Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Apakah Mungkin, Anda Mengalami Hamil Tanpa Gejala?

Apakah Mungkin, Anda Mengalami Hamil Tanpa Gejala?

Ada beberapa ciri atau gejala kehamilan yang umumnya terlihat atau dirasakan wanita. Namun, tidak menutup kemungkinan banyak orang mengalami kondisi yang berbeda. Salah satunya adalah gejala kehamilan yang mungkin tidak dirasakan sebagian wanita. Apakah itu mungkin dan normal hamil tanpa merasa gejala? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Hamil tanpa gejala, normalkah?

kedondong untuk ibu hamil

Menuju trimester pertama kehamilan, sebagian besar wanita mungkin mengalami keluhan ibu hamil.

Secara umum, gejala atau tanda awal kehamilan muncul sekitar 5–6 minggu setelah hari pertama jadwal seharusnya menstruasi berakhir. Mengutip dari Mayo Clinic, berikut ini tanda atau gejala awal kehamilan yang umum terjadi:

  • melewatkan siklus menstruasi,
  • mual dan muntah (biasanya morning sickness),
  • nyeri payudara sekaligus bentuk membesar,
  • lebih sering lelah,
  • sering buang air kecil, serta
  • indera penciuman lebih sensitif.

Namun, gejala kehamilan serta frekuensinya dapat bervariasi setiap orang. Ada kemungkinan Ibu hanya merasakan mual, suasana hati berubah, kram, atau sekadar peningkatan buang air kecil saja. Bahkan, tidak menutup kemungkinan ada kalanya Anda tidak mengalami gejala kehamilan pada hari atau minggu tertentu.

Hamil tanpa gejala mungkin bukan menjadi hal yang umum, tetapi bisa saja terjadi pada siapapun. Hal ini karena tidak ada yang bisa memprediksi apa saja gejala kehamilan.

Selain tidak mengalami gejala yang sudah disebutkan di atas, Ibu hamil juga mungkin tidak merasakan nyeri punggung bawah atau kram panggul. Hingga kini, belum ada penyebab pasti mengapa sebagian wanita mengalami hamil tanpa gejala atau hanya merasakan sedikit gejala.

Mengapa gejala kehamilan menghilang?

hamil tanpa gejala

Kondisi lainnya yang mungkin terjadi adalah gejala atau tanda kehamilan tiba-tiba menghilang.

Hindari rasa khawatir berlebihan karena intensitas serta frekuensi gejala kehamilan tergolong sangat bervariasi. Ada kalanya Anda tidak mengalami gejala apa pun pada hari tertentu.

Pada beberapa kasus, Ibu bukan mengalami hamil tanpa gejala, tetapi rasa tersebut mulai berkurang karena perubahan tubuh.

[embed-community-8]

Wanita tidak menyadari kehamilan

Mungkin Anda tidak menyadari saat terjadinya hamil tanpa gejala. Maka dari itu, sebaiknya Ibu melakukan tes kehamilan setelah menyadari ada keterlambatan siklus menstruasi. Ini menjadi hal yang perlu Anda lakukan untuk memastikan bahwa Anda benar-benar hamil.

Tes kehamilan juga penting karena dapat mencegah kondisi kesehatan yang berujung pada komplikasi kehamilan. Seperti penjelasan di atas, tidak ada yang tahu mengapa sebagian wanita mengalami kondisi hamil tanpa gejala. Akan tetapi, ini bukan berarti ada yang salah dengan kehamilan Anda.

Mengutip dari Cleveland Clinic, di bawah adalah kemungkinan mengapa Anda tidak menyadari kehamilan.

1. Siklus menstruasi tidak teratur

Hampir sekitar 30% wanita mengalami siklus menstruasi tidak teratur. Saat sudah terbiasa, maka wanita pun tidak merasa bahwa keterlambatan ini adalah gejala kehamilan.

2. Perut tidak menonjol

Tak hanya merasakan hamil tanpa gejala, ada kalanya wanita juga tidak mengalami pembesaran perut karena tersamarkan dengan obesitas.

Kondisi ini juga bisa terjadi saat Ibu mengalami cryptic pregnancy atau kehamilan samar karena memang tidak disadari. Selain itu, sebagian wanita juga tidak menyadari kehamilan serta tidak mempermasalahkan hamil tanpa gejala karena tidak ingin mengakuinya.

Apakah ada tanda tertentu jika terjadi keguguran?

gejala kehamilan menghilang

Apabila Ibu sudah melakukan tes kehamilan dengan hasil positif tetapi masih merasakan hamil tanpa gejala, kondisi ini mungkin membuat Anda khawatir. Ibu mungkin merasa khawatir tiadanya gejala merupakan tanda terjadinya keguguran.

Sebagian besar keguguran terjadi sebelum usia kehamilan mencapai 12 minggu. Tanda atau gejala keguguran yang perlu di waspadai adalah:

  • bercak atau perdarahan dari vagina,
  • nyeri atau kram pada perut dan punggung bawah, serta
  • ada cairan serta jaringan yang keluar dari vagina.

Sebelum mengambil simpulan bahwa Anda mengalami keguguran karena hamil tanpa gejala tertentu, segera konsultasikan ke dokter. Dokter akan melakukan tes kehamilan, tes darah, sekaligus USG untuk melihat perkembangan janin dalam kandungan.

Sebaiknya jangan berpikiran bahwa apa yang Ibu alami selama masa kehamilan adalah normal, kurang normal, atau tidak normal. Setiap orang mempunyai kondisi tubuh yang berbeda sehingga pengalaman yang Anda rasakan termasuk hamil tanpa gejala pun bisa saja terjadi.

Hal yang paling penting adalah rutin melakukan pemeriksaan kehamilan untuk mengetahui kondisi ibu beserta bayi dalam kandungan agar tetap sehat hingga persalinan.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days
Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Can You Be Pregnant and Not Know It?. (2019). Retrieved 20 April 2021, from https://health.clevelandclinic.org/can-you-be-pregnant-and-not-know-it/

Pregnancy – signs and symptoms | betterhealth.vic.gov.au. (2021). Retrieved 20 April 2021, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/pregnancy-signs-and-symptoms

Symptoms of pregnancy: What happens first. (2021). Retrieved 20 April 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/symptoms-of-pregnancy/art-20043853

Akubueze Nto-Ezimah, U., Nto, N., Anayochukwu Esom, E., Okwor, C., & Adiri, C. (2020). Unexpected delivery: a case report of cryptic pregnancy in Nigeria. Pan African Medical Journal, 36. doi: 10.11604/pamj.2020.36.205.23790

Pregnancy: What’s Normal … and What’s Not. (2021). Retrieved 20 April 2021, from https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=pregnancy-whats-normal-and-whats-not-1-4076

Miscarriage – Symptoms and causes. (2021). Retrieved 20 April 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pregnancy-loss-miscarriage/symptoms-causes/syc-20354298

Molander, E., Alehagen, S., & Berterö, C. (2010). Routine ultrasound examination during pregnancy: a world of possibilities. Midwifery, 26(1), 18-26. doi: 10.1016/j.midw.2008.04.008

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 2 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita