×
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan panduan perkembangan janin dalam kandungan Anda.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini!
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!

Panduan Merawat Luka Jahitan Setelah Melahirkan

Oleh Data medis direview oleh dr. Tania Savitri.

Walaupun vagina dan perineum (area antara vagina dan anus) Anda elastis, bayi Anda mungkin membutuhkan ruang lebih saat proses persalinan. Jika perineum meregang hingga robek, Anda akan memerlukan jahitan. Dan setelah melahirkan, selain disibukkan dengan mengurus buah hati, Anda juga harus berhati-hati merawat jahitan vagina agar cepat sembuh dan tidak infeksi.

Apakah vagina pasti robek saat melahirkan?

Sekitar 9 dari 10 ibu mengalami robekan pada vagina sampai beberapa tahap tertentu. Hal ini mungkin terdengar mengkhawatirkan, tapi biasanya robekan yang terjadi tidak parah. Bidan atau dokter akan memeriksa dengan hati-hati untuk melihat apakah terjadi robekan setelah proses persalinan Anda. Walau sekitar 60%-70% kasus memerlukan jahitan, tapi robekan tahap ke-3 atau ke-4 jarang terjadi.

Anda juga akan membutuhkan jahitan apabila dilakukan episiotomi pada perineum Anda untuk membantu bayi Anda lahir. Sekitar 1 dari 7 wanita mendapatkan episiotomi saat melahirkan.

Anda akan memerlukan episiotomi jika bayi Anda memerlukan bantuan peralatan, seperti forceps atau ventouse, atau bayi perlu segera dilahirkan. Walau episiotomi biasanya sembuh dalam 2 minggu setelah persalinan, diperlukan waktu sampai 6 bulan untuk area tersebut pulih total. Kadang, episiotomi dapat robek setelah sayatan dibuat.

Selain mengalami robekan atau memerlukan sayatan, Anda juga mungkin mengalami beberapa memar. Memar yang besar dan bengkak disebut hematoma. Hematoma kecil biasanya hilang tanpa perlu diobati, tapi kadang perlu dihilangkan cairannya.

Memar dan hematoma biasanya disebabkan oleh tekanan dari kepala bayi saat melewati pembukaan vagina Anda. Jika bayi Anda memerlukan bantuan saat persalinan, beberapa peralatan juga dapat menyebabkan memar.

Robekan seperti apa yang memerlukan jahitan?

Bidan atau dokter akan memeriksa seberapa parah robekan Anda. Ada 4 tahap robekan:

  • Tahap pertama: robekan kecil yang akan sembuh tanpa jahitan.
  • Tahap kedua: robekan lebih dalam yang merobek otot dan kulit, biasanya memerlukan jahitan. Anda juga bisa memilih untuk dibiarkan sembuh secara alami tanpa jahitan, tapi proses penyembuhannya akan berlangsung lebih lama.
  • Tahap ketiga: robekan dalam dan parah, mempengaruhi kulit dan otot perineum, dan mencapai otot di sekitar anus (anal sphincter). Selalu membutuhkan jahitan.
  • Tahap keempat: robekan dalam dan parah yang melebihi otot anus dan dapat mencapai usus, dan selalu memerlukan jahitan.

Kadang-kadang robekan juga dapat terjadi di dekat vulva. Hal ini dapat dibiarkan sembuh dengan sendirinya atau dijahit.

Apa yang menyebabkan robekan terjadi saat melahirkan?

Hanya sekitar 1 dari 100 wanita dengan persalinan normal mengalami robekan tahap ketiga atau keempat. Sulit diprediksi jika Anda akan mengalami robekan, tapi Anda akan lebih rawan mengalami robekan parah, jika:

  • Ini adalah kelahiran bayi pertama Anda
  • Posisi bayi Anda sungsang
  • Berat bayi Anda lebih dari 4 kg
  • Bayi Anda lahir dengan bantuan forceps

Tidak jelas pasti apa penggunaan epidural akan membuat robekan atau tidak. Hal-hal lainnya yang terjadi saat persalinan juga dapat mempengaruhi terjadinya robekan.

Bagaimana proses penjahitan robekan vagina?

Apabila langsung terjadi robekan, Anda akan diberikan obat bius di ruang persalinan, dan bidan atau dokter akan menjahit robekan dengan hati-hati.

Banyak unit persalinan yang merekomendasi agar jahitan dilakukan secara langsung, segera setelah bayi keluar. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit yang akan timbul setelahnya. Jahitan akan larut dengan sendirinya dan tidak perlu diangkat lagi.

Jika Anda memiliki robekan yang serius, Anda akan dibawa ke ruang operasi untuk dijahit dokter kandungan. Anda akan diberikan obat bius agar tidak merasakan sakit. Obat bius biasanya diberikan secara lokal, via spinal atau epidural, yang akan membuat area tersebut mati rasa. Namun, kadang-kadang bius total diperlukan.

Tabung tipis (kateter) akan dipasang ke dalam kandung kemih untuk mengumpulkan urin. Hal ini akan mempercepat penyembuhan perineum Anda. Anda mungkin akan diberikan infus pada lengan untuk diberikan cairan. Obat penghilang sakit dapat meringankan rasa sakit setelah efek obat bius hilang. Anda akan memerlukan banyak istirahat 24 jam setelah dijahit, tapi Anda dianjurkan untuk tidak duduk dalam waktu yang lama.

Bagaimana cara mempercepat proses penyembuhan luka jahitan setelah melahirkan?

Jaga jahitan vagina agar tetap bersih untuk mengurangi risiko infeksi, dan lakukan beberapa tips berikut:

  • Mandi setidaknya sekali sehari.
  • Ganti secara rutin pembalut Anda dan cuci tangan Anda sebelum dan sesudahnya.
  • Lakukan latihan pelvic floor yang dapat membantu penyembuhan, meningkatkan sirkulasi, dan mencegah kebocoran pada usus atau kemih Anda. Salah satu latihan ini adalah dengan senam Kegel.
  • Angin-anginkan jahitan vagina. Lepas celana dalam Anda selama 10 menit dan istirahatlah di tempat tidur, 2 kali sehari. Alasi tempat tidur Anda dengan handuk bersih yang tidak terpakai. Gunakan celana dalam katun yang sedikit longgar dan hindari celana yang ketat. Memakai rok atau celana longgar dapat membantu sirkulasi udara.
  • Minum banyak air dan konsumsi makanan yang kaya serat, seperti roti gandum, nasi merah, buah dan sayuran, untuk mencegah sembelit.

Akan sangat menolong jika Anda dapat buang air besar dengan mudah. Jika Anda memiliki robekan yang serius, Anda akan dianjurkan untuk mengkonsumsi antibiotik selama 5 hari untuk menghindari infeksi. Anda juga akan diberikan pencahar agar bisa buang air besar dengan mudah tanpa mengganggu jahitan.

Bagaimana cara meringankan rasa nyeri pada luka jahitan?

Jika jahitan terasa tidak nyaman selama masa penyembuhan, Anda bisa mencoba tips berikut:

  • Tempelkan kompresan dingin atau es batu dalam plastik yang dibungkus kain bersih pada perineum. Jangan gunakan lebih dari setengah jam. Tunggu sampai satu jam sebelum mengulang pemakaian.
  • Siram dengan air hangat pada area jahitan vagina setelah buang air kecil. Hal ini dapat membilas urin dan mengurangi rasa perih, serta menjaga area perineum tetap kering. Lalu keringkan dengan tisu toilet, dengan arah dari depan ke belakang.
  • Jangan gunakan pengering rambut pada area jahitan vagina.
  • Jangan gunakan tampon sampai Anda sembuh total dan telah diperiksa oleh dokter.
  • Jika Anda merasa tidak nyaman untuk duduk, cobalah duduk pada bantal.
  • Duduk di air dingin dapat mengurangi pembengkakan. Setelah jahitan membaik, Anda bisa mandi dengan air hangat, atau tambahkan beberapa tetes lavender oil atau tea tree oil pada air. Tidak ada bukti bahwa hal tersebut dapat membantu penyembuhan, namun dapat memberikan kenyamanan bagi Anda. Duduk di air sekitar 20 menit, 2 kali sehari. Keringkan jahitan dengan handuk yang lembut dan bersih.
  • Gunakan obat penghilang sakit. Paracetamol adalah salah satu pilihan yang baik untuk menghilangkan rasa sakit pada perineum. Jika membutuhkan penghilang rasa sakit yang lebih kuat, Anda bisa mencoba ibuprofen. Namun jika bayi Anda prematur atau lahir dengan berat badan yang ringan, tanyakan pada dokter sebelum menggunakan ibuprofen.
  • Berdiri baik untuk sirkulasi, tapi bila Anda merasa tidak nyaman pada perineum Anda, duduklah setiap sudah berdiri lama.

Apa tanda-tanda jahitan vagina saya bermasalah?

Robekan atau episiotomi umumnya akan sembuh dengan sendirinya. Memar akan membaik dalam beberapa hari dan jahitan akan membaik dalam 3 atau 4 minggu setelah persalinan. Setelah 2 bulan, Anda tidak akan merasa sakit lagi. Jika mengalami robekan serius pun, Anda tidak akan mengalami masalah lagi setahun setelah persalinan bayi Anda.

Anda harus mencari bantuan, jika:

  • Jahitan terasa semakin sakit atau berbau, mungkin Anda mengalami infeksi.
  • Anda harus terburu-buru ke toilet untuk buang air besar.
  • Anda tidak dapat mengendalikan buang air besar saat Anda buang angin.
  • Perih saat buang air kecil dan sering ingin ke kamar kecil.
  • Anda memiliki rasa sakit yang serius pada bagian bawah perut atau sekitar perineum.
  • Suhu tubuh Anda tinggi.
  • Pada pembalut Anda terdapat lochia, darah, atau gumpalan darah.
  • Permasalahan lainnya yang tidak biasa.

Jika Anda merasa khawatir untuk melakukan hubungan seks, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Wajar jika Anda merasa khawatir untuk melakukan seks jika Anda memiliki jahitan dan memar. Ceritakan perasaan Anda kepada pasangan Anda tentang kekhawatiran Anda terhadap hubungan seks.

Dapatkah kita mencegah terjadinya jahitan?

Memijat perineum beberapa minggu sebelum kelahiran dapat membantu perineum lebih elastis saat persalinan. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan terjadinya jahitan, episiostomi, atau robekan.

Instruktur pada kelas kehamilan dapat mengajarkannya pada Anda. Menggunakan kompres hangat pada perineum saat persalinan juga dapat mengurangi robekan.

Apakah jahitan vagina dapat menyebabkan masalah?

Beberapa wanita mengalami nyeri jangka panjang pada perineum atau kesulitan mengendalikan buang air besar. Hampir ¼ wanita yang mengalami jahitan setelah persalinan dapat merasa sakit saat berhubungan seks, atau memiliki masalah pada kemih.

Anda dapat mencegah hal tersebut dengan latihan senam Kegel secara rutin, dan mencari bantuan jika kondisi tidak membaik. Dengan penanganan yang tepat, permasalahan yang ditimbulkan oleh jahitan dapat disembuhkan.

Baca Juga:

Sumber
×
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan panduan perkembangan janin dalam kandungan Anda.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini!
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca