi Patah Tulang Rusuk:

  • Tempatkan es pada area yang cedera
  • Lebih banyak beristirahat
  • Gunakan obat nyeri seperti aspirin atau ibuprofen. Dokter dapat meresepkan obat nyeri yang lebih kuat jika obat-obatan yang dijual bebas tidak bekerja.
  • Sementara Anda melakukan pemulihan, penting untuk batuk atau menarik napas sedalam mungkin setidaknya satu kali dalam satu jam. Ini dapat membantu mencegah pneumonia atau kolaps parsial pada jaringan paru.
  • Jika tulang rusuk Anda retak tetapi leher atau punggung Anda tidak cedera, ide yang bagus untuk berbaring pada sisi yang cedera. Ini mungkin tampak aneh pada awalnya, tetapi ini akan memungkinkan Anda untuk bernapas lebih dalam.

Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter untuk memahami solusi terbaik untuk Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Share now :

Direview tanggal: Desember 5, 2018 | Terakhir Diedit: Desember 5, 2018

Yang juga perlu Anda baca