Pengangkatan Lesi Kulit Jinak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu bedah pengangkatan lesi kulit?

Lesi kulit adalah jaringan kulit yang tumbuh abnormal, baik di permukaan atau di bawah permukaan kulit. Contohnya, kista pada lapisan epidermis, lipoma, kutil, dan tahi lalat. Lesi kulit termasuk kondisi medis yang umum ditemukan dan dapat ditangani dengan pembedahan.

Kapan saya perlu menjalani bedah pengangkatan lesi kulit?

Jika lesi kista menunjukkan gejala amat parah dan berpengaruh besar pada penampilan Anda; lesi dapat diatasi dengan prosedur sederhana, seperti electrocautery, cryotherapy, atau pengangkatan jaringan.

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani bedah pengangkatan lesi kulit?

Lesi kulit umumnya jinak. Namun, ada beberapa jenis lesi yang berpotensi kanker (gejala kanker kulit), dan sebaiknya ditangani sedini mungkin setelah tanda-tanda pertama muncul. Jika Anda mencurigai timbul lesi pada kulit Anda, temui dokter Anda segera untuk mengetahui diagnosis tepatnya.

Sebelum pembedahan, penting bagi Anda untuk mengetahui peringatan dan pencegahan sebelum melakukan tes ini. Bila Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan kepada dokter untuk informasi dan instruksi lebih lanjut.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum bedah pengangkatan lesi kulit?

Dokter akan memberikan instruksi khusus untuk mempersiapkan Anda menjelang prosedur pengangkatan lesi. Pembedahan ini merupakan prosedur medis sedehana yang tidak memutuhkan rawat inap sebelum atau sesudah menjalani operasi. Anda dapat langsung pulang setelahnya.

Dokter akan menentukan untuk melakukan prosedur di ruangan dokter atau ruangan operasi di rumah sakit, tergantung dari ukuran dan lokasi lesi pada tubuh Anda.

Dokter akan menjelaskan tentang proses pembedahan dari awal hingga Anda menyelesaikan prosedur, serta rasa tidak nyaman atau nyeri yang mungkin Anda akan rasakan selama prosedur dilakukan.

Perhatikan penjelasan khusus mengenai persiapan psikologis, dan Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter Anda seputar risiko dan manfaat dari prosedur ini, atau apakah ada alternatif lain untuk mengatasi lesi selain dengan pembedahan.

Jika Anda mantap memilih pembedahan, Anda akan diberikan surat rekam untuk ditandatangani. Pada prosedur yang menggunakan anestesi, Anda akan diminta untuk menandatangani surat persetujuan.

Bagaimana proses bedah pengangkatan lesi kulit?

Pembedahan akan berlangsung sekitar 15 – 25 menit.

Untuk mengangkat kista epithelial, dokter bedah akan membuat irisan kecil berbentuk lonjong di sekitar area lesi dan kemudian mengangkat jaringan abnormal tersebut.

Pada kasus pengangkatan lipoma, dokter akan membuat irisan yang langsung menembus lipoma. Kemudian lipoma tersebut akan dipisahkan dari jaringan dibawahnya dan diangkat. Untuk bedah tahi lalat, dokter Anda akan membuat irisan berbentuk lonjong di sekitar tahi lalat guna mengangkat tahi lalat Anda.

Apa yang harus saya lakukan setelah bedah pengangkatan lesi kulit?

Setelah pembedahan, efek anestesi akan berangsur hilang dalam beberapa jam. Hindari tubrukan atau benturan di sekitar area yang dibedah. Jika Anda sudah merasa baikan dan dokter mengizinkan, Anda dapat langsung pulang setelahnya. Jika Anda masih dalam efek obat penenang, minta seseorang untuk mengantar Anda pulang. Jika Anda melakukan pembedahan di area kulit yang luas, seperti cangkok kulit atau operasi leher-kepala, pastikan Anda ditemani anggota keluarga atau relasi untuk mengawasi proses pemulihan Anda selama 24 jam setelah prosedur.

Dokter atau perawat Anda akan memberikan instruksi khusus untuk menangani luka operasi sebelum Anda pulang. Kemudian dokter akan menjadwalkan konsultasi tindak lanjut untuk Anda.

Tujuh hari setelah operasi, dokter atau perawat Anda akan mengeluarkan benang jahit indigestible dari wajah Anda, jika operasi dilakukan di area wajah. Pengeluaran benang jahit akan dilakukan antara hari kesepuluh hingga keempat belas, jika prosedur dilakukan di bagian lain. Untuk benang tipe digestible, umumnya akan larut seiring waktu, antara 10 – 14 hari.

Anda dapat kembali menjalani rutinitas normal Anda keesokan harinya, kecuali jika pekerjaan Anda melibatkan pekerjaan berat yang berisiko mengendurkan atau melepas jahitan. Prosedur ini biasanya tidak akan memengaruhi aktivitas Anda. Bila Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan kepada dokter untuk informasi dan instruksi lebih lanjut.

Komplikasi

Komplikasi ?

Komplikasi Umum

  • rasa nyeri
  • perdarahan
  • infeksi pada area pembedahan (luka)
  • jaringan parut
  • luka terbuka jika kulit Anda tidak kunjung pulih

Komplikasi Spesifik

  • lipoma atau kista epidermis kambuhan
  • kerusakan saaraf
  • Anda mungkin memerlukan operasi lanjutan

Apabila Anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan risiko komplikasi, konsultasikanlah kepada dokter Anda untuk pemahaman yang lebih baik.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Berbagai Perawatan untuk Menjaga Kesehatan Kulit

    Walaupun tidak punya masalah atau penyakit, sebaiknya kulit dirawat sejak dini. Intip ragam perawatan untuk kulit agar lebih sehat.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Kesehatan Kulit 18 September 2020 . Waktu baca 8 menit

    Transplantasi Ginjal

    Pelajari hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum menjalani transplantasi ginjal, mulai dari persiapan, proses, pemulihan, sampai risikonya di sini.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Urologi, Ginjal 15 September 2020 . Waktu baca 11 menit

    Akantosis Nigrikans, Saat Kulit Menebal dan Menghitam Akibat Diabetes

    Akantosis nigrikans adalah gangguan kulit yang ditandai dengan kulit menebal dan menggelap. Kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda diabetes.

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Penyakit Diabetes, Diabetes Tipe 2 8 September 2020 . Waktu baca 5 menit

    11 Cara Mencegah Diabetes yang Bisa Dilakukan Mulai Hari Ini

    Meski tak bisa disembuhkan, ada berbagai macam cara untuk mencegah diabetes. Tindakan pencegahan diabetes ini pun sangat sederhana. Apa saja?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Penyakit Diabetes, Diabetes Tipe 2 8 September 2020 . Waktu baca 9 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    daging ayam belum matang

    4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
    atrofi otot

    Informasi Lengkap Atrofi Otot, Mulai dari Gejala Hingga Pengobatan

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Dipublikasikan tanggal: 18 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
    pencegahan anemia

    7 Cara Mencegah Anemia yang Perlu Anda Lakukan

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fajarina Nurin
    Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
    terapi urine minum air kencing

    Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit