Panduan Menghadapi Vertigo Saat Hamil

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Vertigo adalah sensasi tubuh goyah, kepala kliyengan, hingga merasa lingkungan di sekitarnya berputar atau melayang-layang. Gejala-gejala ini membuat Anda kesulitan berdiri atau berjalan hingga menyebabkan mual dan muntah. Vertigo dapat dialami oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Vertigo saat hamil akan membuat tubuh Anda seolah-olah akan terjatuh karena pusing.

Vertigo saat hamil sangat menganggu dan tentu berisiko bagi kandungan. Lalu bagaimana cara mengatasi vertigo saat hamil? Yuk, pelajari serba-serbi verigo saat hamil dan cara menghadapinya di bawah ini.

Apa saja penyebab vertigo saat hamil?

1. Perubahan posisi secara mendadak

Braxton Hicks

Vertigo saat hamil bisa terjadi karena Anda mengubah posisi secara mendadak. Misalnya saja perubahan posisi kepala dari posisi tegak menjadi menunduk tiba-tiba, bangun dari tidur tiba-tiba, dan gerakan mendongakkan kepala.

Saat Anda melakukan gerakan kepala, bagian telinga dalam akan memberi tahu di mana posisi kepala Anda berada lalu mengirimkan sinyal ke otak untuk menjaga keseimbangan. Namun, jika telinga dalam mengalami gangguan, maka Anda akan merasakan sakit dan pusing.

Di dalam telinga bagian tengah, terdapat kristal karbonat yang berfungsi untuk menciptakan ilusi gerak. Ketika perubahan posisi kepala terjadi tiba-tiba, kristal-kristal ini akan masuk ke dalam telinga yang berisi cairan keseimbangan.

Masuknya kristal-kristal tersebut merangsang gerakan cairan yang tidak normal. Hal ini yang membuat ibu hamil menjadi tidak seimbang dan lingkungan di sekitarnya terasa berputar-putar. Kondisi ini biasanya terjadi dalam waktu yang singkat.

2. Perubahan hormon

risiko endometriosis saat hamil

Selama kehamilan, tubuh akan mengalami perubahan hormon, termasuk peningkatan hormon progesteron. Tingkat progesteron yang tinggi juga bisa membuat pembuluh darah Anda melebar, dan meningkatkan aliran darah ke bayi.

Di saat yang sama, aliran darah Anda pun bisa jadi melambat sehingga tekanan darah Anda berkurang. Akibatnya, aliran darah ke otak Anda menurun. Inilah yang kemudian membuat kepala Anda seolah berputar-putar.

Bagaimana cara mengatasi vertigo saat hamil?

Bila Anda mengalami vertigo saat hamil, jangan panik dalam menghadapinya, tetap tenang. Kemudian jaga napas Anda agar tetap teratur. Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan ketika vertigo kambuh saat hamil:

  • Jika saat Anda bangun dari duduk atau tidur Anda merasa tubuh Anda bergoyang, segera duduk atau berbaring lagi untuk menghindari jatuh atau cedera.
  • Coba untuk membiasakan diri bangun perlahan kursi atau tempat tidur saat Anda sedang hamil, bahkan jika Anda sedang terburu-buru. 
  • Kalau bisa gunakan lampu tidur dengan pencahayaan yang lembut, jangan biarkan kamar Anda gelap gulita saat tidur. Ini supaya jika vertigo tiba-tiba kambuh di malam hari, Anda masih bisa melihat keadaan sekitar dan mencari pertolongan.
  • Istirahatkan badan Anda, hindari berbaring miring yang bertumpu pada salah satu sisi kepala dan berbaringlah dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari tubuh.
  • Bungkukkan kepala Anda dengan posisi berada di antara kedua lutut dan dahi menyentuh lantai. Pertahankan posisi ini selama 30 detik hingga pusing dan sensasi berputar berhenti.
  • Minum banyak air putih agar tubuh Anda tidak kekurangan cairan dan oksigen.
  • Jika vertigo saat hamil berlangsung lama dan cukup sering kambuh, segera hubungi dokter Anda untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca Juga:

Sumber