Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah yang Terjadi Pada Bayi Saat Ibu Hamil Tertawa?

Apakah yang Terjadi Pada Bayi Saat Ibu Hamil Tertawa?

Tertawa itu sehat. Tertawa membuat Anda lebih bahagia, bersemangat, dan melepaskan beban pikiran yang mungkin sedang menggerogoti benak Anda. Rajin tertawa juga menurunkan tekanan darah. Pernahkah Anda bertanya-tanya, apa yang terjadi pada janin dalam kandungan ketika ibu hamil tertawa? Apakah ia juga akan merasa bahagia? Pasalnya, emosi negatif seperti menangis dan marah saja bisa berdampak pada kondisi bayi.

Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Yang terjadi pada janin dalam kandungan ketika ibu hamil tertawa terbahak-bahak

Tawa adalah emosi murni manusia yang benar-benar normal. Orang akan tertawa begitu melihat atau mendengat sesuatu yang (menurutnya) lucu. Nah, tahukah Anda bahwa bayi dalam kandungan juga bisa merasakan hal yang sama ketika ibu hamil tertawa?

Ya. Dr Miriam Stoppard, penulis dan pakar kesehatan kehamilan, percaya bahwa interaksi pertama bayi dengan dunia luar adalah melalui ibunya. Sebuah penelitian dari Association for Psychological Science menemukan bahwa janin yang berumur enam bulan bisa ikut mengalami emosi yang dirasakan ibu saat hamil.

Tawa melepaskan hormon endorfin yang merangsang mood bahagia ke dalam aliran darah ibu. Hormon bahagia ini kemudian ikut tersalurkan lewat plasenta dan sampai diterima bayi hanya dalam hitungan detik sejak ibu dibuat tergelak.

Mood yang dirasakan ibu hamil bisa dirasakan dan ikut memngaruhi kondisi janin. Rasa gelisah, stres, atau depresi bisa memengaruhi bayi dalam kandungan. Bayi yang lahir dari ibu depresi memiliki risiko 1,5 kali lebih besar untuk mengalami depresi ketika ia nanti mencapai usia 18 tahun. Riset lain dalam Clinical Obstetrics Gynecology menunjukkan bahwa stres yang berkepanjangan saat hamil juga dapat meningkatkan risiko autisme, depresi, dan gangguan kognitif anak.

Oleh karena itu, perbanyaklah senyum dan bahagia selama menjalani masa kehamilan Anda. Selain itu, tawa juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Semua efek ini juga dapat dirasakan oleh bayi sejak dalam kandungan hingga seterusnya.

Bayi juga bisa tertawa dalam kandungan

Ketika ibu hamil tertawa, janin dalam kandungan akan ikut bergerak naik dan turun, juga mengangguk-anggukkan kepalanya. Ini bisa dilihat melalui USG.

Suara, tawa, nyanyian, dan tangisan Anda bisa didengar dan diingat jelas oleh calon bayi. Sama seperti Anda yang sudah mengenal bayi Anda sebelum lahir, bayi Anda pun juga begitu. Kepribadian calon bayi juga terbentuk dari caranya mengenal Anda.

Tapi, jangan tertawa terlalu kencang

Belum ditemukan penelitian yang mengatakan bahwa tertawa dapat berdampak negatif pada kehamilan. Namun, bila ibu hamil tertawa terlalu kencang sampai merasakan sakit seperti kram perut, bisa jadi Anda mengalami nyeri ligamen perut bawah.

Ligamen perut bawah menghubungkan bagian depan rahim ke selangkangan untuk menyokong perkembangan janin. Ligamen ini teksturnya tebal yang normalnya akan menegang dan melemas pelan-pelan. Seiring dengan pertumbuhan janin, ligamen ini akan meregang. Karena itu, ligamen akan semakin mudah menegang dan cedera.

Nah, pergerakan tiba-tiba bisa membuat ligamen ini menegang secara mendadak, seperti karet yang direntangkan dan dilepas tiba-tiba. Inilah yang menyebabkan rasa nyeri. Maka, sebaiknya hindari tertawa terlalu kencang saat hamil untuk menghindari cedera ligamen di bagian perut bawah.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Change in Mother’s Mental State Can Influence Her Baby’s Development Before and After Birth http://www.psychologicalscience.org/news/releases/a-fetus-can-sense-moms-psychological-state.html#.WCOfLeErJAY diakses 7 Februari 2018.

This is what your baby feels when you laugh during pregnancy https://familyshare.com/26709/this-is-what-your-baby-feels-when-you-laugh-during-pregnancy diakses 7 Februari 2018.

Round Ligament Pain http://americanpregnancy.org/pregnancy-health/round-ligament-pain-during-pregnancy/ diakses 7 Februari 2018.

Lighten Up https://www.webmd.com/balance/features/lighten-up#2 diakses 7 Februari 2018.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Andisa Shabrina Diperbarui 16/08/2021
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team
x