Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

6 Manfaat Kedondong untuk Ibu Hamil yang Kaya Mineral

6 Manfaat Kedondong untuk Ibu Hamil yang Kaya Mineral

Walaupun sedang mengalami ngidam, ibu sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi makanan. Tak jarang, ibu menginginkan buah yang terasa asam, seperti kedondong. Bolehkah makan kedondong saat hamil? Apa saja manfaat kedondong untuk ibu hamil? Berikut penjelasan lengkapnya.

Kandungan gizi kedondong untuk ibu hamil

kedondong untuk ibu hamil

Kedondong adalah tanaman yang telah tersebar ke seluruh daerah tropis, termasuk Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa buah adalah sumber nutrisi dan gizi yang sangat baik selama masa kehamilan.

Berikut adalah kandungan gizi buah kedondong untuk ibu hamil berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia.

  • Kalori: 47
  • Air: 87,8 gram
  • Serat: 2,7 gram
  • Kalsium: 7 mg
  • Fosfor: 58 mg
  • Zat besi: 0,8 mg
  • Beta karoten: 167 mg
  • Niasin: 0,4 mg
  • Vitamin C: 32 mg

Bolehkan makan kedondong saat hamil?

kedondong untuk ibu hamil

Meskipun tergolong menjadi buah yang jarang dikonsumsi, ibu seringkali menemukan buah kedondong berada dalam kombinasi rujak.

Rasanya yang cukup asam seperti mangga muda mungkin membuat Anda pun bertanya bolehkan mengonsumsi kedondong saat hamil.

Sebenarnya, boleh saja mengonsumsi buah untuk ibu hamil seperti kedondong. Namun, apabila Anda mempunyai gangguan pencernaan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Apalagi, makanan asam seperti kedondong juga bisa memicu heartburn yang umum saat hamil. Penyebabnya adalah asam lambung yang naik ke area kerongkongan.

Manfaat kedondong untuk ibu hamil

kedondong untuk ibu hamil

Mengutip dari Pregnancy, Birth, and Baby, buah dapat memberikan manfaat karena mengandung vitamin, folat, serat, serta mineral yang ibu butuhkan pada masa kehamilan.

Begitu juga dengan buah kedondong utnuk ibu hamil karena mempunyai kadungan mineral, air, serat, serta vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan.

Sebagian besar nutrisi ini juga dapat membantu meringankan beberapa masalah atau keluhan saat hamil. Berikut adalah manfaat buah kedondong saat hamil, di antaranya sebagai berikut.

1. Menambah asupan cairan tubuh

Pada masa kehamilan, Anda membutuhkan lebih banyak air daripada rata-rata orang dewasa lainnya.

Ini penting untuk kebutuhan cairan ketuban, produksi darah agar tidak mengental, membawa nutrisi kepada janin, meregenerasi sel, hingga membuang racun.

Tak hanya memenuhi kebutuhan cairan, Anda bisa menambah asupan buah dengan kandungan air yang cukup tinggi. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dari buah kedondong untuk ibu hamil.

Perlu Anda perhatikan pula bahwa dehidrasi saat hamil dapat memicu gejala hingga komplikasi kehamilan lainnya.

2. Meningkatkan kinerja tubuh

Selain kalsium, ada pula jenis mineral lainnya yang tak kalah penting bagi ibu hamil, yaitu fosfor atau kalium. Tak hanya dari protein, Anda juga bisa mendapatkan asupan kalium dari kedondong.

Kalium yang berasal dari kedondong mempunyai manfaat untuk meningkatkan kinerja atau fungsi tubuh seperti organ ginjal serta saraf, perbaikan jaringan, hingga pergerakan otot.

Anda juga perlu mendapatkan asupan kalium agar bayi dalam kandungan mempunyai tulang serta gigi yang kuat.

3. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Manfaat lainnya dari kedondong untuk ibu hamil adalah menjaga sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C di dalamnya.

Tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C secara alami. Oleh karena itu, Anda membutuhkannya untuk melindungi jaringan sel, membantu menyerap zat besi, dan menjaga tubuh agar tetap sehat.

Akan tetapi, Anda tidak boleh sembarangan saat mengonsumsi suplemen vitamin C lainnya karena ada dosis maksimum pada ibu hamil.

4. Melancarkan pencernaan

Nutrisi lainnya yang ibu butuhkan pada masa kehamilan adalah serat yang ternyata juga ada dalam buah kedondong.

Serat dalam buah kedondong mempunyai manfaat untuk membantu agar makanan yang ibu konsumsi bergerak secara efisien ke seluruh tubuh sehingga mencegah sembelit saat hamil.

Lalu, makanan seperti buah yang kaya serat juga membantu mengatur kadar gula darah serta mencegah terjadinya diabetes gestasional.

5. Mencegah anemia

Tahukah Anda bahwa pada masa kehamilan volume darah semakin meningkat? Artinya, Anda perlu mendapatkan asupan zat besi serta vitamin agar produksi sel darah merah lancar.

Jika ibu tidak mempunyai kandungan zat besi yang cukup, kondisi ini bisa memicu terjadinya anemia saat hamil.

Sumber zat besi untuk ibu hamil selain dari suplemen bisa dari buah kedondong.

Manfaat buah kedondong untuk ibu hamil juga mencegah anemia sehingga pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan terjaga.

6. Menjaga kesehatan mata

Anda bisa mendapatkan asupan beta karoten yang bermanfaat untuk ibu hamil dari buah berwarna terang, seperti kedondong.

Beta karoten berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, penglihatan yang lebih baik bagi bayi, menjaga kesehatan kulit, sekaligus meningkatkan sistem imun.

Jangan lupa agar tetap berkonsultasi dengan dokter mengenai asupan apa saja yang boleh ibu konsumsi selama masa kehamilan.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 2 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita