Kategori
Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

10 Merek Suplemen Asam Folat Terbaik untuk Cegah Cacat Lahir

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 26/04/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

    10 Merek Suplemen Asam Folat Terbaik untuk Cegah Cacat Lahir

    Ibu hamil perlu mengonsumsi suplemen asam folat (folic acid) untuk mendukung proses tumbuh-kembang janin dan mencegah kelainan janin pada tahap awal kehamilan. Agar Anda tidak bingung memilihnya, berikut beberapa merk asam folat untuk ibu hamil yang kami rekomendasikan.

    Cara kami memilih suplemen asam folat untuk ibu hamil

    asam folat adalah

    Sangat penting untuk memenuhi asupan asam folat, baik sebelum maupun selama kehamilan.

    Asam folat atau yang juga dikenal sebagai vitamin B9 ini membantu pembentukan bakal janin dan menurunkan risiko cacat lahir, terutama karena neural tube defects (NTD) alias cacat tabung saraf.

    Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan RI, wanita dewasa memerlukan folat sebanyak 400 mikrogram (mcg) per hari.

    Sementara itu, wanita dewasa yang merencanakan maupun sedang hamil dianjurkan untuk meningkatkan asupan folat menjadi 600 mcg setiap harinya.

    Bahkan dalam beberapa kondisi, misalnya ibu hamil mengandung janin kembar, asupan folat harian mungkin perlu ditingkatkan hingga 1.000 mcg atau 1 miligram (mg).

    Dalam memilih merk suplemen asam folat untuk ibu hamil, kami telah mempertimbangkan dosis yang beragam, mulai dari 400 sampai 1.000 mcg sesuai dengan kondisi kehamilan Anda.

    Kami juga telah mengecek nomor registrasi BPOM sehingga rekomendasi suplemen di bawah ini ini sudah dipastikan memiliki izin edar dan aman untuk dikonsumsi.

    10 rekomendasi suplemen asam folat untuk ibu hamil

    Pastikan Anda telah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum vitamin prenatal.

    Setelah menentukan dosis yang tepat, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan salah satu merk asam folat untuk ibu hamil di bawah ini.

    1. Blackmores I-Folic

    Blackmores I-Folic baik Anda konsumsi ketika mempersiapkan hingga selama masa kehamilan.

    Produk suplemen dari Blackmores ini mengandung kombinasi dari asam folat dan yodium untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil.

    Terpenuhinya kebutuhan asam folat membantu mengurangi risiko neural tube defects, termasuk spina bifida atau bayi lahir dengan cacat otak dan kelainan sumsum tulang belakang.

    Asupan yodium juga bisa membantu mendukung perkembangan otak, fungsi pendengaran, dan kemampuan motorik visual pada bayi setelah kelahirannya.

    Nomor registrasi BPOM: SI164507081

    2. Folavit

    Folavit adalah suplemen vitamin yang mengandung 400 mcg asam folat dalam setiap tabletnya.

    Sebagai suplemen asam folat untuk ibu hamil, Folavit juga dapat membantu mencegah anemia atau kekurangan darah yang rentan terjadi selama kehamilan.

    Asam folat akan membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

    Nomor registrasi BPOM: SD091536141

    3. Nature’s Plus Folic Acid Hearts

    Tak hanya asam folat, merk suplemen Nature’s Plus Folic Acid Hearts juga punya kandungan vitamin B6 dan vitamin B12 yang baik untuk ibu hamil.

    Kandungan vitamin B6 dalam merk asam folat untuk ibu hamil ini dapat membantu mengurangi morning sickness atau gejala mual dan muntah, terutama selama trimester 1.

    Tidak hanya itu itu, asupan vitamin B12 yang cukup selama kehamilan juga membantu menjaga kesehatan sistem saraf ibu.

    Nomor registrasi BPOM: SI044510831

    4. Lifolat

    Lifolat membantu memenuhi kebutuhan asam folat untuk ibu hamil dan menyusui. Suplemen asam folat dengan dosis 400 mcg ini baik diminum 1–2 tablet setiap hari.

    Tak hanya bermanfaat selama kehamilan, Lifolat juga membantu memenuhi kebutuhan asam folat pada ibu menyusui.

    Asam folat membantu meningkatkan kualitas dan produksi air susu ibu (ASI), yang tentunya sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

    Nomor registrasi BPOM: SD191553921

    5. Nuvita Nutri Folic

    Nuvita Nutri Folic merupakan salah satu merk suplemen yang mengandung 1.000 mcg asam folat untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil.

    Suplemen asam folat dosis tinggi ini juga dapat Anda gunakan sebagai terapi tambahan untuk mendukung proses penyembuhan dari anemia megaloblastik.

    Jenis anemia ini ditandai dengan sel darah merah yang berukuran sangat besar dan jumlahnya cenderung sedikit. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh kekurangan vitamin B12 dan asam folat.

    Nomor registrasi BPOM: SD211596131

    6. Anelat

    Rekomendasi merk asam folat 1.000 mcg untuk ibu hamil lainnya adalah Anelat. Suplemen ini memiliki harga relatif terjangkau dan pas di kantong kebanyakan ibu hamil.

    Sebagai suplemen asam folat, Anelat baik dikonsumsi saat Anda merencanakan kehamilan dan selama 12 minggu pertama masa kehamilan.

    Pemberian asam folat untuk ibu hamil trimester 1 ini membantu mencegah cacat tabung saraf dan cacat bawaan lain, seperti bibir sumbing pada bayi baru lahir.

    Nomor registrasi BPOM: SD071532981

    7. NOW Foods Folic Acid

    Suplemen NOW Foods Folic Acid memiliki kandungan penting berupa asam folat dan vitamin B12 (cyanocobalamin) untuk membantu memenuhi kebutuhan ibu hamil.

    Dalam satu tablet suplemen ini, ada kandungan 800 mcg asam folat dan 25 mcg vitamin B12.

    Asam folat berperan penting dalam pembentukan DNA dan sel darah merah. Zat gizi ini juga membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin.

    Sementara itu, vitamin B12 berfungsi untuk mendukung metabolisme energi dan sistem saraf.

    Nomor registrasi BPOM: SI225000211

    8. Afolat

    Afolat merupakan merk suplemen asam folat untuk ibu hamil yang digunakan untuk mengobati defisiensi asam folat dan anemia megaloblastik.

    Vitamin untuk program hamil ini juga membantu meningkatkan peluang hamil. Asam folat akan menguatkan sel telur dan meningkatkan kualitas sel sperma bila dikonsumsi secara rutin.

    Suplemen ini tersedia dalam bentuk tablet 400 mcg yang bisa Anda minum sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter.

    Nomor registrasi BPOM: SD061528391

    9. Folamil Genio

    Tak hanya mengandung 1.000 mcg asam folat, Folamil Genio juga dilengkapi dengan zat gizi lain yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya.

    Folamil Genio mengandung betakaroten yang bermanfaat untuk mencegah cacat lahir. Selain itu, kandungan DHA di dalamnya juga berperan dalam perkembangan otak bayi.

    Merk suplemen asam folat untuk ibu hamil ini berbentuk kapsul lunak yang mudah Anda telan.

    Nomor registrasi BPOM: SD071329911

    10. Nutriwell Folic Acid

    Nutriwell Folic Acid membantu memenuhi kebutuhan asam folat pada ibu hamil dan menyusui.

    Dengan kandungan 800 mcg asam folat, Nutriwell Folic Acid membantu mengobati kekurangan asam folat, mencegah cacat lahir, serta menjaga kesehatan jantung dan otak.

    Selain itu, penggunaan suplemen asam folat untuk ibu hamil secara rutin juga dipercaya bisa menurunkan risiko Anda mengalami depresi perinatal.

    Kondisi ini bisa terjadi selama trimester 3, kelahiran, hingga beberapa bulan setelah melahirkan.

    Nomor registrasi BPOM: SI204586391

    Itulah dia beberapa rekomendasi vitamin asam folat yang bagus untuk ibu hamil. Produk vitamin di atas cukup mudah ditemukan, baik di apotek atau e-commerce favorit.

    Jangan lupa juga untuk imbangi konsumsi suplemen dengan pola makan sehat, rajin bergerak, dan selalu ikuti saran dokter agar kehamilan Anda tetap sehat.

    Disclaimer

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 26/04/2023

    Iklan

    Apakah artikel ini membantu?

    Iklan
    Iklan