home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tak Kunjung Menstruasi Setelah Melahirkan, Apakah Normal?

Tak Kunjung Menstruasi Setelah Melahirkan, Apakah Normal?

Selama masa kehamilan, dalam periode kurang lebih selama 9 bulan Anda tidak mengalami menstruasi. Nah, setelah melahirkan, Anda akan mengalami periode menstruasi lagi. Kapan periode menstruasi akan kembali lagi mungkin waktunya akan berbeda-beda antar ibu. Kapan normalnya menstruasi pertama setelah melahirkan terjadi? Bagaimana jika tak kunjung menstruasi setelah melahirkan, apakah ini normal?

Kapan seharusnya ibu kembali menstruasi setelah melahirkan?

Kapan tepatnya menstruasi setelah melahirkan akan terjadi mungkin sulit untuk ditentukan. Hal ini karena waktu menstruasi setelah melahirkan akan berbeda-beda tiap ibu. Banyak faktor yang memengaruhi hal ini, seperti tubuh ibu dan bagaimana ibu menyusui bayinya.

Jika Anda menyusui bayi Anda secara eksklusif, menstruasi pertama Anda mungkin akan terjadi dalam waktu lebih lambat sejak Anda melahirkan, bisa sampai 6 bulan. Terlebih jika bayi Anda rajin menyusu pagi dan malam hari, serta ASI Anda keluar dengan lancar.

Lain lagi jika Anda tidak menyusui bayi Anda, Anda mungkin akan menstruasi lagi dalam waktu lebih cepat, hanya beberapa minggu setelah melahirkan. Ibu yang tidak menyusui bayinya mungkin akan mendapatkan menstruasi pertamanya dalam waktu 3 minggu sampai 10 minggu setelah melahirkan (rata-rata 45 hari setelah melahirkan).

Ya, apakah Anda menyusui atau tidak dan berapa banyak Anda menyusui bayi Anda dapat menentukan seberapa cepat Anda menstruasi lagi setelah melahirkan. Sangat sulit untuk menentukan kapan waktu yang pasti bagi Anda untuk menstruasi lagi setelah melahirkan.

Namun, jika Anda tidak menyusui bayi Anda dan tak kunjung mengalami menstruasi setelah melahirkan atau jika periode menstruasi Anda tidak normal selama lebih dari tiga atau empat bulan, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter. Periode menstruasi yang tidak teratur selama satu sampai tiga bulan di awal-awal sejak menstruasi pertama, masih normal terjadi. Pada saat ini, tubuh Anda masih mencoba untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

Mengapa ibu yang menyusui mengalami menstruasi lebih telat?

Ibu yang menyusui bayinya secara eksklusif biasanya akan lebih lama mengalami menstruasi pertamanya sejak melahirkan. Hal ini berhubungan dengan hormon dalam tubuh ibu. Saat Anda menyusui, hormon-hormon yang dibutuhkan untuk produksi ASI (seperti hormon prolaktin) akan meningkat jumlahnya dan dapat menekan produksi hormon reproduksi (yang membuat Anda menstruasi).

Hasilnya, pada saat ini tubuh Anda tidak akan melepaskan sel telur (ovulasi), sehingga Anda tidak menstruasi dan kemungkinan Anda untuk hamil lagi menjadi lebih kecil. Ini mengapa menyusui secara eksklusif dapat menjadi alat kontrasepsi alami untuk mencegah kehamilan.

Hat-hati, Anda bisa hamil lagi!

Perlu Anda ingat bahwa tubuh akan melepaskan sel telur pertamanya setelah melahirkan sebelum Anda mendapatkan menstruasi setelah melahirkan. Jika Anda melakukan hubungan seksual pada saat ini (walaupun periode menstruasi Anda belum kembali), maka Anda mungkin bisa hamil lagi. Walaupun Anda belum menstruasi sejak melahirkan, bukan berarti Anda belum kembali subur. Banyak ibu menyusui akan terkejut dengan kehamilan yang tidak direncanakan setelah melahirkan.

Jadi, amannya agar Anda tidak hamil lagi setelah melahirkan adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi segera saat Anda mulai berhubungan seksual lagi. Bagaimanapun, ASI eksklusif sebagai kontrasepsi alami masih kurang efektif dalam mencegah kehamilan jika dibandingkan alat kontrasepsi, seperti pil KB, IUD, dan lainnya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Baby Center. (2014). When will I get my period after my baby is born? | BabyCenter. [online] Available at: https://www.babycenter.com/404_when-will-i-get-my-period-after-my-baby-is-born_11728.bc [Accessed 31 Mar. 2017].

Nall, R. (2015). What to Expect from Your First Period After Pregnancy. [online] Available at: http://www.healthline.com/health/pregnancy/first-period-postpartum#1 [Accessed 31 Mar. 2017].

Perkins, S. (2013). Abnormal Periods After Childbirth. [online] Available at: http://www.livestrong.com/article/260996-abnormal-periods-after-childbirth/ [Accessed 31 Mar. 2017].

What to Expect. The Return of Your Period | What to Expect. [online] Available at: http://www.whattoexpect.com/first-year/week-16/period.aspx [Accessed 31 Mar. 2017].

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Arinda Veratamala
Tanggal diperbarui 05/02/2021
x