home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kapan Perut Akan Mulai Terlihat Membuncit Saat Hamil?

Kapan Perut Akan Mulai Terlihat Membuncit Saat Hamil?

Walaupun mungkin ada beberapa ibu hamil yang tidak terlalu memperlihatkan perutnya yang besar dan menonjol. Tapi, perut yang besar merupakan salah satu perubahan tubuh pada ibu hamil yang paling nyata. Memangnya, mulai kapan sih perut ibu hamil mulai terlihat?

Hal yang mempengaruhi kapan perut ibu hamil mulai terlihat

Sebenarnya tidak ada waktu yang pasti kapan perut ibu hamil mulai terlihat. Setiap ibu hamil bisa berbeda-beda menampakkan perutnya yang menonjol.

Hal ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, misalnya sudah berapa kali Anda hamil, letak rahim (cenderung ke belakang atau tidak), usia,keturunan, ukuran tubuh Anda, dan masih banyak lagi.

1. Kali kehamilan

Jika ini adalah kehamilan pertama Anda, Anda mungkin akan memperlihatkan perut yang menonjol antara usia kehamilan 12-16 minggu.

Namun, jika ini bukan merupakan kehamilan pertama Anda, perut Anda mungkin akan terlihat mengembang lebih cepat.

Hal ini karena otot rahim dan perut Anda sudah pernah meregang di kehamilan sebelumnya. Jadi, semakin mudah perut Anda untuk mengembang.

Masuk usia 12 minggu kehamilan, janin dalam rahim Anda sudah mulai banyak berkembang. Sehingga, membutuhkan lebih banyak ruang untuk mendukung perkembangannya tersebut.

Kemudian pada usia kehamilan 16 minggu, perut Anda akan benar-benar terlihat. Dan, pada usia kehamilan 20 minggu umumnya puncak perut ibu yang besar sudah berada di pusar.

2. Usia ibu hamil

Usia juga bisa memengaruhi perut ibu hamil. Ibu hamil yang berusia lebih tua umumnya menunjukkan perkembangan perut lebih cepat dibandingkan ibu hamil yang usianya lebih muda.

Hal ini karena ibu hamil dengan usia lebih muda mungkin memiliki otot perut yang lebih kuat, sehingga perkembangan perutnya terlihat lebih lambat.

3. Keturunan

Ukuran perut ibu hamil berbeda-beda. Mungkin Anda pernah memperhatikannya. Ada ibu hamil yang cenderung mempunyai perut yang sangat besar dan ada juga yang tidak terlihat sampai dikira tidak hamil. Salah satu hal yang memengaruhinya adalah keturunan (gen).

Jika Anda mempunyai ukuran perut yang tidak terlalu besar saat hamil, mungkin ini adalah keturunan.

Coba tanyakan pada ibu atau saudara perempuan Anda, saat mereka hamil apakah ukuran perut mereka juga sama seperti Anda dan kapan mereka mulai memperlihatkan benjolan perutnya saat hamil.

4. Ukuran tubuh ibu hamil

Ukuran tubuh ibu hamil juga bisa memengaruhi kapan perut ibu hamil mulai terlihat. Jika perut Anda sebelum hamil memang kecil, perkembangan perut Anda saat hamil mungkin tidak terlalu terlihat di awal kehamilan.

Perkembangan perut ini mulai terlihat saat bayi mulai tumbuh dan besar, biasanya di akhir trimester pertama kehamilan.

Selain itu, jika Anda mempunyai ukuran tubuh yang tinggi, perut Anda mungkin akan cenderung lebih lama untuk terlihat besar.

5. Letak rahim

Ternyata, letak rahim setiap wanita juga bisa berbeda dan ini memengaruhi kapan perut ibu hamil mulai terlihat.

Wanita dengan letak rahim yang retrovert (rahim cenderung berada di bagian belakang perut) mungkin akan lebih lambat memperlihatkan perutnya yang besar saat hamil.

Namun jangan khawatir karena ini tidak akan memengaruhi perkembangan janin Anda dalam kandungan.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Metode kalkulasi

Durasi siklus haid

28 hari

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Baby Centre UK. (2013). When will I look pregnant?. [online] BabyCentre UK. Available at: https://www.babycentre.co.uk/x25006275/when-will-i-look-pregnant [Accessed 14 Jul. 2017].

Baby Center. (2015). When will my pregnancy start to show? | BabyCenter. [online] BabyCenter. Available at: https://www.babycenter.com/404_when-will-my-pregnancy-start-to-show_10366573.bc [Accessed 14 Jul. 2017].

Verywell. (2016). When Will I Start to Show in Pregnancy?. [online] Available at: https://www.verywell.com/when-will-i-start-to-show-2759757 [Accessed 14 Jul. 2017].

Hakakha, M. When do pregnant women usually start to show?. [online] Available at: http://www.parents.com/advice/pregnancy-birth/pregnancy-stages/when-do-pregnant-women-usually-start-to-show/ [Accessed 14 Jul. 2017].

Winder, K. (2015). When Do You Start To Look Pregnant? | BellyBelly. [online] BellyBelly. Available at: https://www.bellybelly.com.au/pregnancy/when-do-you-start-to-look-pregnant-when-do-you-get-a-pregnant-belly/ [Accessed 14 Jul. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala pada 23/03/2021
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
x