Cara Medis dan Alami untuk Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 03/02/2020
Bagikan sekarang

Menghilangkan stretch mark setelah melahirkan memang bukan perkara mudah. Ya, masalah yang satu ini tampaknya cukup umum dialami oleh para ibu yang baru melahirkan. Adanya stretch mark kerap dikeluhkan oleh para ibu baru karena dinilai mengganggu penampilan sekaligus menurunkan kepercayaan diri.

Itu sebabnya, tidak heran kalau setelah melahirkan, menghilangkan stretch mark menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi wanita. Lantas, apa upaya yang harus dilakukan untuk menghilangkan stretch mark di kulit setelah melahirkan?

Kenapa stretch mark muncul setelah melahirkan?

menghilangkan stretch mark di peerut saat hamil

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan, sebaiknya ketahui dulu alasan munculnya stretch mark ini.

Stretch mark atau dikenal juga sebagai striae merupakan permasalahan yang umum dialami oleh para ibu setelah hamil dan melahirkan. Kebanyakan wanita menyadari kemunculan stretch mark sejak saat hamil.

Meski begitu, ada juga wanita yang mengalami kemunculan stretch mark usai melahirkan. Tampilan stretch mark biasanya berwarna putih, merah keunguan, atau bahkan cokelat agak kemerahan tergantung dari warna kulit Anda.

Kemunculan stretch mark setelah melahirkan biasanya mudah Anda temui di area bawah perut, pinggul, dan paha bagian dalam. Perkembangan stretch mark pasca hamil dan melahirkan bisa disebabkan oleh proses peregangan dan penyusutan kulit dalam waktu cepat.

Ketika Anda hamil, kulit di beberapa bagian tubuh meregang seiring dengan membesarnya ukuran perut. Perubahan kulit tersebut membuat kandungan kolagen yang ada di dalamnya pecah.

Sampai akhirnya Anda melahirkan dan ukuran kulit kembali, tanda-tanda stretch mark justru muncul. Bahkan sebenarnya, stretch mark sudah mulai bisa terlihat sejak masa kehamilan.

Meski tampaknya cukup umum, tidak semua ibu yang pernah hamil dan melahirkan pasti memiliki stretch mark. Hadirnya stretch mark juga dipengaruhi oleh kenaikan berat badan dan tingkat hormon di dalam tubuh.

Melansir dari American Academy of Dermatology, Anda berisiko tinggi memiliki stretch mark apabila anggota keluarga Anda juga memilikinya.

Pada dasarnya, stretch mark tidak menimbulkan rasa sakit. Hanya saja, tidak sedikit wanita yang merasa terganggu sehingga mencari berbagai upaya untuk menghilangkan stretch mark setelah melahirkan.

Apakah stretch mark bisa hilang setelah melahirkan?

perbedaan selulit dan stretch mark

Belum ada cara yang benar-benar ampuh untuk mencegah munculnya stretch mark saat hamil. Ketika sudah muncul, menghilangkan stretch mark setelah melahirkan bisa dibilang tidak segampang membalikkan telapak tangan.

Menurut Mayo Clinic, stretch mark tidak akan langsung hilang dalam waktu cepat setelah Anda selesai melahirkan. Akan tetapi, butuh waktu dan cara tertentu untuk menghilangkan atau setidaknya memudarkan stretch mark setelah melahirkan.

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa penggunaan krim, losion, salep, atau minyak dapat menghilangkan stretch mark setelah melahirkan. Nyatanya, pemakaian krim, losion, salep, serta minyak sebenarnya bertujuan untuk membuat kulit yang mengalami stretch mark jadi lebih halus.

Butuh waktu beberapa bulan atau bahkan tahun untuk menghilangkan atau setidaknya menyamarkan stretch mark setelah melahirkan menjadi lebih halus mendekati warna kult.

Lama waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan atau menyamarkan stretch mark setelah melahirkan dapat berbeda-beda pada setiap orang.

Pasalnya, sifat genetik juga ikut berperan dalam pembentukan stretch mark di kulit. Tak hanya itu, faktor genetik juga memengaruhi lamanya waktu menghilangkan stretch mark, termasuk setelah hamil dan melahirkan.

Cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan

krim pemutih merusak saraf

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, menghilangkan stretch mark setelah melahirkan memang tidak bisa dilakukan secara instan atau cepat.

Namun setidaknya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyamarkan tampilan stretch mark perlahan-lahan setelah hamil dan melahirkan.

Berikut upaya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stretch mark setelah melahirkan:

1. Eksfoliasi

Salah satu cara sederhana untuk meyamarkan hingga menghilangkan stretch mark setelah melahirkan, khususnya yang berwarna putih, yakni dengan rutin melakukan eksfoliasi kulit.

Eksfoliasi sebagai cara menyamarkan stretch mark setelah melahirkan akan membantu menghilangkan penumpukan sel kulit mati yang berlebih.

Selain itu, menghilangkan stretch mark setelah melahirkan dengan cara eksfoliasi kulit juga membantu membuat kulit jauh lebih halus setelahnya.

2. Perawatan dengan krim topikal

Di samping menggunakan metode eksfoliasi, Anda juga bisa rutin memakai krim, salep, atau losion untuk membantu menyamarkan atau menghilangkan stretch mark setelah melahirkan. Terutama apabila Anda ingin menghilangkan jenis stretch mark yang berwarna putih setelah melahirkan.

Lagi-lagi, penting untuk dipahami bahwa penggunaan krim topikal ini secara teratur mungkin tidak benar-benar mampu menghilangkan stretch mark setelah melahirkan.

Namun setidaknya, penggunaan krim topikal dapat membantu menyamarkan guratan-guratan stretch mark di tubuh Anda.

Sebelum menggunakan krim topikal guna menghilangkan stretch mark setelah melahirkan, American Academy of Dermatology menganjurkan Anda untuk memerhatikan beberapa hal, seperti:

  • Usahakan untuk menggunakan produk oles sejak stretch mark baru muncul. Ini karena efek pengobatan topikal tidak begitu ampuh pada stretch mark yang sudah lama muncul.
  • Pijat produk oles ini ke seluruh area kulit yang mengalami stretch mark setelah melahirkan untuk membantu menghilangkan keberadaannya.
  • Gunakan produk oles secara rutin setiap hari.

Tak lupa, selalu konsultasikan penggunaan produk topikal guna menghilangkan stretch mark setelah melahirkan dengan dokter Anda.

Pasalnya, beberapa jenis krim topikal mungkin tidak dianjurkan di masa baru melahirkan atau menyusui.

3. Prosedur laser

Tindakan medis lain yang bisa Anda laukan untuk untuk menyamarkan atau menghilangkan stretch mark setelah melahirkan yaitu terapi laser. Laser bekerja dengan cara masuk menembus kulit sampai akhirnya memicu proses regenerasi kulit.

Lebih rincinya, terapi laser merangsang produksi melanin di area kulit yang memiliki stretch mark setelah melahirkan sekaligus mengaktifkan sel-sel pigmen kulit untuk menghilangkan guratan tersebut. Alhasil, lama kelamaan stretch mark akan menyatu dengan warna kulit Anda.

Meski laser membantu merangsang jaringan di sekitar stretch mark untuk pudar dan hilang lebih cepat, butuh lebih dari satu kali sesi laser untuk menghilangkan stretch mark setelah melahirkan.

Prosedur laser untuk menghilangkan stretch mark mungkin belum diperbolehkan untuk dilakukan langsung setelah baru selesai melahirkan. Anda bisa mengonsultasikan lebih lanjut dengan dokter sebelum menjalani prosedur laser guna menghilangkan stretch mark setelah melahirkan.

Bahan alami menghilangkan stretch mark setelah melahirkan

Stretch mark sebenarnya tidak bisa sepenuhnya dihilangkan secara instan, apalagi dengan bahan alami. Akan tetapi, selain dengan prosedur medis, tampilan stretch mark ini bisa dipudarkan seiring berjalannya waktu dengan bantuan bahan alami.

Memang, belum ada bukti ilmiah mengenai seberapa efektif bahan-bahan tersebut untuk membantu menghilangkan stretch mark setelah melahirkan.

Namun, bila Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan di bawah ini, Anda bisa mencobanya dengan aman.

1. Minyak zaitun, castor, dan kelapa

extra virgin olive oil

Minyak zaitun, castor, dan kelapa berfungsi untuk melembapkan dan mengeksfoliasi kulit (mengangkat sel kulit mati). Pijatan dengan minyak zaitun bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menyamarkan hingga menghilangkan stretch mark setelah melahirkan.

Berikut cara menggunakan minyak zaitun, untuk menghilangkan atau setidaknya menyamarkan stretch mark setelah melahirkan:

  • Ambil sedikit minyak di telapak tangan dan pijat lembut di area yang muncul stretch mark.
  • Diamkan selama 30 menit agar vitamin A, D, dan E dalam minyak terserap ke dalam kulit.
  • Mandilah setelah dipijat.
  • Lakukan secara teratur.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba menggunakan minyak castor menghilangkan atau setidaknya menyamarkan stretch mark setelah melahirkan dengan cara:

  • Oleskan minyak castor pada tangan dan pijat lembut area yang mengalami stretch mark tersebut. Lakukan gerakan pijat memutar sekitar 5-10 menit.
  • Tutup area tersebut dengan kantong plastik bersih dan tempelkan botol air panas di atasnya selama 30 menit.
  • Gerakkan botol tersebut, tidak hanya pada satu area saja. Panas akan membuka pori-pori dan minyak bisa lebih mudah terserap ke dalam pori-pori.
  • Bersihkan area yang diberikan minyak dan ulangi setiap hari.

Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan atau setidaknya menyamarkan stretch mark setelah melahirkan, dengan cara:

  • Ambil minyak kelapa murni secukupnya dan oleskan ke bagian stretch mark.
  • Pijat bagian stretch mark dengan minyak ini selama setidaknya 30 menit.
  • Lakukan secara teratur.

2. Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya membantu mempercepat proses penyembuhan dan memiliki efek yang menenangkan untuk kulit.

Anda bisa menggunakan gel lidah buaya untuk membantu mempercepat proses memudarkan atau menghilangkan stretch mark setelah melahirkan. Caranya cukup gosokkan langsung gel lidah buaya ke kulit dan diamkan selama 15 menit.

Pada tahap akhir menggunakan gel lidah buaya untuk menghilangkan stretch mark setelah melahirkan, Anda hanya perlu membilasnya dengan air hangat.

3. Madu

minum madu

Anda juga bisa menghilangkan stretch mark setelah melahirkan dengan menggunakan bantuan madu asli. Penggunaan madu sebagai cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan bisa Anda lakukan dengan scrubbing.

Campurkan madu dengan garam dan gliserin. Kemudian oleskan pada bagian stretch mark yang ingin Anda hilangkan. Biarkan hingga kering dan bilas bersih menggunakan air.

4. Putih telur

Putih telur mengandung protein yang bisa membantu peremajaan sel kulit dan membantu meregenerasi kulit sehingga tampak lebih cerah. Itu sebabnya, putih telur berpotensi menjadi salah satu cara untuk menghilangkan atau setidaknya menyamarkan stretch mark setelah melahirkan.

Berikut cara menggunakan putih telur untuk menghilangkan atau setidaknya memudarkan stretch mark setelah melahirkan:

  • Kocok putih telur.
  • Bersihkan dahulu bagian stretch mark yang akan diolesi putih telur.
  • Olesi kulit yang muncul stretch mark dengan kuas.
  • Biarkan kering lalu bilas menggunakan air dingin.
  • Selanjutnya, oles minyak zaitun untuk menjaga kulit tetap lembap dan kenyal.

Ulangi cara ini setiap hari untuk membantu mencerahkan kulit Anda dan menghilangkan warna stretch mark secara perlahan-lahan setelah melahirkan.

5. Gula

mitos tentang gula

Anda juga bisa menghilangkan atau memudarkan warna stretch mark setelah melahirkan dengan menggunakan gula di rumah.

Jadikan gula sebagai scrub yang akan mengangkat sel kulit mati di atas stretch mark Anda sehingga warna stretch mark akan semakin pudar.

Berikut cara menggunakan gula untuk menghilangkan atau setidaknya menyamarkan stretch mark setelah melahirkan:

  • Ambil satu sendok teh gula, campurkan dengan minyak pijat dan beberapa tetes perasan lemon.
  • Gosokkan campuran tersebut setiap sebelum mandi.
  • Lakukan ini secara teratur sebelum mandi dan membilas tubuh.

6. Perasan lemon

air lemon untuk maag

Sifat asam dari lemon berpotensi membantu menyamarkan atau menghilangkan stretch mark setelah melahirkan. Menggunakan lemon untuk menghilangkan atau setidaknya menyamarkan stretch mark setelah melahirkan terbilang cukup mudah.

Anda hanya perlu menggosokkan perasan sari lemon selama 10 menit pada area yang terdapat stretch mark. Selanjutnya, bilas air lemon menggunakan air hangat.

Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menghilangkan stretch mark setelah melahirkan.

Namun, penting untuk segera menghentikan penggunaan air lemon untuk menghilangkan stretch mark setelah melahirkan apabila kulit Anda mengalami gejala iritasi.

7. Kentang

Kentang mengandung polifenol dan karotenoid yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit. Untuk memudarkan atau menghilangkan stretch mark yang timbul setelah hamil dan melahirkan, Anda bisa mencoba memanfaatkan kentang.

Berikut cara menghilangkan atau setidaknya menyamarkan stretch mark setelah melahirkan menggunakan kentang:

  • Potong kentang menjadi dua.
  • Gosokkan setengah kentang di atas stretch mark.
  • Diamkan dahulu hingga mengering, kemudian bilas menggunakan air hangat.

Penggunaan bahan-bahan alami untuk membantu menghilangkan atau paling tidak memudarkan stretch mark setelah hamil dan melahirkan mungkin tidak selalu efektif untuk setiap wanita.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan bahan alami sebagai cara untuk menghilangkan stretch mark setelah melahirkan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bagaimana Stretch Mark pada Pria Bisa Muncul?

Tidak hanya wanita, stretch mark pun bisa dialami oleh pria. Lalu, bagaimana stretch mark bisa muncul pada pria? Apa saja yang menyebabkannya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila

Kerutan Mulai Muncul di Wajah? Yuk, Gunakan Lidah Buaya untuk Menyamarkannya

Lidah buaya memang dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit wajah. Namun, apa benar lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan kerutan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Hidup Sehat 22/02/2020

Menyamarkan Garis Stretch Mark dengan Lidah Buaya Plus Cara Mengolahnya

Menghilangkan garis halus pada kulit, yaitu stretch mark dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah lidah buaya. Bagaimana caranya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Khasiat Lidah Buaya untuk Menghilangkan Ketombe dan Cara Menggunakannya

Satu di antara banyaknya bahan alami yang digadang-gadang dapat menghilangkan ketombe adalah lidah buaya. Seperti apa cara menggunakannya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu

Direkomendasikan untuk Anda

pengganti mentega

5 Bahan Pengganti Mentega untuk Membuat Kue yang Lebih Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020

3 Kreasi Hidangan Olahan Lidah Buaya Nan Menyegarkan

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
minyak kelapa memengaruhi testosteron

Benarkah Minyak Kelapa Memengaruhi Hormon Testosteron Pria?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020
mencegah stretch mark saat hamil

Mungkinkah Mencegah Stretch Mark Saat Hamil?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020