Periode Perkembangan

Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 34 Minggu

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin di minggu 34 kehamilan?

Perkembangan tubuh janin memasuki minggu 34 minggu kehamilan sudah sebesar melon. Janin bisa memiliki berat sebesar 2.15 kg dengan panjang badan dari kepala hingga tumit sekitar 46 cm.

Pada tahap ini kebanyakan dokter akan memeriksa dan melaporkan apakah posisi kepala bayi sudah di bawah atau belum. Ini nanti akan menjadi pertimbangan untuk dokter dan ibu dalam memilih metode melahirkan.

Selama kehamilan trimester ketiga ini, asupan kalsium sangat penting untuk dicukupi ibu. Jika tidak, akibatnya justru akan berdampak pada kesehatan tulangnya sendiri.

Ini karena pada usia 34 minggu, janin akan banyak mengambil kalsium dari tubuh ibunya untuk menjamin perkembangan tulang dan memperkerasnya.

Selain itu, lapisan lilin putih yang disebut vernix carniosa pada kulit bayi juga akan semakin tebal. Lanugo atau rambut halus pada janin hampir sepenuhnya hilang selama waktu ini.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh saya?

1. Kelelahan

Seiring dengan perkembangan janin di usia kehamilan 34 minggu, ibu mungkin akan mengalami kelelahan yang polanya hilang-timbul.

Kelelahan yang dirasakan mungkin tidak akan separah atau seintens yang dirasakan saat trimester awal kehamilan.

Kelelahan Anda sepenuhnya dapat disebabkan karena beberapa hal. Mengingat ibu yang hamil tua sering mengalami ketegangan fisik, saat malam hari gelisah karena suka buang air kecil, bahkan menemukan posisi nyaman dan enak untuk tidur pun sulit.

Disarankan untuk para ibu hamil untuk banyak-banyak menenangkan diri dan mengumpulkan energi untuk proses persalinan.

Sehabis duduk atau berbaring untuk  waktu yang lama, disarankan jangan bangun terlalu cepat. Darah dapat menggumpal di kaki Anda sehingga menyebabkan penurunan pada tekanan darah lalu membuat Anda merasa pusing saat berdiri.  

2. Timbul bercak merah pada kulit

Selain rasa lelah, kulit ibu hamil bisa timbul bercak atau benjolan merah yang rasanya Pada dunia medis hal ini sering disebut sebagai  pruritic urticarial papules atau plaques of pregnancy. Benjolan gatal bisa muncul di sekitar perut, paha, atau bokong.

Lebih dari 1 persen wanita hamil mengalami pruritic urticarial papules dan plaques of pregnancy. Kondisi ini tidak berbahaya, tetapi cukup membuat tidak nyaman.

Konsultasikan ke dokter kandungan apabila Anda mulai merasakan gatal-gatal. Dokter akan memastikan apakah hal tersebut masalah serius atau bukan. Dokter Anda akan merujuk ke dokter kulit jika diperlukan.

Walaupun tidak ada ruam atau bercak merah yang muncul, jangan ragu untuk menghubungi dokter jika Anda merasa gatal-gatal di seluruh tubuh. Hal tersebut bisa merupakan tanda-tanda adanya gangguan hati.  

Apa yang harus saya perhatikan?

Lebih dari 85% wanita mengalami mucus plug alias keluarnya lendir darah. Ini menjadi tanda bahwa proses persalinan sebentar lagi dimulai.

Jika Anda mengalami mucus plug dan air ketuban bocor, segera hubungi dokter.

Selama menunggu ambulans atau tindakan dokter, silakan berbaring di kasur. Saat berbaring air ketuban tidak akan mengalir keluar karena kepala bayi Anda bertindak seperti penyumbat. Kepala bayi akan menghentikan terbukanya rahim sehingga air ketuban tidak akan merembes keluar.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter?

Diskusikan setiap pertanyaan tentang perkembangan janin usia 34 minggu Anda dan masalah kehamilan lainnya.

Anda juga perlu menanyakan apa yang harus disiapkan untuk persalinan saat konsultasi dengan dokter.

Perhatikan semua informasi dan anjuran yang diberikan oleh dokter, terutama cara mengejan dan menarik napas saat melahirkan.

Di masa kehamilan akhir ini ibu hamil juga harus mencatat jadwal praktek dokter. Minta dokter cadangan saran atau rumah sakit alternatif lainnya. Ini adalah upaya jaga-jaga ketika macet atau ada kendala di jalan saat Anda mau melahirkan.

Tes apa yang perlu saya ketahui?

Pada perkembangan janin usia 34 minggu ini, Anda akan sering menemui dokter kandungan untuk membahas kehamilan Anda. Dokter akan memperkirakan ukuran bayi dan memprediksi waktu kelahiran. Dokter juga dapat memberikan tes sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti:

  • berat badan (pada saat ini berat badan akan berhenti bertambah, atau malah berkurang)
  • tekanan darah (mungkin lebih tinggi dari bulan ke-6)
  • pemindaian urine untuk mengecek kadar gula dan protein
  • kaki varises, pembengkakan pada tangan dan kaki
  • memeriksa ukuran rahim seperti seberapa tipis dan apakah sudah mulai melebar
  • tinggi fundus (bagian atas rahim)
  • tes detak jantung janin
  • ukuran janin, arah kelahiran (kepala atau kaki terlebih dahulu), posisi (menghadap ke bawah atau menghadap ke atas)

Catat daftar keluhan dan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan kepada dokter, khususnya mengenai persalinan dan kelahiran. Tanyakan juga beberapa gejala seperti frekuensi kontraksi Braxton Hicks, dan gejala-gejala lainnya khususnya gejala yang abnormal.

Kesehatan dan Keselamatan

Apa saja yang perlu saya ketahui untuk menjaga kesehatan dan keselamatan selama hamil?

Untuk menjaga perkembangan janin usia 34 minggu kehamilan tetap sehat, penggunaan bahan kimia pada ibu harus digunakan dan diperhatikan dengan baik. Misalnya, saat berenang.

Mengapung di air mungkin dapat membuat Anda merasa lebih nyaman, terutama saat kehamilan Anda sudah besar. Berenang di kolam yang mengandung klorin umumnya tidak menyebabkan masalah.

Sampai saat ini, tidak ada data valid yang menunjukan adanya risiko cacat lahir dan berhubungan dengan berenang di kolam yang mengandung klorin.

Namun, berenang di kolam renang dengan campuran klorin bisa memicu infeksi pada beberapa orang. Ibu hamil harus berhati-hati dan segera konsultasi ke dokter jika ada gejala infeksi jenis apapun.

Jadi usai minggu 34, bagaimana perkembangan janin di masa kehamilan selanjutnya?

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber