Seperti Apa Pola Menstruasi yang Normal Setelah Melahirkan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 11/05/2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Setelah Anda melahirkan, mungkin Anda akan bertanya-tanya kapan bisa kembali menstruasi dan apakah rasanya akan sama. Katanya, menstruasi setelah melahirkan terasa lebih sakit dibanding sebelumnya. Apakah benar? Seperti apa sih, menstruasi yang normal setelah melahirkan?

Kapan bisa menstruasi lagi setelah melahirkan?

Kapan tepatnya menstruasi kembali lagi setelah melahirkan akan berbeda-beda tiap ibu. Jika Anda menyusui ASI eksklusif, menstruasi pertama Anda mungkin akan datang dalam 6 bulan setelah melahirkan. Pasalnya, tubuh memproduksi banyak hormon prolaktin untuk mencukupi kebutuhan ASI. Hormon ono dapat menekan hormon reproduksi. Akibatnya, Anda tidak mengalami ovulasi (pelepasan sel telur untuk pembuahan) sehingga kemungkinan besar tidak akan mengalami menstruasi sampai selesai masa menyusui.

Jika Anda tidak menyusui, menstruasi pertama umumnya akan datang sekitar 6-8 minggu setelah melahirkan (rata-rata 45 hari setelah melahirkan).

Jika Anda melahirkan normal dan menstruasi pertama Anda datangnya cepat, dokter mungkin menyarankan Anda menghindari pakai pembalut atau tampon selama menstruasi. Hal ini karena tubuh masih dalam proses penyembuhan, dan pembalut atau tampon bisa berpotensi menyebabkan trauma.

Bagaimana normalnya menstruasi setelah melahirkan?

Setelah melahirkan, Anda akan mengalami perdarahan dan keputihan, baik untuk melahirkan secara normal ataupun caesar. Tubuh Anda akan terus mengeluarkan darah dan jaringan yang ada di rahim saat Anda hamil.

Dalam beberapa minggu pertama, mungkin darah akan keluar lebih padat dan dalam bentuk gumpalan. Setelah beberapa minggu, darah ini akan menjadi keputihan yang dikenal sebagai lokia. Lokia adalah cairan tubuh yang terlihat berwarna putih krem kemerahan. Keputihan ini akan berlanjut selama sekitar enam minggu, yaitu kira-kira waktu kembalinya menstruasi Anda setelah melahirkan, jika Anda tidak menyusui.

Jika keputihan tampak seperti lokia, lalu berhenti untuk beberapa waktu, dan kemudian Anda akan mengalami perdarahan, ini mungkin mulainya menstruasi Anda.

Jika Anda tidak yakin apakah perdarahan yang Anda alami berhubungan dengan kehamilan atau menstruasi Anda, ada beberapa cara untuk mengetahuinya, yaitu:

  • Lokia biasanya tidak berwarna merah terang di minggu pertama setelah melahirkan. Biasanya lebih cair dan bisa berair atau putih. Pendarahan berwarna merah terang yang terjadi enam minggu atau lebih setelah melahirkan lebih cenderung menjadi menstruasi.
  • Perdarahan yang terkait dengan kehamilan dapat meningkat dengan meningkatnya aktivitas Anda. Jika keputihan Anda meningkat seiring bertambahnya aktivitas Anda dan berkurang saat Anda lebih banyak istirahat, keputihan itu lebih mungkin termasuk lochia.
  • Lokia juga cenderung memiliki bau yang berbeda. Lokia mungkin memiliki bau yang “manis” karena baunya bercampur dengan sisa jaringan dari kehamilan. Jika Anda menemukan keputihan dengan berbau busuk, maka segeralah periksakan diri ke dokter.

Selain itu, mungkin siklus menstruasi Anda tidak akan sama seperti semula sebelum hamil. Menstruasi pertama setelah kehamilan juga mungkin akan lebih berat dari biasanya. Mungkin Anda akan mengalami kram yang lebih berat dan sering. Ini karena rongga rahim menjadi lebih besar setelah kehamilan, sehingga ada lebih banyak lapisan rahim yang harus diluruhkan selama menstruasi.

Selain itu, menstruasi setelah kehamilan akan menimbulkan gumpalan darah kecil, rasa sakit yang lebih dari biasanya, dan lama siklus menstruasi yang tidak teratur. Menstruasi Anda mungkin akan lebih sering dan lebih cepat berulang dari biasanya.

Selama tahun pertama setelah melahirkan, Anda akan mengalami perubahan lama menstruasi yang biasanya lebih lama, waktu antar siklus, dan intensitas perdarahan. Ini adalah hal yang normal, terutama jika Anda sedang menyusui.

Menurut Cleveland Clinic, kebanyakan siklus menstruasi wanita akan kembali noemal setelah tahun pertama setelah melahirkan.

Dalam kasus yang jarang terjadi, komplikasi seperti masalah tiroid atau adenomiosis dapat menyebabkan perdarahan berat setelah kehamilan. Kunjungi dokter apabila Anda merasa ada perubahan yang tidak wajar dalam siklus menstruasi setelah melahirkan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Peran Ayah dalam Membantu Ibu yang Mengalami Depresi Postpartum

Usai melahirkan tidak sedikit ibu yang mengalami depresi postpartum. Bagaimana peran ayah membantu ibu tercinta melewati depresi postpartum?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Psikologi 01/06/2020 . Waktu baca 6 menit

Apa Saja Penyebab dan Cara Mengatasi Migrain Saat Haid?

Siklus bulanan seperti haid tidak hanya membuat perut terasa kram, tapi juga bisa menyebabkan migrain. Simak penyebab migrain saat haid di bawah ini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Nyeri Kronis, Health Centers 18/05/2020 . Waktu baca 6 menit

Melahirkan di Rumah Sakit Saat Pandemi COVID-19, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Saat pandemi COVID-19, ibu hamil perlu mengikuti prosedur tindakan pencegahan sampai proses melahirkan selesai. Apa saja yang perlu siapkan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 14/05/2020 . Waktu baca 5 menit

Berapa Lama Masa Pakai Menstrual Cup?

Menggunakan menstrual cup lebih hemat biaya dan ramah lingkungan. Namun, sebenarnya berapa lama masa pakai menstrual cup yang ideal?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Perawatan Kewanitaan, Hidup Sehat 25/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bercak darah saat tidak sedang haid

Ada Bercak Darah Saat Tidak Sedang Haid? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit
ibu hamil melahirkan di rumah sakit

Sebelum Ibu Hamil Melahirkan di Rumah Sakit, Perhatikan Dulu Hal Penting Ini

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 27/06/2020 . Waktu baca 9 menit
depresi pasca melahirkan ayah

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit
asi tidak keluar

Penyebab dan Cara Mengatasi ASI yang Tidak Keluar Setelah Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020 . Waktu baca 10 menit