Kanker Kantung Empedu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu kanker kantung empedu?

Kanker kantung empedu adalah jenis kanker yang terbentuk di jaringan kantung empedu. Beberapa orang menyebutnya sebagai kandung empedu. Kanker ini termasuk jenis penyakit langka di mana sel-sel ganas (kanker) ditemukan dalam jaringan kantung empedu. Kandung empedu atau kantung empedu adalah organ berbentuk buah pir yang yang terletak tepat di bawah hati pada perut bagian atas.

Kandung empedu menyimpan empedu, cairan yang diproduksi oleh hati untuk mencerna lemak. Ketika makanan sedang diurai dalam lambung dan usus, empedu dilepaskan dari kandung empedu melalui sebuah saluran yang disebut saluran empedu, yang menghubungkan kandung empedu dan hati ke bagian pertama usus halus.

Kanker kandung empedu jarang terjadi. Ketika kanker ini ditemukan pada stadium awal, kemungkinan untuk sembuh sangatlah tinggi. Namun, kebanyakan kanker kantung empedu baru ditemukan pada stadium akhir, ketika kemungkinan sembuhnya sering kali sangatlah rendah.

Seberapa umumkah kanker kandung empedu?

Wanita lebih berisiko terkena kanker kandung empedu dibandingkan pria.

Namun, ini dapat diatasi dengan mengurangi faktor risiko Anda. Diskusikanlah dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-Tanda dan Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala kanker kantung empedu?

Tanda-tanda dan gejala yang umum dari kanker kantung empedu dapat meliputi:

  • Nyeri perut, terutama di bagian atas kanan perut
  • Perut kembung
  • Gatal-gatal
  • Demam
  • Kehilangan napsu makan
  • Mual
  • Warna kulit dan bagian putih mata menguning (tanda penyakit kuning)

Namun, kanker kantung empedu sulit untuk dideteksi dan didiagnosis secara dini.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Diagnosis dan pengobatan dini dapat mencegah memburuknya kanker kantung empedu dan mencegah keadaan darurat medis lainnya, jadi konsultasikan pada dokter sesegera mungkin untuk mencegah penyakit serius ini.

Jika Anda mengalami satu pun tanda atau gejala yang disebutkan di atas, atau memiliki pertanyaan apa pun, konsultasikanlah pada dokter. Tubuh setiap orang bereaksi dengan cara berbeda. Selalu lebih baik untuk mendiskusikan apa yang terbaik untuk keadaan Anda dengan dokter.

Penyebab

Apa penyebab kanker kandung empedu?

Hingga kini, tidak jelas apa yang menjadi penyebab kanker kandung empedu. Dokter tahu bahwa kanker kantung empedu terbentuk ketika sel-sel kantung empedu yang sehat mengalami perubahan (mutasi) dalam DNA.

Mutasi tersebut menyebabkan sel-sel tersebut tumbuh di luar kendali dan terus hidup pada saat sel-sel lain biasanya akan mati. Sel-sel yang terkumpul membentuk tumor yang dapat tumbuh melebihi ukuran kandung empedu dan menyebar ke area tubuh lainnya.

Kebanyakan kanker kantung empedu dimulai pada sel-sel kelenjar yang melapisi permukaan bagian dalam kandung empedu. Kanker kandung empedu yang dimulai di jenis sel ini disebut adenokarsinoma. Istilah ini mengacu pada cara sel-sel kanker muncul ketika diperiksa dengan mikroskop.

Faktor Pemicu

Apa yang meningkatkan risiko terkena kanker kantung empedu?

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker kantung empedu meliputi:

  • Jenis kelamin. Kanker kandung empedu lebih umum terjadi pada wanita.
  • Usia. Risiko kanker kandung empedu meningkat seiring bertambahnya usia.
  • Berat badan. Orang yang obesitas lebih berisiko tinggi terkena kanker kandung empedu.
  • Riwayat batu empedu. Kanker kantung empedu paling umum pada orang yang pernah memiliki batu empedu di masa lalu. Meski begitu, kanker kantung empedu sangat jarang terjadi pada orang-orang ini.
  • Penyakit dan kondisi kandung empedu lainnya. Kondisi kandung empedu lain yang dapat meningkatkan risiko kanker kandung empedu meliputi kandung empedu porselen, kista choledochal, dan infeksi kandung empedu kronis.

Diagnosis dan Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Bagaimana kanker kantong empedu didiagnosis?

Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosis kanker kantong empedu meliputi:

Tes darah

Tes darah berguna untuk mengevaluasi fungsi hati sehingga dapat membantu dokter menentukan apa yang menjadi penyebab tanda-tanda dan gejala Anda.

Prosedur untuk membuat pencitraan kandung empedu

Tes pencitraan yang dapat membuat gambar kandung empedu meliputi ultrasound, CT Scan, dan MRI.

Berikut adalah tahapan kanker kantong empedu

  • Stadium I. Pada tahap ini, kanker kantong empedu hanya terbatas pada lapisan dalam kantong empedu.
  • Stadium II. Pada tahap ini, kanker kantong empedu telah tumbuh hingga ke lapisan luar kantong empedu dan dapat melebar melebihi kantong empedu.
  • Stadium III. Pada tahap ini, kanker kantong empedu telah tumbuh (menyebar) hingga mencapai satu atau lebih organ terdekat, seperti hati, usus halus, atau lambung. Kanker kantong empedu mungkin saja telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya.
  • Stadium IV. Tahap terakhir dari kanker kantong empedu meliputi tumor besar yang melibatkan beberapa organ terdekat dan tumor dengan berbagai ukuran yang telah menyebar ke area yang jauh di tubuh.

Apa saja pengobatan untuk kanker kandung empedu?

Pilihan pengobatan kanker kantong empedu ditentukan berdasarkan stadium kanker Anda, kesehatan Anda secara keseluruhan, dan preferensi Anda. Tujuan awal dari pengobatan adalah untuk mengangkat kanker kantong empedu, tetapi apabila tidak dimungkinkan, terapi lainnya dapat membantu mengendalikan penyebaran penyakit ini dan membuat Anda merasa senyaman mungkin.

Operasi bisa jadi sebuah pilihan jika Anda memiliki kanker kantong empedu tahap awal. Pilihannya meliputi:

Operasi untuk mengangkat kantong empedu

Kanker kandung empedu dini yang masih hanya berada di kandung empedu diobati dengan operasi untuk mengangkat kandung empedu (kolesistektomi).

Operasi untuk mengangkat kantong empedu dan sebagian hati

Kanker kantong empedu yang meluas melampaui kandung empedu dan masuk ke dalam hati terkadang diobati dengan operasi untuk mengangkat kandung empedu, serta sebagian hati dan saluran empedu yang mengelilingi kandung empedu.

Operasi tidak dapat menyembuhkan kanker kandung empedu yang telah menyebar ke area tubuh lainnya. Dokter mungkin akan menggunakan pengobatan yang dapat meringankan tanda-tanda dan gejala kanker dan membuat Anda merasa senyaman mungkin. Tiga pilihan berikut dapat meliputi:

  • Kemoterapi. Kemoterapi adalah terapi obat yang menggunakan bahan-bahan kimia untuk membunuh sel-sel kanker.
  • Terapi radiasi. Radiasi menggunakan energi cahaya berkekuatan tinggi, seperti X-ray, untuk membunuh sel-sel kanker.
  • Uji klinis. Uji klinis menggunakan obat-obatan eksperimental atau baru untuk mengobati kanker kantong empedu. Konsultasikan pada dokter untuk melihat apakah Anda bisa turut serta dalam uji klinis.

Pencegahan

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan di rumah yang dapat dilakukan untuk mengatasi kanker kandung empedu?

Anda harus makan makanan tinggi serat dan lemak sehat untuk membantu mencegah kanker ini terjadi. Biji-bijian olahan (ditemukan dalam sereal bergula, nasi putih, roti, dan pasta) serta gula dikaitkan dengan risiko tinggi kanker kantung empedu.

Dianjurkan untuk mengonsumsi biji-bijian utuh, seperti nasi merah dan roti gandum serta lemak dari ikan dan minyak zaitun.

Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter untuk memahami solusi terbaik untuk Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy