Minum Pil KB dalam Jangka Panjang Mempersulit Kehamilan, Benar Atau Tidak?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: Hello Sehat Medical Review Team

Sampai saat ini belum ada bukti yang menyatakan kalau risiko pil KB dalam jangka panjang bisa bermasalah dengan kesuburan. Namun, beberapa perempuan mengalami gangguan kecil pada siklus menstruasi mereka setelah berhenti menggunakan pil KB (kondisi ini dinamakan post-pill amenorrhea). Akan tetapi, biasanya hal ini disebabkan oleh masalah lain (yang sebenarnya belum diketahui secara pasti) yang sama sekali tidak berhubungan dengan pil – seperti contohnya, kekurangan berat badan atau mengalami stress berat.

Faktanya, menggunakan pil KB bisa mencegah Anda dari penyakit seperti kanker ovarium dan kanker rahim, yang bisa menyebabkan ketidaksuburan. Para peneliti membuktikan bahwa penggunaan pil jangka panjang dapat memperbaiki gejala ofendometriosis, suatu kondisi yang bisa menyebabkan perdarahan tidak normal saat menstruasi dan berujung pada ketidaksuburan. Pil KB juga terbukti bisa mengurangi risiko terjadinya kehamilan ektopik – ketika sel telur yang telah dibuahi menempel di luar rahim, biasanya di tuba fallopi, yang sayangnya kehamilan ektopik ini tidak berujung pada kelahiran yang sukses.

Beberapa dokter menyarankan agar secepatnya mencoba hamil setelah berhenti menggunakan pil, tapi ada baiknya menunggu dulu hingga Anda mendapatkan menstruasi pertama (biasanya 4-6 minggu setelah berhenti menggunakan pil) karena dengan ini Anda akan mengetahui apakah Anda berovulasi. Bila Anda belum juga menstruasi setelah 2 bulan penghentian penggunaan pil, hubungi dokter Anda untuk kemungkinan masalah lain yang perlu diketahui lebih lanjut.

Tapi meskipun jika Anda kemudian langsung hamil setelah berhenti menggunakan kontrasepsi hormonal, tak perlu risau. Penelitian membuktikan bahwa Anda tidak perlu khawatir tentang adanya sisa-sisa hormon pada bayi Anda nanti.

Ingatlah untuk selalu membicarakan hal ini pada dokter Anda sebelum berhenti menggunakan kontrasepsi hormonal.

Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca