home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Haid Setelah Melahirkan: Berbagai Hal Penting yang Perlu Ibu Tahu

Kapan haid pertama datang lagi setelah melahirkan?|Kenapa ibu menyusui telat mengalami haid setelah melahirkan?|Bagaimana proses haid setelah melahirkan?|Kapan harus ke dokter?
Haid Setelah Melahirkan: Berbagai Hal Penting yang Perlu Ibu Tahu

Selama masa kehamilan, Anda tidak mengalami haid atau menstruasi kurang lebih sembilan bulan. Nantinya, Anda baru mendapatkan haid pertama setelah melahirkan atau usai masa nifas meski waktunya berbeda-beda pada setiap ibu.

Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai kapan waktu mengalami menstruasi (mens) lagi setelah melahirkan di masa nifas, siklus haid, maupun jangka waktu atau jarak periodenya.

Nah, supaya lebih jelas, mari simak semua hal seputar menstruasi atau datang bulan setelah melahirkan berikut ini!

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Metode kalkulasi

Durasi siklus haid

28 hari

Kapan haid pertama datang lagi setelah melahirkan?

lama masa menstruasi pendek haid setelah melahirkan

Kapan tepatnya haid kembali lagi setelah melahirkan normal atau caesar akan berbeda-beda pada setiap ibu.

Ada banyak faktor yang menentukan kapan ibu akan menstrusi kembali setelah melahirkan, misalnya kondisi tubuh ibu sendiri dan bagaimana ibu menyusui bayinya.

Jika Anda menyusui ASI eksklusif, haid pertama Anda mungkin akan datang dalam jangka waktu yang agak lama yakni sekitar 6-8 bulan setelah melahirkan.

Terlebih lagi bila bayi Anda rajin menyusu pagi dan malam hari diiringi produksi ASI yang keluar dengan lancar, biasanya mens pertama akan lebih lama datang.

Lain ceritanya bila ibu tidak memberikan ASI eksklusif kepada bayinya, mungkin menstruasi pertama bisa datang dalam waktu cepat hanya beberapa minggu setelah melahirkan.

Jika Anda tidak menyusui ASI esklusif, haid pertama umumnya akan datang dalam jangka waktu sekitar 5-12 minggu setelah melahirkan.

Siklus haid setelah melahirkan caesar atau normal, rata-rata kembali dalam jangka waktu atau jarak 45 hari.

Sementara berapa lama waktu menstruasi berlangsung setelah melahirkan tidak bisa diprediksi dan berbeda-beda dari masing-masing ibu.

Selama masa ini, ibu juga bisa melakukan perawatan setelah melahirkan normal maupun perawatan pasca operasi caesar, seperti perawatan luka SC.

Kenapa ibu menyusui telat mengalami haid setelah melahirkan?

mitos ibu menyusui

Selama masa pemberian ASI eksklusif, tubuh memproduksi banyak hormon prolaktin untuk mencukupi produksi ASI.

Jumlah produksi hormon prolaktin yang cukup banyak ini dapat menekan produksi hormon yang mendukung proses ovulasi (pelepasan sel telur untuk pembuahan).

Akibatnya, Anda tidak mengalami ovulasi sehingga kemungkinan besar juga tidak akan mengalami menstruasi setelah melahirkan sampai masa menyusui selesai.

Masa haid pertama setelah melahirkan biasanya baru datang kembali saat ibu tidak lagi memberikan ASI eksklusif kepada bayinya.

Semakin lama ibu belum mengalami menstruasi setelah melahirkan, semakin kecil pula kemungkinan untuk bisa hamil kembali.

Atas dasar inilah mengapa menyusui ASI eksklusif setelah melahirkan dinilai dapat menjadi upaya menunda kehamilan lagi untuk sementara waktu.

Pencegahan kehamilan dengan cara menyusui tanpa menstruasi usai persalinan dikenal dengan nama metode amenore laktasi.

Bagaimana proses haid setelah melahirkan?

menstruasi sedikit darah haid sedikit

Ibu umumnya mengalami perdarahan dan keputihan setelah melahirkan, baik usai melahirkan normal maupun melalui operasi caesar.

Perdarahan normal ini dikenal dengan nama lokia atau darah nifas yang memang terjadi di masa nifas.

Setelah melahirkan, tubuh Anda akan terus mengeluarkan darah dan jaringan yang ada di dalam rahim sebagai sisa saat kehamilan sebelumnya.

Darah yang keluar dalam beberapa minggu awal pasca persalinan mungkin padat dan berbentuk seperti gumpalan.

Setelah beberapa minggu kemudian, darah yang keluar berubah menjadi keputihan.

Keputihan ini akan berlanjut selama sekitar enam minggu, yakni kira-kira waktu kembalinya menstruasi Anda setelah melahirkan bila tidak menyusui ASI.

Jika keputihan berhenti untuk beberapa waktu dan Anda mengalami perdarahan banyak sekali, ini mungkin tanda mulainya haid pertama setelah melahirkan.

Berikut beberapa hal yang perlu ibu perhatikan saat mengalami perdarahan maupun haid pertama setelah melahirkan:

1. Lokia berwarna terang

Lokia atau darah nifas biasanya tidak berwarna merah terang di minggu pertama setelah melahirkan.

Biasanya, lokia atau darah nifas lebih cair dan tidak sekental darah pada umumnya.

Lokia tidak sama dengan perdarahan postpartum. Pasalnya perdarahan postpartum terkadang tidak normal dan menandakan komplikasi persalinan.

Lokia atau darah nifas yang keluar di masa awal pascapersalinan biasanya berwarna merah terang yang berangsur-angsur berubah menjadi kecokelatan.

Baru sekitar 40 hari setelah melahirkan, lokia atau darah nifas pelan-pelan mulai hilang.

Bila dalam kurun waktu 40 hari atau 6 minggu Anda mengalami perdarahan dalam jumlah banyak sekali, kemungkinan itu tanda haid pertama setelah melahirkan.

2. Aroma khas lokia berbeda

Lokia juga cenderung memiliki bau yang berbeda dengan bau darah pada umumnya.

Lokia mungkin memiliki bau yang agak “manis” karena baunya bercampur dengan sisa jaringan dari kehamilan.

Jika Anda mengalami keputihan berbau busuk, segera periksakan diri ke dokter.

3. Jumlah lokia semakin banyak saat beraktivitas

Darah nifas atau lokia umumnya dapat keluar dalam jumlah yang lebih banyak saat melakukan aktivitas dan berkurang saat sedang istirahat.

Sementara darah menstruasi cenderung sama saat beraktivitas maupun beristirahat, meski terkadang jumlahnya bisa lebih sedikit saat sedang istirahat.

4. Menstruasi pertama pascamelahirkan mungkin lebih berat

Siklus menstruasi pertama setelah melahirkan atau usai masa nifas, mungkin tidak langsung kembali lancar sama persis seperti sebelum hamil.

Menstruasi pertama setelah melahirkan juga mungkin terasa lebih berat dari biasanya.

Mungkin Anda akan merasa kram yang lebih berat dan sering di haid pertama setelah melahirkan atau usai masa nifas.

Hal ini terjadi karena rongga rahim menjadi lebih besar setelah kehamilan, sehingga ada lebih banyak lapisan rahim yang harus diluruhkan selama menstruasi.

Selain itu, menstruasi setelah melahirkan juga menimbulkan gumpalan darah kecil disertai rasa sakit yang lebih kuat dari sebelumnya.

Bahkan, lama siklus menstruasi setelah melahirkan bisa saja menjadi tidak beraturan.

Menstruasi Anda mungkin menjadi lebih sering dan cepat berulang ketimbang biasanya sebelum hamil dan melahirkan.

Selama tahun pertama setelah melahirkan, Anda bisa saja mengalami perubahan dalam jumlah perdarahan, waktu menstruasi yang lebih lama, dan siklus yang lebih panjang.

Semua hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan dan normal terjadi.

Kapan harus ke dokter?

Ivermectin adalah obat

Menurut Cleveland Clinic, kebanyakan siklus menstruasi wanita akan kembali normal setelah sekitar satu tahun pertama pascamelahirkan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, faktor menyusui bayi atau tidak dapat menjadi penentu seberapa cepat masa menstruasi pertama setelah melahirkan datang kembali.

Sangat sulit untuk menentukan kapan waktu pasti dan jangka waktu Anda sampai mendapatkan menstruasi lagi setelah melahirkan.

Perhatikan bila Anda tidak sedang memberikan ASI eksklusif tetapi haid belum atau tidak kunjung keluar dengan lancar setelah melahirkan.

Sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter agar dapat diketahui penyebab haid pertama setelah melahirkan tidak kunjung datang.

Siklus menstruasi yang tidak teratur selama satu sampai tiga bulan di awal-awal sejak haid pertama setelah melahirkan masih normal terjadi.

Sebab selama kurun waktu tersebut, tubuh Anda masih mencoba untuk menyeimbangkan hormon pascahamil dan persalinan.

Akan tetapi, bila siklus haid atau menstruasi yang tidak teratur setelah melahirkan berlangsung selama beberapa bulan, sebaiknya dikonsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Dalam kasus yang jarang terjadi, komplikasi seperti masalah tiroid atau adenomiosis dapat menyebabkan perdarahan berat setelah melahirkan.

Kunjungi dokter apabila Anda merasa ada perubahan yang tidak wajar dan tidak teratur dalam siklus haid pascamelahirkan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

When will my periods start again after pregnancy?. Retrieved 28 September 2020, from https://www.nhs.uk/chq/Pages/943.aspx?CategoryID=54

How Do Your Periods Change After Pregnancy?. Retrieved 28 September 2020, from https://health.clevelandclinic.org/will-your-periods-change-after-pregnancy/

 When Will My Periods Start After I’ve Had My Baby?. Retrieved 28 September 2020, from https://www.babycentre.co.uk/x553493/when-will-my-periods-start-after-ive-had-my-baby

Your Body After Baby: The First 6 Weeks. Retrieved 28 September 2020, from https://www.marchofdimes.org/pregnancy/your-body-after-baby-the-first-6-weeks.aspx

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri pada 28/01/2021
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
x