Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Psst, Ini 5 Kunci Perut Kembali Rata dan Kencang Setelah Operasi Caesar

Psst, Ini 5 Kunci Perut Kembali Rata dan Kencang Setelah Operasi Caesar

Setelah melahirkan dengan operasi caesar, tentunya Anda ingin bentuk tubuh kembali seperti semula layaknya sebelum hamil. Nyatanya, hal itu tidak sulit kok. Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan dan mengencangkan perut setelah operasi caesar.

Cara mengecilkan perut setelah operasi caesar

Menurut seorang profesor kebidanan dan kandungan dari University of North Carolina, Cristina Muñoz, MD, tubuh butuh setidaknya 12 minggu untuk pulih pasca operasi caesar. Waktu tersebut diperlukan supaya memastikan bekas jahitan sudah kering dan rahim telah kembali ke ukuran normalnya.

Nah, semala masa pemulihan tersebut, Anda tetap bisa kok melakukan berbagai cara berikut demi mengecilkan perut setelah caesar.

1. Berkonsultasi dengan dokter

Pertama-tama, sebelum Anda memulai rutinitas untuk mengecilkan perut setelah caesar, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Apakah ada komplikasi yang bisa ditimbulkan saat Anda berolahraga. Setidaknya, tunggulah hingga 6-8 minggu sebelum kembali beraktivitas.

Apabila dokter Anda sudah menyetujuinya, mulailah pelan-pelan dan jangan terburu-buru karena otot-otot Anda masih dalam proses pemulihan.

2. Menyusui

cara menyusui dengan puting datar

Pada umumnya, berat badan ibu menyusui akan turun lebih cepat dibandingkan ibu yang tidak memberikan ASI pada bayinya. Pasalnya, dengan menyusui, sang ibu dapat membakar kalori sekitar 300-500 kalori per hari.

Maka itu, memberikan sang bayi ASI eksklusif tak hanya baik untuk tumbuh kembangnya, tapi juga membantu Anda mengecilkan perut dan bagian tubuh lain setelah operasi caesar.

3. Makan makanan sehat

makanan tidak sehat

Jika ingin lingkar perut Anda mengecil, maka muai sekarang sebaiknya pilih makanan yang lebih sehat. Nah, supaya usaha mengecilkan perut setelah caesar berhasil, sebaiknya perhatikan juga hal berikut ini:

  • Menghindari makanan cepat saji
  • Tidak mengonsumsi makanan olahan (makanan yang digoreng atau dipanggang)
  • Perbanyak menyantap buah, sayur, kacang-kacangan, atau makanan yang mengandung rendah kalori

Semakin tinggi nutrisi yang Anda peroleh, tidak hanya perut dan berat badan yang bisa turun angkanya, melainkan juga baik untuk kesehatan bayi Anda melalui ASI yang lebih sehat.

4. Jalan pagi

Salah satu cara untuk mengecilkan perut setelah operasi caesar adalah berolahraga. Akan tetapi, Anda tak perlu terburu-buru melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Mulai saja perlahan dengan jalan setiap pagi atau jogging di sekitar rumah.

Selain bisa menurunkan berat badan, jalan pagi juga bisa memperbaiki suasana hati dan meningkatkan energi untuk mengurus bayi Anda tentunya.

5. Olahraga ringan

Jika Anda bosan berjalan di taman, Anda bisa mencoba berbagai gerakan olahraga yang cukup mudah dilakukan. Anda bisa melakukannya secara perlahan namun rutin. Nah, berikut gerakan peregangan yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan perut dan menghilangkan stretch marks.

a. Plank

Plank bertujuan untuk memperkencang dan mengecilkan perut, sehingga gerakan ini cocok dilakukan setelah operasi caesar. Pertama-tama, mungkin Anda disarankan untuk melakukan plank yang sudah dimodifikasi, seperti:

  • Menahan posisi push-up dengan lutut menempel di lantai. Anda bisa menahan posisi ini semampu Anda.
  • Pastikan punggung Anda lurus dan otot-otot berkontraksi.
  • Setelah menguasai posisi ini, Anda bisa mencoba posisi plank yang biasa dilakukan oleh orang normal lainnya.

b. Posisi bridge

Sumber: Womenshealthmag.com

Selain memperkecil perut, cara ini juga memperkuat otot panggul, pantat, dan paha belakang Anda. Jangan lupa ya, ikuti langkah-langkah di bawah ini supaya tidak terjadi cedera.

  • Mulailah dengan berbaring telentang
  • Kemudian, tekuk lutut Anda ke bawah dengan tumit yang ditekan.
  • Tubuh bagian bawah Anda akan terangkat dan usahakan untuk tidak menyentuh lantai.
  • Pertahankan posisi ini selama 30-45 detik.

c. Pose Cobra

Posisi yang menyerupai ular cobra ini bisa memperkuat dasar panggul Anda juga. Walaupun termasuk dalam gerakan yoga, Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan instruktur, namun tetap mengikuti aturan yang berlaku ya.

  • Mulailah dengan menempatkan perut dan telapak tangan di lantai.
  • Angkat kepala dan leher Anda, jangan sampai membuat punggung Anda tegang dan perkecil perut Anda seperti sedang menahan napas.
  • Ulangi gerakan ini 4-8 kali

Nah, bagaimana? Tidak terlihat sulit bukan cara mengecilkan perut setelah operasi caesar? Yang diperlukan hanyalah kemauan dan kesabaran saat melakukan hal ini, agar perut kecil setelah operasi caesar bisa Anda wujudkan.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

6 Tips to Tone Your Body After a C-Section https://www.upspringbaby.com/blog-losing-baby-weight-tone-tummy-after-csection accessed May 2, 2019.

When Breastfeeding How Many Calories Should Mom and Babies Consume? https://www.nichd.nih.gov/health/topics/breastfeeding/conditioninfo/calories accessed May 2,2019.

Post C-Section Strengthening Exercises https://www.parents.com/pregnancy/giving-birth/cesarean/post-c-section-strengthening-exercises/ accessed May 2, 2019.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 4 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x