backup og meta
Kategori

2

Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

10 Merk Vitamin Terbaik Bantu Lancarkan Program Hamil

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 27/03/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Merk Vitamin Terbaik Bantu Lancarkan Program Hamil

Salah satu asupan harian yang bisa Anda tambahkan saat menjalani program hamil (promil) adalah vitamin. Terlebih, sudah banyak merk vitamin yang memang diformulasikan khusus untuk dikonsumsi selama program hamil. 

Cara kami memilih merk vitamin untuk program hamil

Di antara beragam jenis vitamin terbaik untuk promil, salah satu yang paling penting untuk meningkatkan kesuburan ialah asam folat.

Bagi wanita, asam folat akan memelihara fungsi dan kesehatan ovarium, mendukung proses pembuahan, hingga menjaga kesehatan kandungan.

Sementara itu, fungsi asam folat bagi pria adalah meningkatkan jumlah serta kualitas sperma.

Selain asam folat, zat gizi lain yang sebaiknya dikonsumsi selama program hamil antara lain:

  • zat besi,
  • kalsium,
  • vitamin B,
  • yodium,
  • zinc,
  • vitamin A, dan
  • vitamin C.

Mengutip informasi pada laman National Health Service, kebutuhan asam folat untuk perempuan sebelum hamil adalah 400 mikrogram (mcg) per hari.

Kami memastikan produk-produk yang kami pilih dapat membantu memenuhi kebutuhan asam folat harian ibu menjelang kehamilan.

Selain asam folat, produk-produk pilihan kami juga mengandung beragam vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan untuk menunjang kesuburan.

Pastikan Anda sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum vitamin selama promil program hamil. Pasalnya, setiap orang mungkin membutuhkan asupan vitamin tambahan yang berbeda.

10 rekomendasi merk vitamin untuk program hamil

Saat berkonsultasi dengan dokter, Anda bisa meminta pertimbangan untuk menggunakan merk vitamin berikut.

1. Blackmores Pregnancy Breastfeeding Gold

Vitamin untuk program hamil satu ini mengandung asam folat dan zat besi. Produk satu ini juga dilengkapi dengan minyak ikan yang tidak berbau.

Asupan zat besi yang tinggi memang dapat menyebabkan sembelit. Namun, vitamin Blackmores diklaim unggul untuk orang yang sedang promil karena tidak menimbulkan efek tersebut.

Dengan kandungan lebih dari 20 zat gizi penting seperti omega-3, vitamin B kompleks, D3, E, A, kalsium, dan magnesium, Blackmores juga dapat menjadi vitamin saat hamil dan menyusui.

Hanya saja, beberapa orang mungkin kesulitan menelan vitamin Blackmores karena ukuran kapsulnya yang cukup besar.

Nomor registrasi di BPOM: SI174307791

2. Promavit

Dengan kandungan omega-3, vitamin A, vitamin D3, vitamin B12, asam folat, vitamin B, kalsium, magnesium, dan zat besi, Promavit bisa menjadi pilihan merk vitamin untuk program hamil.

Tidak hanya memenuhi kebutuhan gizi sebelum hamil, vitamin Promavit juga diklaim mampu menunjang perkembangan janin selama kehamilan.

Sebagai catatan, sampaikan kepada dokter jika Anda menggunakan Promavit dan sedang berencana menjalani operasi selama program hamil.

Promavit dapat meningkatkan risiko perdarahan ketika operasi. Maka dari itu, Anda mungkin perlu menggunakan produk vitamin promil lainnya sebagai pengganti.

Nomor registrasi di BPOM: SD111341371

3. Folavit Folic Acid

Folavit merupakan merk vitamin asam folat untuk program hamil dengan komposisi utama asam folat sebanyak 400 mcg.

Selain membantu meningkatkan peluang hamil, asam folat juga akan memelihara sistem saraf dan membantu pembentukan sel darah merah sebagai pembawa oksigen ke seluruh tubuh.

Merk vitamin untuk program hamil satu ini dijual dengan rentang harga Rp10.000–Rp12.000 per 10 tablet, cocok untuk dijadikan sebagai paket trial dan Anda bisa kembali membelinya jika sesuai.

Nomor registrasi di BPOM: SD091536141

4. Folamil Genio

Jika Anda mencari merk vitamin E untuk program hamil, Folamil Genio bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

Dengan kandungan multivitamin, mineral, dan tambahan berupa DHA dan ARA, produk satu ini diklaim mampu mendukung pertumbuhan otak janin.

Tidak hanya itu, Folamil Genio juga mengandung iron polymaltose complex sebagai penambah darah bagi calon ibu yang rentan mengalami anemia.

