Berbagai Pantangan yang Harus Dihindari Setelah Menjalani Operasi Caesar

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 13/09/2017 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Tidak seperti melahirkan normal, ibu yang menjalani operasi caesar membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama. Tentu, untuk kembali pulih setelah operasi caesar dilakukan, tidaklah mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan ibu yang baru saja selesai menjalani operasi caesar. Bahkan, ada beberapa pantangan setelah operasi caesar yang harus dilakukan ibu agar cepat pulih. Apa saja hal yang tidak boleh dilakukan oleh ibu setelah operasi caesar?

Berbagai pantangan setelah operasi caesar yang harus ibu ketahui

Sesaat setelah operasi caesar, mungkin Anda tidak langsung diizinkan untuk pulang ke rumah dan diminta untuk menghabiskan beberapa hari untuk dirawat di rumah sakit. Saat di rumah sakit, Anda akan dirawat dengan baik oleh tim medis Anda.

Namun, saat sudah di rumah, Anda harus merawat diri sendiri agar cepat pulih dan kembali beraktivitas dengan normal. Faktanya, rata-rata wanita membutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk kembali pulih setelah operasi. Tentu, jika anjuran dilakukan dengan benar dan pantangan dihindari jauh-jauh.

Lalu, apa saja hal yang pantang dilakukan setelah operasi caesar berhasil dilakukan?

Pantangan aktivitas fisik setelah operasi caesar

1. Melakukan aktivitas fisik yang berat. Tentu, Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga yang berat, seperti senam aerobik, bersepeda, dan berenang. Tapi, bukan berarti Anda boleh duduk atau berdiam seharian di rumah. Anda bisa melakukan aktivitas fisik yang membuat tubuh Anda tetap bergerak seperti jalan kaki.

2. Berhubungan seksual dengan pasangan. Para ahli menganjurkan untuk tidak melakukan hubungan seks dalam waktu 6 minggu setelah operasi. Ketika itu, rahim telah pulih kembali dan biasanya perdarahan sudah berhenti sepenuhnya. Selain itu, perubahan hormon yang terjadi setelah operasi caesar akan membuat Anda kurang bergairah. Maka dari itu, tubuh Anda butuh waktu untuk mengembalikannya menjadi normal.

3. Kurang tidur. Meski memang sulit untuk mengatur waktu tidur karena Anda harus merawat bayi Anda yang baru lahir dan memberikannya ASI eksklusif, namun Anda harus pinta-pintar mencari waktu luang untuk beristirahat sendiri.

4. Membawa barang yang berat. Hindari membawa barang yang beratnya melebihi bayi Anda, sebab hal ini akan memengaruhi luka operasi.

cara Menggendong Bayi

Pantangan dalam merawat luka setelah operasi caesar

1. Tidak menjaga kebersihan diri. Hal yang harus diingat ketika Anda telah diizinkan pulang oleh dokter adalah menjaga luka operasi agar tetap bersih. Anda memang tidak perlu mengganti perban luka jahitan sendiri – biasanya akan dilakukan ketika Anda kontrol ke dokter, yang perlu Anda lakukan hanyalah menjaga kebersihan diri. Biasakan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta memastikan bahwa area luka tetap bersih.

2. Membasahi luka bekas operasi. Biasanya, jahitan operasi caesar akan dicabut 2-3 miggu kemudian. Hal ini membuat Anda harus menjaga agar jahitan tetap kering, sehingga pemulihan luka akan cepat terjadi.

Pantangan makanan dan minuman setelah operasi caesar

1. Diet ketat. Sebenarnya, tak ada makanan atau minuman yang benar-benar harus Anda hindari. Tetap melakukan diet yang sehat sudah cukup membantu proses pemulihan. Hindari melakukan diet ketat setelah operasi caesar. Meskipun Anda menginginkan berat badan Anda kembali normal, tetapi menjalani diet ketat tidak hanya membuat proses pemulihan semakin lama, tetapi juga memengaruhi kualitas ASI Anda.

2. Kurang makan serat dan kurang minum. Banyak yang mengalami sembelit atau sulit BAB sesaat setelah operasi. Hal ini akan membuat Anda tidak nyaman. Apalagi ketika Anda mengejan (ngeden) lebih keras, maka akan menimbulkan rasa sakit pada luka operasi. Jadi, untuk mencegah hal ini, perbanyak makan makanan berserat dan minum air putih yang cukup.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

Tak hanya wanita yang harus memerhatikan perubahan pada dirinya. Sebagai suami Anda juga harus peka melihat tanda istri hamil dan segera mempersiapkan diri.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesuburan, Kehamilan, Hidup Sehat 13/06/2020 . 6 menit baca

Penyebab dan Cara Mengatasi ASI yang Tidak Keluar Setelah Melahirkan

Banyak ibu yang khawatir karena setelah sang buah hati lahir ke dunia, ASI tidak kunjung keluar dari payudara. Sebenarnya, apa penyebab kondisi ini?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Menyusui 05/06/2020 . 10 menit baca

Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

Bukanlah hal yang mustahil jika Anda ingin segera kembali hamil setelah mengalami keguguran, tapi ketahui dulu beberapa hal berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kesuburan, Kehamilan 18/05/2020 . 5 menit baca

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Puasa bukan menjadi alasan untuk membatasi ibu memberikan gizi yang tepat untuk janin.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

mengantar istri melahirkan ke rumah sakit

Ayah, Ini Tips Mengantar Ibu Hamil ke Rumah Sakit untuk Kelahiran

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 27/06/2020 . 4 menit baca
cara memandikan bayi yang baru lahir

Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 9 menit baca
kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . 5 menit baca
depresi pasca melahirkan ayah

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/06/2020 . 5 menit baca