Hamil 7 Bulan: Perkembangan Janin dan Perubahan Tubuh Ibu di Usia Kehamilan 28-31 Minggu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
Bagikan sekarang

Saat usia kandungan masuk 28-31 minggu, Anda sudah berada di fase hamil 7 bulan dan memulai trimester 3 kehamilan. Ruang gerak janin semakin menyempit seiring pertumbuhan tubuhnya. Anda juga bisa merasakan gerak si calon bayi semakin kuat. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan lengkap seputar hamil 7 bulan, mulai dari perkembangan janin sampai nutrisi si kecil.

 

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hamil 7 bulan

cara agar hamil anak laki-laki

Memasuki fase hamil 7 bulan, pertemuan Anda dan si kecil semakin dekat. Di usia 28-31 minggu kehamilan, ibu hamil merasakan pembengkakan di tangan dan kaki bahkan ruas jari seiring dengan semakin besarnya ukuran si calon bayi. 

Untuk lebih jelasnya, ini penjelasan seputar hamil 7 bulan.

Kehamilan 28 minggu: posisi kepala bayi sudah di bawah

bagyi cegukan saat hamil berapa bulan

Saat  masuk fase hamil 7 bulan, tepatnya kehamilan 28 minggu, ukurannya sudah sebesar terong. Berat badan janin bisa mencapai 1 kg dan panjangnya 38 cm dari kepala hingga tumit.

Pada jadwal periksa kandungan rutin, dokter akan memberi tahu apakah bayi dalam posisi yang benar. Saat dilihat pada layar pemindai USG, normalnya posisi kepala bayi ada di bawah atau menuju vagina.

Apabila posisi bayi tampak lurus (kaki atau pantatnya di bawah), posisi ini disebut sungsang. Bila di fase hamil 7 bulan sampai waktunya lahir, janin yang berada dalam posisi sungsang, bayi mungkin perlu dilahirkan dengan operasi caesar.     

Namun janin masih memiliki waktu 3 bulan untuk mengubah posisinya. Jadi, tidak khawatir jika posisi bayi masih sungsang. Kebanyakan bayi akan beralih posisi dengan sendirinya.

Selain itu, Di usia kehamilan 28 minggu, bayi sudah bisa bermimpi tentang ibu dan ayahnya.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plus One di tahun 2017, mata janin di dalam kandungan bergerak dengan cepat, terutama saat sedang mimpi.

Aktivitas gelombang otak yang diukur pada janin yang sedang berkembang, menunjukkan siklus tidur yang berbeda.

Kehamilan 29 minggu: panjang bayi sekitar 38 cm

mudah lapar tanda hamil

Memasuki minggu 29 kehamilan, perkembangan tubuh janin dalam rahim kira-kira sudah sebesar labu.

Berat janin diperkirakan sudah bertambah menjadi 1,1 kilogram dan panjang dari kepala sampai kaki sekitar 38 cm.

Janin yang sehat akan terus aktif menendang dan bergerak di dalam rahim. Sebagian ibu hamil mungkin belum terbiasa untuk merasakan gerakan bayi yang mulai aktif di dalam kandungan.

Pastikan bahwa ibu memerhatikan tendangan bayi dan amati jam-jam kapan bayi aktif bergerak.

Kalau merasa gerakan bayi berkurang saat hamil 7 bulan ini, hitunglah tendangan janin. Normalnya si kecil harus bergerak minimal 10 kali dalam dua jam.

Kalau terasa gerakan janin berkurang di kehamilan usia 29 minggu, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah ada gangguan dalam perkembangan janin.

Kehamilan 30 minggu: janin bisa mengikuti irama pernapasan ibu

ketuban ibu hamil 7 bulan

Memasuki minggu 30 kehamilan, tubuh janin di dalam rahim sudah seukuran semangka kecil.

Perkembangan janin saat ibu hamil 7 bulan beratnya sekitar 1,3 kilogram dengan panjang sekitar 40 cm dari kepala hingga tumit.

Meski begitu, berat janin di dalam kandungan masih akan terus bertambah sampai hari kelahirannya nanti.

Lapisan lemak yang mengelilingi tubuh bayi juga semakin menebal. Hal ini terjadi agar kulit janin tidak terlihat keriput dan bisa tetap hangat setelah ia lahir nanti.

Satu perkembangan janin di minggu 30 kehamilan yang tidak kalah menarik adalah kemampuannya untuk meniru pola pernapasan ibunya.

Di usia ini, janin sudah mulai dapat berlatih gerakan pernapasan berulang dengan mengikuti irama diafragma ibu.

Selain itu, janin di dalam rahim pun dapat cegukan. Ibu hamil bisa merasakan cegukannya ketika ada suatu denyut berirama pada perut.

Hamil 31 minggu: janin sudah bisa kencing di dalam rahim

nyeri ulu hati pada ibu hamil

Di minggu 31 kehamilan, perkembangan janin dalam kandungan sudah sebesar buah kelapa. Berat janin kira-kira sudah sekitar 1,5 kilogram dan panjang dari kaki hingga kepalanya mencapai 40 cm.

Memasuki trimester ketiga kehamilan ini, janin di dalam kandungan sudah bisa kencing sendiri. Janin dapat mengeluarkan urine sebanyak 250 ml sehari yang kemudian bercampur dengan cairan ketuban.

Perkembangan otak janin juga sudah mulai berfungsi sepenuhnya saat ibu hamil 7 bulan. Koneksi antara sel-sel saraf di otak sudah terbentuk.

Ini yang membuat para pakar yakin bahwa janin sudah dapat memproses informasi, melacak cahaya, bergerak lebih leluasa, dan menangkap sinyal dari kelima inderanya.

Janin juga sudah bisa cegukan, menelan, bernapas, dan menggerakkan tangan dan kaki kecilnya di dalam rahim. Akan tetapi, indera penciuman janin belum bisa bekerja optimal karena berada dalam cairan ketuban rahim.

Bentuk wajah janin di usia 31 minggu kehamilan ini juga sudah mulai mantap dan terbawa sampai lahir.

Hal yang dirasakan saat hamil 7 bulan

sakit kepala saat hamil

Semakin besar perut ibu hamil, semakin banyak hal yang dirasakan dan berubah pada tubuh. Beberapa kondisi yang dirasakan ibu hamil 7 bulan adalah:

Heartburn

Sensasi perut perih dan dada panas (heartburn) sering muncul setelah ibu hamil makan dengan porsi banyak atau makan makanan yang berminyak, pedas, maupun asam.

Masalah asam lambung yang dialami oleh ibu hamil ini dapat membuat aktivitas jadi tidak nyaman, dan bahkan mungkin memicu insomnia.

Jika merasakan heartburn saat hamil, coba perhatikan apa yang dimakan sebelumnya. Hindari dulu makanan-makanan pemicu asam lambung agar Anda bisa tetap nyaman dan perkembangan janin tidak terganggu.

Spider veins

Masuk fase hamil 7 bulan, Anda mungkin melihat beberapa spider veins pada kulit selama perkembangan janin berjalan.

Ciri-cirinya berupa garis urat kecil yang berwarna merah menyebar dan terlihat seperti jaring laba-laba.

Spider veins saat hamil bisa disebabkan adanya peningkatan sirkulasi darah. Anda juga bisa melihat kondisi ini di wajah, leher, payudara atau lengan.

Tidak perlu khawatir biasanya kondisi ini akan hilang beberapa minggu setelah melahirkan.

ASI di payudara mulai keluar saat hamil 7 bulan

Tidak hanya perkembangan janin saja yang makin sempurna di masa hamil 7 bulan ini, tubuh ibu juga akan menyempurnakan dirinya setelah melahirkan nanti.

Salah satu proses penyempurnaan tubuh ibu adalah dengan mengeluarkan kelenjar susu dari payudara.

Payudara ibu mungkin sudah mulai menghasilkan kolostrum, cairan pra-susu yang menyediakan kalori dan nutrisi penting di hari hari pertama bayi lahir.

Kolostrum juga diproduksi beberapa hari sebelum kandungan ASI muncul. Ciri-ciri kolostrum umumnya punya tekstur encer dan berair, tapi ada juga yang warnanya kekuningan.

Selain tiga hal di atas, kondisi lain juga dirasakan ibu hamil 7 bulan, seperti:

Seiring dengan pesatnya perkembangan janin yang mulai masuk ke usia hamil 7 bulan, banyak wanita merasakan pengetatan otot rahim atau disebut kontraksi palsu atau Braxton Hicks.

Braxton Hicks adalah kondisi kontraksi palsu yang sering berlangsung sekitar 30 detik, tidak teratur, dan tidak menyakitkan.

Selain itu, kontraksi ini terjadinya kadang-kadang saja, tidak selalu terjadi. Kontraksi ini tidak mengganggu perkembangan janin 

Di sisi lain, jika kontraksi ini terlalu sering terjadi, dikhawatirkan dapat memengaruhi perkembangan janin. Apabila kontraksi sering terjadi sebelum waktunya, bisa menjadi penyebab kelahiran prematur.

Hubungi dokter segera jika mengalami empat kontraksi lebih selama dalam kurun waktu sejam.

Biasanya gejala lahir prematur akan dibarengi tanda peningkatan cairan vagina atau perubahan jenis cairan yang keluar dari vagina (misalnya berair atau berdarah).

Hal yang perlu diperhatikan saat konsultasi ke dokter

hamil 7 bulan

Jika pembengkakan semakin memburuk saat hamil 7 bulan, periksakan ke dokter segera. Bengkak berlebihan mungkin adalah gejala preeklampsia ketika muncul disertai dengan beberapa gejala seperti:

  • Bertambahnya berat badan secara mendadak
  • Tekanan darah tinggi
  • Tingginya kadar protein dalam urine saat dites

Jika tekanan darah dan urine normal (diuji dalam perawatan antenatal), Anda tidak perlu khawatir tentang preeklampsia. 

Untuk memantau perkembangan janin di usia kehamilan 28-31 minggu, ibu hamil bisa melaporkan segala gejala yang dirasakan.

Umumnya ibu hamil akan jadi sering buang air kecil dan mengompol. Terkadang, ibu tidak dapat menahan kencing saat batuk, tertawa, bersin atau saat mengangkat benda berat.

Hal ini normal di usia kehamilan ini dan akan hilang setelah si kecil lahir.

Tes yang perlu diketahui saat hamil 7 bulan

Untuk memantau perkembangan janin di dalam kandungan saat hamil 7 bulan, ketika check up dokter kandungan akan melakukan tes rutin seperti:

  • Menimbang berat badan dan mengukur tekanan darah
  • Memeriksa urine untuk memeriksa kadar gula dan protein
  • Memeriksa perkembangan janin 
  • Memeriksa detak jantung janin
  • Memeriksa ukuran rahim dengan menyentuh bagian luar untuk melihat seberapa tinggi fundus 
  • Memeriksa pembengkakan yang dikhawatirkan sebagai gejala preeklampsia

Saat periksa atau konsultasi ke dokter, umumnya dokter akan menanyakan bagaimana dan seberapa sering janin bergerak saat ibu hamil 7 bulan. Apabila terasa gerakannya berkurang, katakan pada dokter kandungan.

Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan terkait kondisi janin di dalam kandungan. Bila ditemukan masalah pada perkembangan janin, dokter akan menyarankan beberapa perawatan pendukung.

Bahkan kalau terjadi kondisi yang lebih parah, mungkin ibu harus melahirkan secara prematur.

Tips menjaga kesehatan saat hamil 7 bulan

susu mentah saat hamil

Mengingat perkembangan janin semakin baik saat ibu hamil 7 bulan, Anda perlu menjaga kesehatan selama kehamilan demi bayi dan diri sendiri. 

Berikut beberapa hal di antaranya:

Perhatikan olahraga yang dipilih

Mengingat perut makin membesar saat hamil 7 bulan, Anda harus memilih olahraga untuk ibu hamil yang aman. Ini karena perut ibu hamil umumnya sudah mulai membesar.

Jika bingung pilih olahraga apa, tanyakan ke dokter kandungan. Nantinya dokter akan mempertimbangkan sesuai kondisi kehamilan. Jalan santai, renang, atau senam hamil umumnya masih aman dilakukan bila kehamilan sehat.

Jogging sore hari di sekitar rumah juga masih tergolong aman. Namun apabila ibu hamil didiagnosis memiliki plasenta previa (kondisi plasenta menutupi leher rahim), hentakan yang terlalu banyak saat olahraga bisa menyebabkan perdarahan.

Hindari memakai sepatu hak tinggi saat hamil 7 bulan

Atas berbagai tuntutan penampilan, terkadang ibu hamil harus memakai sepatu hak tinggi atau high heels. Memakai sepatu hak tinggi (bahkan yang haknya lebar) umumnya tidak baik dan bisa berisiko bagi kehamilan.

Risiko jatuh bisa terjadi karena berat ibu hamil meningkat seiring bertambahnya usia janin. 

Bentuk tubuh dan titik gravitasi dapat berubah, ini membuat Anda lebih sulit untuk menjaga keseimbangan sehingga rentan untuk jatuh.

Jatuh saat hamil sangat berbahaya karena bisa menyakiti tubuh ibu dan bahkan bayi di dalam kandungan.

Jika berencana memakai sepatu hak tinggi saat hamil, pertimbangkan untuk memakai hak yang lebih rendah.

Menghindari semua benda yang mengandung timbal

Timbal adalah logam yang bisa masuk ke dalam tubuh dan membuat keracunan. Anda harus menghindari hal yang mengandung timbal selama kehamilan.

Timbal bisa terdapat pada baterai alat elektronik, make up atau alat kecantikan, dan bahkan beberapa peralatan rumah tangga. Apabila ibu terpapar timbal selama kehamilan, perkembangan janin saat ibu hamil 7 bulan bisa terganggu.

The American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menjelaskan bahwa paparan timbal saat hamil mengganggu perkembangan saraf bayi.

Paparan timbal saat kehamilan meningkatkan risiko berat badan lahir rendah pada bayi (BBLR).

Memilih perlengkapan olahraga yang aman dan nyaman

Seiring perkembangan janin yang semakin besar, sebaiknya ikutlah beberapa kelas olahraga untuk membantu mempersiapkan fisik selama kehamilan.

Pastikan ibu hamil memilih perlengkapan olahraga yang nyaman dan aman. Misalnya, memilih sepatu dengan injakan empuk, sport bra yang lembut, dan handuk kecil untuk mengusap keringat.

Tidak perlu khawatir napas jadi sesak saat hamil 7 bulan

Saat hamil 7 bulan, gejala kehamilan yang bisa dilihat adalah perut jadi besar dan sesak karena janin terus berkembang. Banyak ibu hamil yang khawatir apabila sesak yang dirasakan dapat mengganggu janin.

Sesak napas dapat membuat ibu merasa tidak nyaman akan tetapi tidak membahayakan bayi. Janin masih akan tetap mendapatkan oksigen yang cukup sehingga ibu hamil bisa berlatih pernapasan yang baik dan benar.

Salah satu cara melatih pernapasan saat hamil bisa didapatkan dari kelas senam kehamilan atau dari anjuran latihan pernapasan oleh dokter.

Senam kegel untuk penguatan panggul

Saat hamil 7 bulan, penting untuk ibu hamil melakukan senam kegel yang menjadi latihan dasar penguatan panggul. Selain itu, senam kegel juga bisa membantu mencegah episiotomi atau robekan saat melahirkan.

Mengutip American College obstetrician and Gynecologist (ACOG), cara melakukan senam kegel cukup mudah.

Gerakannya mirip seperti ingin menahan kencing, lakukan selama 10 detik lalu ulangi perlahan. Ibu hamil juga bisa melakukan ini saat berhubungan seks dengan pasangan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Vitamin E untuk Kesuburan, Benarkah Bisa Bikin Cepat Hamil?

Ingin mencoba suplemen vitamin E supaya cepat hamil? Eits, simak dulu penjelasan lengkap dari berbagai penelitian soal manfaat vitamin E untuk kesuburan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 22 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Proses Terjadinya Kehamilan: Dari Hubungan Intim Hingga Jadi Janin

Anda pasti sudah tahu bahwa kehamilan terjadi ketika sel sperma bertemu dengan sel telur. Namun, apakah Anda pernah berpikir bagaimana proses ini terjadi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Program Hamil, Kesuburan, Kehamilan 22 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Cara Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir agar Cepat Kering

Saat bayi lahir, tali pusat akan dipotong dan disisakan sedikit. Tak perlu bingung, berikut perawatan tali pusat yang bisa dilakukan!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 18 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Bisakah Mencegah Autisme Sejak Anak dalam Kandungan?

Tentu kita tidak ingin memiliki anak autisme. Sebisa mungkin, kita ingin mencegahnya, bahkan sejak hamil. Apakah bisa mencegah autisme anak sedari hamil?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 18 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pembukaan persalinan

Kenapa Gerakan Janin Berkurang Menjelang Persalinan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
pengalaman program bayi tabung

Pengalaman 4 Kali Gagal Program Bayi Tabung, Kini Kami Dianugerahi 4 Bayi Kembar

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit
fungsi hormon fsh dan lh

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH pada Sistem Reproduksi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
pergerakan janin

Kapan Bisa Mulai Mendengar Detak Jantung Janin Dalam Kandungan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit