Apakah Wanita yang Punya Rahim Terbalik (Retroverted) Tetap Bisa Hamil?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum.

Rahim adalah organ reproduksi yang berperan penting dalam proses kehamilan. Sayangnya, beberapa wanita rahimnya tidak berada pada posisi yang normal, seperti kasus rahim terbalik (retroverted). Apa itu rahim terbalik dan apakah wanita yang memiliki rahim terbalik memungkinkan untuk bisa hamil? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu rahim terbalik?

Rahim terbalik atau istilah medisnya disebut dengan retroverted uterus adalah kondisi ketika rahim seorang wanita sedikit miring ke arah belakang panggul. Padahal, normalnya rahim wanita cenderung akan condong ke arah perut atau tegak terhadap panggul. Sekitar 20 persen wanita di seluruh dunia diperkirakan memiliki rahim terbalik.

Dalam banyak kasus, rahim terbalik merupakan bentuk variasi anotomi bawaan yang normal pada wanita. Seperti halnya perbedaan mata dan warna rambut yang beragam pada setiap wanita.

Posisi rahim retroverted
Posisi rahim retroverted

Meski begitu, wanita bisa saja mengalami kondisi rahim retroverted ketika ligamen rahimnya meregang dan mengendur karena menopause, kehamilan, ataupun proses persalinan. Kondisi medis tertentu seperti endometriosis, fibroid, dan penyakit radang panggul yang meninggalkan jaringan parut pada organ reproduksi wanita juga bisa menyebabkan rahim retroverted.

Apa saja gejala yang ditimbulkan apabila seorang wanita memiliki rahim terbalik?

Banyak wanita tidak menyadari mereka memiliki rahim retroverted karena kondisi ini umumnya tidak menyebabkan gejala apapun. Seringnya wanita baru menyadari memiliki rahim terbalik ketika mereka melakukan pemeriksaan kesehatan karena sedang menjalani program hamil.

Selain itu, seorang wanita juga baru menyadari memiliki kondisi ini ketika merasakan adanya keluhan rasa sakit saat berhubungan seksual dan menstruasi, infeksi saluran kencing, dan inkontinensia urin (susah menahan kencing).

Apa wanita dengan rahim terbalik akan susah hamil?

Banyak wanita percaya bahwa rahim retroverted akan memengaruhi kemampuan mereka untuk bisa hamil karena kondisi ini menyebabkan sperma lebih sulit mencapai sel telur. Padahal, posisi rahim biasanya tidak memengaruhi kesuburan seorang wanita. Jadi, memiliki rahim yang terbalik seharusnya tidak memengaruhi kemampuan wanita untuk bisa hamil.

Meski begitu, dalam beberapa kasus, ada hubungan tidak langsung antara ketidaksuburan dan rahim yang terbalik. Jika kondisi ini disebabkan oleh endometriosis, penyakit radang panggul, dan masalah lainnya yang meninggalkan bekas jaringan parut di tuba fallopi atau rahim, hal tersebut dapat menyulitkan sperma untuk mencapai sel telur – yang pada akhirnya dapat mempersulit Anda untuk hamil.

hamil lagi setelah caesar

Tips cepat hamil bagi Anda yang memiliki rahim terbalik

1. Ubah posisi seks

Pada dasarnya posisi seks apapun berpeluang membuat Anda hamil. Namun salah satu posisi seks yang meningkatkan peluang cepat hamil jika Anda memiliki rahim terbalik adalah doggy style.

Pasalnya, posisi seks satu ini membuat pria dapat melakukan penetrasi lebih dalam sehingga memungkinkan mereka untuk “menempatkan” spermanya tepat di sebelah leher rahim wanita.

Selain doggy style, posisi missionaris dan women on top juga dipercaya dapat membantu seorang wanita cepat hamil. Jika rahim retroverterd yang Anda alami bukan disebabkan karena kondisi medis tertentu, Anda seharusnya tidak akan merasa sakit atau tidak nyaman saat berhubungan seks. Namun, bila Anda merasakan sakit saat berhubungan seks, segeralah beri tahu dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

2. Hindari stres

Mencoba hamil bukan hanya soal posisi seks saja. Pasalnya, berhubungan seks agar cepat hamil sebenarnya akan besar tergantung pada waktu dan frekuensi. Yang tidak kalah penting, nikmatilah setiap variasi dalam kehidupan seks Anda dan buat seks selalu menjadi aktivitas menyenangkan saat Anda sedang mencoba untuk hamil. Jadi, saat Anda dan pasangan sedang mencoba hamil, hindari stres fisik dan mental demi kesuksesan program hamil Anda.

Selain itu, meski bukan solusi permanen, meletakkan lutut di dada sambil berbaring dapat membantu menggerakan rahim sementara ke posisi yang lebih nyaman.

Bagaimana bila masih belum berhasil juga?

Sebaiknya Anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli kesuburan untuk mengetahui apa yang menyebabkan Anda sulit hamil. Bila memang posisi rahim ini perlu diperbaiki, beberapa pengobatan yang sering direkomendasikan oleh dokter untuk memperbaiki posisi rahim Anda di antaranya:

Pesarium

Pesarium adalah alat yang ditempatkan di vagina yang digunakan untuk menopang dinding vagina, rahim, dan  struktur panggul lainnya. Selain itu, alat ini juga bisa membantu memperbaiki posisi rahim Anda sementara. Pasalnya, rahim Anda akan kembali ke posisi semula begitu alat ini diangkat.

Operasi

Untuk beberapa wanita, operasi mungkin diperlukan untuk memperbaiki posisi rahim Anda. Perawatan ini juga dapat mengurangi rasa sakit saat berhubungan seksual. Meskipun demikian, Anda tetap disarankan untuk segera ke dokter guna melakukan pemeriksaan rutin dan mencegah masalah pada rahim Anda.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca