Periode Perkembangan

Perkembangan Kehamilan di Minggu 31

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin di usia kehamilan 31 minggu?

Bayi Anda kini sudah seukuran kelapa, beratnya sekitar 1,5 kg dan panjang sekitar 40 cm dari kepala hingga tumit.

Di masa-masa ini bayi Anda akan buang air kecil sekitar 250 ml urin sehari ke dalam cairan ketuban. Dia juga menelan cairan ketuban, yang benar-benar diganti beberapa kali sehari. Kelebihan cairan ketuban mungkin berarti bahwa bayi tidak menelan secara normal atau bahwa ada gangguan pencernaan. Adanya cairan yang tidak memadai dalam kantung ketuban mungkin berarti bayi tidak buang air kecil dengan benar dan bisa menunjukkan adanya masalah dengan ginjal atau saluran kemih. Dokter Anda akan mengukur tingkat cairan ketuban Anda sebagai bagian dari USG rutin.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh ibu hamil di minggu 31?

Banyak wanita merasakan pengetatan otot rahim, yang disebut kontraksi palsu Braxton Hicks, di paruh kedua kehamilan. Kondisi ini sering berlangsung sekitar 30 detik, tidak teratur, dan pada saat ini biasanya jarang terjadi dan tidak menyakitkan. Di sisi lain, jika kontraksi terlalu sering terjadi, bahkan jika tidak terasa sakit, ini mungkin merupakan tanda persalinan prematur.

Hubungi dokter Anda segera jika Anda mengalami lebih dari empat kontraksi dalam satu jam atau tanda-tanda lain dari persalinan prematur seperti: peningkatan cairan vagina atau perubahan jenis cairan yang keluar dari vagina (jika menjadi berair, seperti lendir, atau berdarah, bahkan jika itu merah muda); sakit perut seperti kram saat menstruasi; peningkatan tekanan di daerah panggul; atau nyeri punggung bagian bawah, terutama jika Anda tidak mengalaminya sebelumnya.

Kelenjar susu di payudara Anda mungkin sudah mulai membuat kolostrum sekarang. Kolostrum adalah cairan pra-susu yang menyediakan bayi Anda kalori dan nutrisi untuk beberapa hari pertama sebelum susu Anda dihasilkan, jika Anda berencana untuk menyusui. Untuk beberapa wanita, kolostrum biasanya encer dan berair. Bagi orang lain, kolostrum lebih kental dan berwarna kekuningan. Jika Anda melihat payudara Anda mengalami kebocoran kolostrum, Anda dapat membeli bantalan payudara yang dapat dipakai  untuk melindungi pakaian Anda.

Menjaga kehamilan yang berjalan 31 minggu

Untuk memenuhi kebutuhan kehamilan, tubuh Anda akan menghasilkan lebih banyak darah dari biasanya dan jantung Anda  memompa darah lebih cepat. Sayangnya, perubahan dalam sistem peredaran darah untuk mendukung perkembangan janin ini dapat menyebabkan beberapa efek samping dan ketidaknyamanan. Ketika pembuluh darah Anda lebih besar dan mengandung peningkatan darah, maka ia akan menonjol dan Anda dapat melihat pembuluh darah hijau atau merah di bawah kulit, terutama pada kaki dan pergelangan kaki.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 31?

Pada trimester ketiga, Anda memiliki satu lagi masalah kandung kemih: kebocoran urin karena tekanan pada perut. Ini membuat kandung kemih Anda tidak dapat dikontrol dan Anda akan pipis saat batuk, tertawa, bersin, mengangkat benda berat, atau bahkan tertawa. Untuk memastikan bahwa yang keluar adalah urin dan bukan cairan ketuban, Anda harus mencium baunya. Segera beri tahu dokter jika cairan Anda tidak berbau pesing seperti amoniak urin, tapi manis seperti cairan ketuban.

Tes yang mungkin dibutuhkan di usia kehamilan 31 minggu

Minggu ini mungkin menjadi yang terakhir kalinya untuk menjalani tes bulanan. Ke depannya, Anda mungkin harus mengunjungi dokter Anda setiap 2 minggu atau bahkan setiap minggu sampai kelahiran. Pada tes bulan ini, Anda akan diuji tekanan darah dan berat badan dan ditanyakan tentang tanda-tanda dan gejala yang mungkin Anda miliki. Dokter juga meminta Anda untuk menggambarkan gerakan dan jadwal kegiatan bayi Anda: ketika bayi Anda bergerak dan ketika dia tidak. Anda akan diperiksa ukuran rahim seperti sebelumnya.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca