Haid Setelah Melahirkan: Berbagai Hal Penting yang Perlu Ibu Tahu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Selama masa kehamilan, Anda tidak mengalami haid atau menstruasi kurang lebih sembilan bulan. Nantinya, Anda baru mendapatkan haid pertama setelah melahirkan atau usai masa nifas meski waktunya berbeda-beda pada setiap ibu.

Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai kapan waktu mengalami menstruasi (mens) lagi setelah melahirkan di masa nifas, siklus haid, maupun jangka waktu atau jarak periodenya.

Nah, supaya lebih jelas, mari simak semua hal seputar menstruasi atau datang bulan setelah melahirkan berikut ini!

Kapan haid pertama datang lagi setelah melahirkan?

lama masa menstruasi pendek haid setelah melahirkan

Kapan tepatnya menstruasi atau datang bulan kembali lagi setelah melahirkan akan berbeda-beda pada setiap ibu.

Hal ini membuat jangka waktu haid pertama setelah melahirkan atau usai masa nifas akan terjadi mungkin sulit untuk ditentukan.

Ada banyak faktor yang menentukan kapan ibu akan menstrusi kembali setelah melahirkan, misalnya kondisi tubuh ibu sendiri dan bagaimana ibu menyusui bayinya.

Jika Anda menyusui ASI eksklusif, menstruasi pertama Anda mungkin akan datang dalam jangka waktu yang agak lama yakni sekitar 6-8 bulan pasca melahirkan.

Terlebih lagi bila bayi Anda rajin menyusu pagi dan malam hari diiringi produksi ASI yang keluar dengan lancar, biasanya mens pertama akan lebih lama datang.

Lain ceritanya bila ibu tidak memberikan ASI eksklusif kepada bayinya, mungkin menstruasi atau mens bisa datang dalam waktu cepat hanya beberapa minggu setelah melahirkan.

Melansir dari Baby Center, jika Anda tidak menyusui ASI esklusif, haid pertama umumnya akan datang dalam jangka waktu sekitar 5-12 minggu setelah melahirkan.

Siklus menstruasi setelah melahirkan rata-rata kembali dalam jangka waktu atau jarak 45 hari.

Sementara berapa lama waktu haid berlangsung setelah melahirkan baik normal maupun caesar tidak bisa diprediksi.

Berapa lama masa haid setelah melahirkan, entah normal atau caesar, bisa berbeda pada masing-masing ibu.

Selama masa ini, ibu juga bisa melakukan perawatan setelah melahirkan normal maupun perawatan pasca operasi caesar, seperti perawatan luka SC.

Kenapa ibu menyusui telat mengalami haid setelah melahirkan?

mitos ibu menyusui

Selama masa pemberian ASI eksklusif, tubuh memproduksi banyak hormon prolaktin untuk mencukupi produksi ASI.

Jumlah produksi hormon prolaktin yang cukup banyak ini dapat menekan produksi hormon yang mendukung proses ovulasi (pelepasan sel telur untuk pembuahan).

Akibatnya, Anda tidak mengalami ovulasi sehingga kemungkinan besar juga tidak akan mengalami menstruasi setelah melahirkan sampai masa menyusui selesai.

Masa menstruasi atau haid pertama setelah melahirkan biasanya baru datang kembali saat ibu tidak lagi memberikan ASI eksklusif kepada bayinya.

Semakin lama ibu belum mengalami menstruasi setelah melahirkan, maka semakin kecil pula kemungkinan untuk bisa hamil kembali.

Atas dasar inilah mengapa menyusui ASI eksklusif setelah melahirkan dinilai dapat menjadi upaya menunda kehamilan lagi untuk sementara waktu.

Pencegahan kehamilan dengan cara menyusui tanpa menstruasi usai persalinan dikenal dengan nama metode amenore laktasi.

Bagaimana proses haid setelah melahirkan?

menstruasi sedikit darah haid sedikit

Ibu umumnya mengalami perdarahan dan keputihan setelah melahirkan, baik usai melahirkan normal maupun melalui operasi caesar.

Perdarahan normal ini dikenal dengan nama lokia atau darah nifas yang memang terjadi di masa nifas.

Setelah melahirkan, tubuh Anda akan terus mengeluarkan darah dan jaringan yang ada di dalam rahim sebagai sisa saat kehamilan sebelumnya.

Darah yang keluar dalam beberapa minggu awal pasca persalinan mungkin padat dan berbentuk seperti gumpalan.

Setelah beberapa minggu kemudian, darah yang keluar berubah menjadi menjadi keputihan.

Keputihan ini akan berlanjut selama sekitar enam minggu yakni kira-kira waktu kembalinya menstruasi Anda setelah melahirkan bila tidak menyusui ASI.

Jika keputihan berhenti untuk beberapa waktu dan kemudian Anda akan mengalami perdarahan banyak sekali, ini mungkin tanda mulainya haid pertama setelah melahirkan.

Berikut beberapa hal yang perlu ibu perhatikan saat mengalami perdarahan maupun menstruasi setelah melahirkan:

1. Lokia berwarna terang

Lokia atau darah nifas biasanya tidak berwarna merah terang di minggu pertama setelah melahirkan.

Biasanya, lokia atau darah nifas lebih cair dan tidak sekental darah pada umumnya.

Lokia tidak dengan perdarahan postpartum sebagai tanda bahwa ada yang tidak normal dan termasuk komplikasi persalinan.

Lokia atau darah nifas yang keluar di masa awal pasca persalinan biasanya berwarna merah terang yang berangsur-angsur berubah menjadi kecokelatan.

Baru sekitar 40 hari setelah melahirkan, lokia atau darah nifas pelan-pelan mulai hilang.

Bila dalam kurun waktu 40 hari atau 6 minggu Anda mengalami perdarahan dalam jumlah banyak sekali, kemungkinan itu tanda haid pertama setelah melahirkan.

2. Aroma khas lokia berbeda

Lokia juga cenderung memiliki bau yang berbeda dengan bau darah pada umumnya.

Lokia mungkin memiliki bau yang agak “manis” karena baunya bercampur dengan sisa jaringan dari kehamilan.

Jika Anda menemukan keputihan dengan berbau busuk, maka segeralah periksakan diri ke dokter.

3. Jumlah lokia semakin banyak saat beraktivitas

Darah nifas atau lokia umumnya dapat keluar dalam jumlah yang lebih banyak saat melakukan aktivitas dan berkurang saat sedang istirahat.

Sementara darah menstruasi cenderung sama saat beraktivitas maupun beristirahat, meski terkadang jumlahnya bisa lebih sedikit saat sedang istirahat.

4. Menstruasi pertama pasca melahirkan mungkin lebih berat

Siklus menstruasi (mens) atau haid pertama setelah melahirkan atau usai masa nifas mungkin tidak langsung kembali lancar sama persis seperti sebelum hamil.

Menstruasi pertama setelah atau pasca melahirkan juga mungkin terasa lebih berat dari biasanya yang sudah pernah Anda alami.

Mungkin Anda akan mengeluhkan langsung merasa kram yang lebih berat dan sering di haid pertama setelah melahirkan atau usai masa nifas.

Hal ini mungkin terjadi karena rongga rahim menjadi lebih besar setelah kehamilan sehingga ada lebih banyak lapisan rahim yang harus diluruhkan selama menstruasi.

Selain itu, mens setelah melahirkan juga menimbulkan gumpalan darah kecil dan rasa sakit yang lebih dari biasanya.

Bahkan, lama siklus menstruasi setelah melahirkan bisa saja menjadi tidak beraturan.

Menstruasi Anda mungkin menjadi lebih sering dan cepat berulang ketimbang biasanya sebelum hamil dan melahirkan.

Selama tahun pertama setelah melahirkan, Anda bisa saja mengalami perubahan dalam jumlah perdarahan, waktu menstruasi yang lebih lama, dan siklus yang lebih panjang.

Semua hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan dan normal terjadi.

Kapan harus ke dokter?

Ivermectin adalah obat

Menurut Cleveland Clinic, kebanyakan siklus menstruasi wanita akan kembali normal setelah sekitar satu tahun pertama setelah atau pasca melahirkan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, faktor menyusui bayi atau tidak dapat menjadi penentu seberapa cepat masa menstruasi pertama setelah melahirkan datang kembali.

Sangat sulit untuk menentukan kapan waktu pasti dan jangka waktu atau jarak bagi Anda sampai mendapatkan haid (menstruasi) lagi setelah melahirkan.

Perhatikan bila Anda tidak sedang memberikan ASI eksklusif tetapi haid (menstruasi) belum atau tidak kunjung keluar dengan lancar setelah melahirkan.

Sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter agar dapat diketahui penyebab haid (menstruasi) pertama setelah melahirkan atau usai masa nifas tidak kunjung datang.

Siklus menstruasi atau datang bulan yang tidak teratur selama satu sampai tiga bulan di awal-awal sejak haid pertama setelah melahirkan masih normal terjadi.

Sebab selama kurun waktu tersebut, tubuh Anda masih mencoba untuk menyeimbangkan hormon pasca hamil dan persalinan.

Akan tetapi, bila siklus haid atau menstruasi yang tidak teratur setelah melahirkan selama beberapa bulan lamanya, sebaiknya dikonsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Dalam kasus yang jarang terjadi, komplikasi seperti masalah tiroid atau adenomiosis dapat menyebabkan perdarahan berat setelah melahirkan.

Kunjungi dokter apabila Anda merasa ada perubahan yang tidak wajar dan tidak teratur dalam siklus haid atau menstruasi pasca melahirkan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Normalkah Jika Darah Haid Saya Berwarna Cokelat?

Meski pada umumnya darah menstruasi berwarna merah pekat, ada beberapa warna darah haid yang perlu Anda waspadai. Ini mungkin berisiko pada kesehatan Anda

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Fakta Unik 10 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Kapan Kista Ovarium Dianggap Bahaya dan Harus Dioperasi?

Kista sebenarnya bukan masalah serius karena dapat hilang sendiri. Tapi, ada juga kista yang perlu perawatan khusus. Kapan kista ovarium harus dioperasi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 9 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Ada Bercak Darah Saat Tidak Sedang Haid? Ini Penyebabnya

Para perempuan tentu akan panik saat melihat adanya bercak darah padahal ia tidak sedang haid. Berikut arti dari bercak darah saat tidak sedang haid ini.

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Tips Sehat 14 Juli 2020 . Waktu baca 3 menit

Sebelum Ibu Hamil Melahirkan di Rumah Sakit, Perhatikan Dulu Hal Penting Ini

Penting untuk mengelola rasa panik saat menyetir untuk mengantar istri yang hendak melahirkan ke rumah sakit. Yuk, ketahui tips amannya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Melahirkan, Kehamilan 27 Juni 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

darah tinggi setelah melahirkan

Kenali Gejala dan Bahaya Tekanan Darah Tinggi Setelah Melahirkan

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
pantangan makan setelah melahirkan

4 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Dulu Setelah Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit
korset perut setelah melahirkan

Perlukah Memakai Korset Perut Setelah Melahirkan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 3 menit
pubertas atau masa puber

Ciri-Ciri Pubertas pada Remaja Perempuan dan Laki-laki

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 20 September 2020 . Waktu baca 12 menit