Kapan Saya Bisa Mulai Program Hamil Jika Punya PCOS?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

PCOS atau sindrom ovarium polikistik adalah gangguan hormon yang sering menyerang wanita usia subur. Kondisi ini menyebabkan siklus menstruasi jadi tidak teratur sehingga pengidap PCOS sulit hamil. Namun jangan berkecil hati dulu. Peluang Anda untuk hamil meski memiliki PCOS bisa tetap terbuka dengan tersedianya berbagai pilihan pengobatan medis. Nah, pertanyaan yang selanjutnya hadir adalah, harus tunggu berapa lama agar wanita dengan PCOS bisa hamil? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Berapa lama wanita dengan PCOS bisa hamil?

hydrosalphix, gangguan fungsi tuba fallopi penyebab wanita sulit hamil

Menjawab pertanyaan kapan wanita dengan PCOS bisa hamil tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak sekali faktor penentu yang harus dipertimbangkan baik-baik. Contohnya adalah usia Anda dan pasangan, kondisi kesehatan Anda dan pasangan, hingga faktor risiko masalah kesuburan lainnya yang mungkin Anda atau pasangan miliki tanpa diketahui sebelumnya. Lalu, Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana kondisi PCOS Anda sendiri. Apakah dikelola dengan baik sehingga gejalanya membaik, atau malah semakin memburuk?

Maka sebenarnya, seberapa besar peluang sukses hamil dan seberapa cepat seorang wanita dengan PCOS bisa langsung hamil akan berbeda dengan pasangan yang lain.

Sebagai gambaran umum mengutip dari laman Verywell Health, jika Anda wanita yang saat ini berusia kurang dari 35 tahun, sehat walafiat dalam artian tidak memiliki kondisi atau masalah kesehatan lain yang memengaruhi kesuburan Anda, memiliki siklus menstruasi yang cukup teratur meski punya PCOS, dan suami Anda juga tidak memiliki faktor risiko masalah kesuburan, kemungkinan Anda bisa hamil dalam waktu satu tahun setelah mencoba atau bahkan bisa lebih cepat lagi.

Beda skenarionya jika Anda atau pasangan Anda mungkin diketahui memiliki faktor risiko masalah kesuburan tertentu. Misalnya, Anda memiliki masalah spesifik pada rahim Anda atau jumlah sperma prianya rendah. Maka peluang wanita dengan PCOS bisa hamil mungkin butuh waktu lebih lama dari setahun.

Kesuburan kita juga secara alami menurun semakin usia bertambah tua, mulai usia 35 tahun ke atas untuk wanita dan pada usia 40 tahun untuk pria.

Bisakah membuat jadwal menstruasi lebih teratur kalau punya PCOS?deteksi kanker payudara obesitas

Salah satu penyebab kenapa wanita PCOS sulit hamil adalah karena gangguan hormon tersebut menyebabkan tubuh kesulitan mengelola produksi insulin sehingga mengakibatkan peningkatan berat badan berlebih atau obesitas.

Wanita pengidap PCOS yang memiliki berat badan berlebih dilaporkan memiliki masa ovulasi yang tidak teratur. Bahkan tak menutup kemungkinan akan sulit bagi tubuhnya untuk memproduksi sel telur. Itu kenapa beberapa wanita dengan PCOS bisa tidak menstruasi sama sekali. Jika tidak ada sel telur yang diproduksi, maka pembuahan pun tidak akan bisa terjadi meski sperma sudah masuk ke dalam tubuh wanita.

Nah, cara paling efektif untuk mengembalikan siklus menstruasi yang normal agar Anda bisa berovulasi lebih lancar adalah dengan menurunkan berat badan. Mengubah pola makan Anda dengan mengonsumsi sayuran dan buah serta melakukan olahraga teratur bisa membantu Anda mencapai gol berat badan yang ideal. Pasalnya kondisi tubuh yang bugar dapat mempengaruhi kesuburan. Setidaknya mengurangi 5-10% dari total berat badan yang sekarang bisa memperbaiki siklus ovulasi Anda.

Meskipun begitu, ingat bahwa bukan berarti dengan menurunkan berat badan Anda langsung bisa hamil. Anda tetap perlu pertimbangkan berbagai hal seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

pergi ke dokter kandungan

Pada umumnya, dokter menyarankan agar segera konsultasi jika Anda wanita berusia kurang dari 35 tahun, memiliki masalah terkait siklus menstruasi atau kesuburannya, dan belum hamil juga setelah satu tahun sudah rutin berhubungan seks dengan pasangan. Begitu pula jika Anda di atas 35 tahun belum hamil setelah 6 bulan rutin berhubungan seks sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca