home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenapa Perut Saya Tidak Besar Saat Hamil?

Kenapa Perut Saya Tidak Besar Saat Hamil?

Pastinya Anda sudah sering melihat oranghamil. Yang paling terlihat dari ibu hamil adalah perutnya yang besar. Tapi, tak jarang juga Anda menemukan perut ibu hamil kecil dibandingkan dengan ibu hamil lainnya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Apakah ini normal?

Mengapa perut saya lebih kecil dibanding ibu hamil lainnya?

Besar perut ibu hamil bisa berbeda, ada yang besar sekali dan juga ada yang tidak terlihat bahwa ia sedang hamil. Jadi, Anda tidak perlu membandingkan antar ibu hamil.

Sebenarnya, tidak ada ukuran pasti berapa seharusnya besar perut ibu hamil dan ukuran perut ibu hamil ini tidak selamanya menunjukkan berat janin Anda.

Perut ibu hamil kecil biasanya disebabkan oleh hal-hal berikut ini.

Merupakan kehamilan pertama Anda

Pada umumnya, ibu yang baru pertama kali hamil akan menunjukkan pembesaran perutnya lebih lambat. Hal ini karena otot-otot perut ibu masih sangat kencang dan belum pernah melebar sebelumnya. Sehingga, ibu baru mungkin akan menunjukkan perut yang lebih kecil.

Tinggi badan ibu

Wanita yang tinggi atau yang mempunyai sumbu tubuh yang panjang juga lebih sering memiliki perut yang kecil. Hal ini disebabkan karena mereka lebih banyak memiliki ruang untuk bayi mereka untuk berkembang dan memanjang. Sehingga, perut ibu tidak didorong jauh ke depan.

Posisi bayi

Bagaimana posisi bayi Anda di dalam rahim turut memengaruhi bagaimana perut Anda terlihat. Pergerakan bayi dalam rahim dapat mengubah bentuk perut Anda, bisa terlihat lebih kecil atau lebih besar.

Pergerakan bayi dan perubahan posisi bayi secara teratur biasanya meningkat pada usia kehamilan 32-34 minggu.

Rahim menggeser usus

Rahim yang terus membesar dapat mendorong usus Anda ke atas dan ke belakang. Hal ini membuat perut Anda terlihat lebih kecil. Berbeda jika usus didorong di sekitar sisi rahim, ini akan membuat perut ibu hamil terlihat lebih bulat dan lebih besar.

Jumlah janin yang ada di rahim ibu

Tentunya, perut ibu akan terlihat lebih besar jika ia sedang mengandung anak kembar. Sedangkan, ibu hamil yang mengandung satu anak tentu perutnya akan terlihat lebih kecil.

Jumlah cairan ketuban

Jumlah cairan ketuban juga dapat memengaruhi besar perut ibu hamil. Cairan ketuban yang berjumlah lebih banyak tentu membuat perut ibu hamil terlihat lebih besar. Sedangkan, cairan ketuban yang lebih sedikit membuat perut ibu hamil lebih kecil.

Perut ibu hamil kecil, apakah normal?

Anda tidak perlu khawatir tentang perut yang kecil selama kehamilan. Selagi dokter Anda mengatakan bayi Anda berkembang dengan baik di dalam kandungan dan berat badan Anda berada dalam rentang yang normal, perut ibu hamil kecil adalah hal yang normal.

Tidak selamanya perut Anda yang kecil menunjukkan bahwa bayi Anda tidak normal atau ukuran bayi Anda kecil.

Dokter akan memeriksa kondisi kehamilan Anda setiap Anda melakukan pemeriksaan kehamilan. Pada trimester pertama, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan panggul untuk mengetahui ukuran rahim Anda yang tumbuh dan melakukan USG untuk melihat sudah seberapa besar bayi Anda.

Biasanya, Anda baru akan melihat tonjolan perut Anda pada usia kehamilan antara 12-16 minggu. Beberapa dari Anda mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk melihat perut membesar.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 hari

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Baby Center. (2014). Is it normal that I don’t look pregnant yet? | BabyCenter. [online] BabyCenter. Available at: https://www.babycenter.com/404_is-it-normal-that-i-dont-look-pregnant-yet_10300250.bc [Accessed 22 Mar. 2017].

Fullings, S. and Breathnach, T. (2017). Does your bump size matter?. [online] Available at: http://www.madeformums.com/pregnancy/does-your-bump-size-matter/33168.html [Accessed 22 Mar. 2017].

Hearse, M. (2015). Belly size in pregnancy – does it matter?. [online] Kidspot.com.au. Available at: http://www.kidspot.com.au/birth/pregnancy/pregnancy-health/belly-size-in-pregnancy-does-it-matter [Accessed 22 Mar. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x