Nomor registrasi di BPOM: SD071329911

5. Nature’s Plus Folic Acid Hearts

Kandungan asam folat pada Nature’s Plus Folic Acid Hearts tersedia dalam bentuk methyltetrahydrofolate. Bentuk tersebut akan membuat asam folat lebih mudah diserap oleh tubuh.

Selain itu, dengan kandungan vitamin B12 dan B6, merk vitamin satu ini juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mencegah anemia, mencegah neural tube defect, hingga melancarkan proses laktasi.

Nature’s Plus Folic Acid Hearts diklaim tidak memiliki kandungan protein gluten (gluten-free) dan cocok untuk vegetarian.

Nomor registrasi di BPOM: SI044510831

6. Afolat

Merk vitamin untuk ibu hamil satu ini tidak hanya mengklaim bisa membantu meningkatkan peluang hamil dengan menguatkan sel telur.

Konsumsi Afolat juga diklaim dapat meningkatkan kualitas sperma. Dengan begitu, vitamin ini juga dapat dikonsumsi secara rutin oleh suami Anda.

Meski harganya terbilang cukup terjangkau, yaitu kurang dari Rp20.000 untuk 100 tablet, Afolat sudah terdaftar di BPOM. Maka Anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya.

Selain membantu mempersiapkan kehamilan, vitamin satu ini juga dipercaya dapat menjadi terapi penunjang untuk pengobatan anemia megaloblastik.

Nomor registrasi di BPOM: SD061528391

7. Folaxin

Dengan kandungan asam folat sebanyak 400 mcg, merk vitamin untuk program hamil satu ini dapat membantu Anda meningkatkan peluang kehamilan serta memenuhi kebutuhan gizi saat hamil.

Folaxin juga diklaim mampu membantu mengatasi dan mencegah anemia megaloblastik, kecacatan tabung saraf (neural tube defect) saat hamil, dan menunjang kesehatan ibu yang baru melahirkan anak pertama.

Pastikan untuk mengikuti aturan pakai dari dokter atau yang tertera pada kemasan, sebab dosis yang dibutuhkan mungkin berbeda pada setiap tujuan penggunaannya.

Nomor registrasi di BPOM: SD051524341

8. Blackmores I-Folic

Blackmores I-Folic mengandung asam folat yang bermanfaat untuk mendukung kehamilan dan mengurangi risiko anemia saat hamil

Ibu hamil juga membutuhkan asupan asam folat untuk proses produksi DNA hingga pembentukan sel darah merah janin.

Selain asam folat, vitamin dari Blackmores ini juga tinggi akan kandungan yodium yang baik untuk menjaga perkembangan otak, pendengaran, dan penglihatan janin.

Dengan manfaat tersebut, Blackmores I-Folic tidak hanya baik untuk dikonsumsi saat promil, tetapi juga ketika Anda sudah hamil.

Nomor registrasi di BPOM: SI164507081

9. Nutrimax Mother

Nutrimax Mother mengandung vitamin dan mineral yang cukup lengkap sehingga diklaim mampu membantu mencukupi kebutuhan gizi selama perencanaan kehamilan, hamil, hingga masa menyusui.

Dengan kandungan vitamin D sebanyak 200 IU, Nutrimax Mother juga cocok untuk ibu yang sedang mencari merk vitamin D untuk mendukung keberhasilan promil.

Supaya hasilnya optimal, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin ini sejak tiga bulan sebelum hamil sampai satu tahun setelah melahirkan.

Sebagai tambahan, Nutrimax Mother juga dapat menutrisi rambut Anda. Dengan begitu, masalah seperti rambut rontok saat hamil dapat berkurang.

Nomor registrasi di BPOM: SI174508071

10. Prenatal + DHA Erlimpex

Prenatal + DHA Erlimpex merupakan merk vitamin asam folat untuk program hamil dengan kandungan utama berupa asam folat sebanyak 1 mg.

Dilengkapi dengan DHA, produk satu ini dapat membantu mendukung perkembangan janin, terutama pada bagian otak.

Mengingat kandungan asam folatnya yang tinggi, pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi suplemen ini.

Tanyakan terlebih dulu kepada dokter apakah Anda membutuhkan tambahan asam folat sebanyak 1 mg per hari.

Perlu diketahui juga bahwa Prenatal + DHA Erlimpex tersedia dalam tablet salut gula. Jika Anda sedang mengurangi konsumsi gula, pertimbangkan kembali untuk mengonsumsi vitamin ini.

Nomor registrasi di BPOM: SD071532351

Demikian rekomendasi merk vitamin untuk Anda yang sedang menjalani program hamil.

Agar cepat hamil, pastikan Anda juga menjalani gaya hidup sehat, menerapkan pola makan bergizi seimbang, dan mengikuti saran dokter kandungan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 27/03/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan