Periode Perkembangan

Perkembangan Kehamilan di Minggu 13

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum.

Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin 13 minggu kehamilan saya?

Pada masa perkembangan janin 13 minggu kehamilan ini, janin Anda panjangnya sudah sekitar 7 cm (dari kepala hingga kaki). Sedangkan berat janin sudah mencapai 30 gram.

Ketika memasuki bulan ke-4 atau 13 minggu masa kehamilan, plasenta Anda telah berkembang dan bertugas sebagai pemasok oksigen, nutrisi, dan pengolahan kotoran bayi. Plasenta juga menghasilkan hormon progesteron dan estrogen yang membantu menjaga kehamilan.

Pada masa perkembangan janin 13 minggu kehamilan ini, mata janin juga sudah dapat terbuka dan tertutup untuk melindungi mata. Janin di dalam kandungan dapat meletakkan ibu jari di mulutnya, meskipun otot pengisap masih belum sepenuhnya berkembang.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh ibu hamil di minggu 13 kehamilan?

Pada pemeriksaan di minggu ke 13 ini, dokter mungkin memberikan suplemen gizi dan vitamin untuk kehamilan. Mengonsumsi makanan sehat akan memastikan bayi yang belum lahir dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang diperlukan, seperti asam folat, seng, zat besi, dan kalsium untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk menentukan cara terbaik mengonsumsi vitamin, seperti diminum sambil makan atau diminum bersama-sama dengan jenis minuman tertentu.

Menjaga kehamilan yang berjalan 13 minggu

Ada beberapa hal yang harus perhatikan di masa perkembangan janin 13 minggu ini. Ingatlah tips di bawah ini selama kehamilan jika Anda ingin melanjutkan rutinitas berolahraga seperti sebelum hamil, atau memulai kebiasaan olahraga baru:

  • Jaga intensitas olahraga dengan cara memerhatikan seberapa kuat napas Anda saat berbicara di sela-sela olahraga.
  • Kurangi intensitas olahraga atau istirahatlah jika Anda mulai merasa sesak napas, kelelahan, dan pusing.
  • Perhatikan,  semakin lama kehamilan, semakin berat juga bayi Anda. Jadi, berolahraga saat hamil akan menimbulkan beban yang berat. Hati-hati saat berolahraga, minta temani suami atau teman saat berolahraga.
  • Selain itu, Anda juga harus mendiskusikan olahraga rutin dengan dokter Anda jika Anda memiliki perasaan tidak nyaman, nyeri, atau kelelahan parah lainnya.

Kunjungan ke Dokter/ Bidan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 13?

Pada perkembangan janin 13 minggu kehamilan, Anda kemungkinan akan merasakan sesak napas. Sesak napas ringan hanya akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan tidak akan memengaruhi pasokan oksigen ke bayi. Tetapi jika Anda mengalami kesulitan bernapas, bibir atau jari Anda tampak kebiruan, atau Anda memiliki nyeri dada dan denyut nadi tidak normal yang cepat, silakan berkonsultasi dengan dokter segera.

Tes yang mungkin dibutuhkan di usia kehamilan 13 minggu

Tergantung pada dokter dan kebutuhan spesifik Anda, dokter mungkin melakukan tes dan pemeriksaan berikut:

  • Mengukur berat badan dan tekanan darah
  • Memeriksa gula dan protein dalam urine
  • Periksa denyut jantung janin
  • Periksa ukuran rahim dengan palpasi eksternal
  • Mengukur panjang dari bagian bawah sampai rahim
  • Periksa apakah tangan dan kaki Anda memiliki pembuluh darah bengkak atau varises

Beri tahu dokter tentang gejala yang Anda alami, khususnya gejala yang tidak biasa.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah yang ingin Anda bahas, buatlah catatan agar Anda tak lupa menanyakannya saat konsultasi.

Kesehatan dan Keselamatan

Apa saja yang perlu saya ketahui untuk menjaga kesehatan dan keselamatan selama hamil?

1. Berolahraga

Ketika detak jantung Anda lebih dari 140 denyut per menit selama olahraga, Anda mungkin khawatir bahwa ada sesuatu yang salah. Cara terbaik agar olahraga rutin selama hamil tetap aman dan efektif adalah dengan cara mendengarkan respon tubuh Anda sendiri.

Detak jantung Anda akan bereaksi sangat berbeda saat berolahraga, jadi daripada mengamati detak jantung, gunakan penilaian yang lebih objektif dan akurat. Tujuannya adalah untuk menjaga intensitas olahraga Anda tetap dalam tingkat sedang, tapi masih menantang ketahanan tubuh.

Anda harus berolahraga di tingkat yang tidak membuat Anda kehabisan napas saat berbicara. Jika Anda merasa sesak napas, ini merupakan sinyal bagi Anda untuk mengurangi intensitas olahraga dan beristirahat. Metode ini memungkinkan semua wanita dengan berbagai berat badan untuk berolahraga pada tingkat yang aman tanpa membahayakan kesehatan ibu dan bayi.

2. Kafein

Jangan makan terlalu banyak cokelat, karena cokelat mengandung kafein. Meski tidak ada bukti untuk megetahui jumlah kafein yang akan membahayakan wanita hamil, tapi lebih baik ibu hamil membatasi makan cokelat.

Alasan lain mengapa Anda harus menghindari cokelat adalah karena makanan ini dapat mendominasi makanan sehat yang Anda konsumsi, membuat Anda mengonsumsi terlalu banyak kalori dan menyebabkan kenaikan berat badan ibu dan janin yang berlebihan.

Jadi minggu depan janin akan tumbuh seperti apa?

Sumber
Yang juga perlu Anda baca