Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin K Selama Kehamilan

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin K Selama Kehamilan

Ibu pasti sudah tahu kalau folat merupakan vitamin penting selama kehamilan. Namun nyatanya, bukan cuma folat yang perlu ibu hamil penuhi, lho! Ada ragam vitamin dan nutrisi selama kehamilan lainnya yang juga berperan penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Nah, salah satu yang penting adalah vitamin K. Lantas, apa pentingnya vitamin K untuk ibu hamil? Bagaimana ibu hamil memenuhi kebutuhan nutrisi ini?

Apa manfaat vitamin K untuk ibu hamil?

mempercepat pembukaan persalinan

Vitamin K adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak. Jenis vitamin ini terbagi ke dalam dua bentuk, yaitu phylloquinone (vitamin K1) dan menaquinone (vitamin K2).

Umumnya, kedua jenis vitamin K ini perlu Anda dapatkan dari asupan makanan. Meski demikian, beberapa bakteri usus dalam tubuh manusia juga bisa memproduksi menaquinone.

Baik phylloquinone maupun menaquinone, keduanya sama-sama memiliki peran penting bagi tubuh.

Vitamin ini membantu memproduksi berbagai protein yang dibutuhkan tubuh untuk proses pembekuan darah, pembentukan tulang, dan fungsi lainnya.

Berdasarkan cara kerjanya tersebut, ada beberapa manfaat vitamin K yang bisa ibu hamil peroleh. Berikut adalah manfaat vitamin K untuk ibu hamil.

1. Mencegah perdarahan berlebih

Studi pada jurnal Scientific Reports menyebut bahwa kekurangan vitamin K dapat menyebabkan perdarahan berlebihan pada ibu hamil dan bayi baru lahir.

Oleh karena itu, mencukupi kebutuhan vitamin K sangat penting untuk wanita hamil.

Pasalnya, perdarahan selama hamil merupakan masalah kehamilan yang sering terjadi termasuk keguguran, infeksi, kehamilan ektopik, hingga sebagai tanda kelahiran prematur.

2. Menjaga kesehatan tulang

Masalah pada tulang memang jarang terjadi pada ibu hamil. Namun, bukan berarti ibu hamil bisa abai dalam menjaga kesehatan tulangnya.

Adapun memenuhi kebutuhan vitamin K bisa membantu ibu hamil untuk menjaga kesehatan tulang.

Ini karena vitamin K terlibat dalam produksi osteocalcin, yaitu protein yang berperan dalam pembentukan tulang dan mencegah pelemahan tulang.

3. Menjaga kesehatan jantung

Melansir laman Harvard School of Public Health, vitamin K terlibat dalam produksi matrix Gla proteins (MGP) yang membantu mencegah pengerasan arteri jantung.

Adapun kondisi tersebut merupakan penyebab utama dari berbagai penyakit jantung.

Oleh karena itu, wanita hamil perlu memenuhi asupan vitamin K untuk membantu mencegah masalah jantung tersebut.

Apalagi, jantung bekerja lebih keras dari biasanya selama kehamilan sehingga kerap menimbulkan masalah baru yang terkait dengan jantung, seperti hipertensi gestasional hingga preeklampsia.

Berapa kebutuhan vitamin K selama kehamilan?

hamil 7 bulan

Sebenarnya, kebutuhan vitamin K tidak meningkat selama kehamilan. Artinya, kebutuhan vitamin K sebelum hamil dan saat terjadinya kehamilan tetaplah sama.

Menurut Angka Kecukupan Gizi tahun 2019, wanita berusia 16-64 tahun setidaknya membutuhkan vitamin K sebesar 55 mikrogram (mcg) per hari.

Selama kehamilan, baik pada trimester pertama, kedua, maupun ketiga, ibu hamil tidak membutuhkan tambahan vitamin K.

Ini berbeda dengan kebutuhan folat dan vitamin C selama kehamilan yang perlu ibu hamil tingkatkan.

Ibu hamil paling tidak perlu menambah asupan folat hingga 200 mcg per hari, sedangkan penambahan vitamin C sebesar 10 mcg per hari.

Apa saja makanan untuk ibu hamil yang mengandung vitamin K?

makanan yang dilarang saat hamil muda

Supaya bisa memenuhi kebutuhan vitamin K harian, ibu hamil bisa mengonsumsi beragam jenis makanan. Adapun makanan yang mengandung vitamin K1 dan K2 umumnya berbeda.

Untuk mendapat asupan vitamin K1, ibu hamil bisa mengonsumsi beragam sayuran, terutama sayuran berdaun hijau.

Sayuran berdaun ini misalnya kangkung, bayam, brokoli, kubis, kale, atau selada.

Selain itu, minyak nabati (kedelai dan canola) serta buah-buahan seperti buah delima, blueberry, dan anggur, juga bisa menjadi sumber vitamin K1 yang baik untuk ibu hamil.

Sementara itu, ibu hamil bisa mendapat asupan vitamin K2 dari produk hewani dan makanan fermentasi, misalnya, daging, keju, telur, dan kedelai yang difermentasi.

Namun ingat, sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi daging dan minyak nabati terlalu banyak. Ini karena daging mengandung lemak yang tinggi, terutama lemak jenuh.

Mengonsumsi terlalu banyak lemak selama kehamilan, terutama lemak jenuh, bisa meningkatkan kadar kolesterol serta menaikan berat badan secara berlebihan.

Adapun suplemen vitamin K umumnya tidak dibutuhkan selama kehamilan, kecuali pada kondisi tertentu.

Ibu hamil bisa mengonsultasikan dengan dokter mengenai kebutuhan suplemen vitamin K ini.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Shahrook, S., Ota, E., Hanada, N., Sawada, K., & Mori, R. (2018). Vitamin K supplementation during pregnancy for improving outcomes: a systematic review and meta-analysis. Scientific reports8(1), 11459. https://doi.org/10.1038/s41598-018-29616-y.

Hukor.kemkes.go.id. (2021). Retrieved1 September 2021, from http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf

Vitamin K. The Nutrition Source. (2021). Retrieved 1 September 2021, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/vitamin-k/.

Office of Dietary Supplements – Vitamin K. Ods.od.nih.gov. (2021). Retrieved 1 September 2021, from https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminK-HealthProfessional/.

Bleeding During Pregnancy. Acog.org. (2021). Retrieved 1 September 2021, from https://www.acog.org/womens-health/faqs/bleeding-during-pregnancy#:~:text=Bleeding%20in%20the%20first%20trimester,are%20developing%20in%20this%20area.

Pregnancy, Breastfeeding and Bone Health | NIH Osteoporosis and Related Bone Diseases National Resource Center. Bones.nih.gov. (2021). Retrieved 1 September 2021, from https://www.bones.nih.gov/health-info/bone/bone-health/pregnancy.

Heart Health and Pregnancy | NHLBI, NIH. Nhlbi.nih.gov. (2021). Retrieved 1 September 2021, from https://www.nhlbi.nih.gov/health-topics/education-and-awareness/heart-truth/listen-to-your-heart/heart-health-and-pregnancy.

Meat in your diet. nhs.uk. (2021). Retrieved 1 September 2021, from https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/meat-nutrition/.

Have a healthy diet in pregnancy. nhs.uk. (2021). Retrieved 1 September 2021, from https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/have-a-healthy-diet/.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto