backup og meta
Kategori

60

Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

Kapan Tanda Kehamilan Muncul Setelah Berhubungan Intim?

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Arinda Veratamala · Tanggal diperbarui 02/02/2024

Kapan Tanda Kehamilan Muncul Setelah Berhubungan Intim?

Setelah berhubungan seksual, Anda pasti menunggu-nunggu munculnya tanda-tanda kehamilan. Namun, Anda mungkin membutuhkan waktu beberapa hari sampai beberapa minggu sampai mengalami tanda hamil. Atau, mungkin tidak ada perubahan apa-apa yang terjadi setelah Anda berhubungan intim.

Kapan tanda kehamilan setelah berhubungan seksual terlihat?

tanda istri hamil

Tanda kehamilan setelah berhubungan seksual bisa terjadi segera atau membutuhkan jarak waktu beberapa hari. Hal ini tergantung dari tiap individu. 

Jadi, tidak ada jawaban pasti untuk hal ini karena jarak waktu yang dibutuhkan bervariasi pada setiap orang.

Selain itu, ada banyak faktor berbeda yang berperan dalam kehamilan setelah berhubungan seks.

Biasanya, tanda-tanda kehamilan bisa terjadi pada wanita selama lima atau enam minggu pertama kehamilan.

Adapun beberapa tanda pada awal waktu kehamilan yang perlu Anda ketahui dan perhatikan, di antaranya sebagai berikut.

  • Bercak darah atau kram perut. Kondisi ini bisa terjadi karena telur yang sudah dibuahi sperma melakukan penempelan pada dinding rahim, disebut sebagai perdarahan implantasi.
  • Telat menstruasi. Tidak semua menstruasi yang terlewat adalah gejala dari kehamilan. Untuk memastikannya, sebaiknya Anda melakukan tes kehamilan setelah Anda mendapatkan telat menstruasi.
  • Perubahan payudara. Payudara bisa menjadi lebih sensitif, terasa nyeri, terasa penuh, dan lebih besar pada satu minggu atau dua minggu sejak pembuahan.
  • Kelelahan. Di minggu-minggu awal kehamilan, bahkan satu minggu setelah pembuahan, ibu hamil dapat mengalami kelelahan karena ada peningkatan hormon progesteron.
  • Morning sickness. Mual dan muntah yang biasa terjadi di pagi, siang, atau malam hari bisa menjadi tanda dari kehamilan karena pengaruh hormon.
  • Perubahan suasana hati. Ini merupakan salah satu tanda awal kehamilan dan terjadi karena mengalami perubahan hormonal yang signifikan dalam tubuh selama kehamilan.

Menurut studi dari Univeristy of Warwick tahun 2020, tanda kehamilan yang paling umum adalah mual dan muntah yang telah dialami oleh sekitar 94% wanita.

Kendati begitu, gejala kehamilan yang terjadi pun bisa berbeda-beda antar wanita maupun antar kehamilan.

Tak jarang, beberapa wanita juga ada yang tidak merasakan gejala apapun sehingga ia tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil.

Berapa jarak kehamilan setelah berhubungan seksual?

Kehamilan tidak bisa langsung terjadi saat itu juga atau hari dimana Anda melakukan hubungan seksual.

Diperlukan jarak waktu sekitar 6 hari setelah berhubungan seks untuk sperma dan sel telur bertemu hingga terjadi pembuahan.

Begitu sperma berhasil menembus dan membuahi sel telur, maka sel telur yang telah dibuahi mulai membelah dengan cepat sehingga menjadi sekelompok sel yang nantinya akan menjadi embrio.

Saat sekelompok sel tumbuh, ia mulai melakukan perjalanannya sendiri dari tuba uterina ke rahim di mana implantasi terjadi.

Proses implantasi, yakni ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim, terjadi selama 6—10 hari setelah pembuahan.

Pada sekitar seperempat perjalanan kehamilan, Anda mungkin akan mendapati adanya sedikit bercak darah yang terjadi antara 10—14 hari setelah pembuahan.

Kondisi yang disebut perdarahan implantasi ini memang terkadang membingungkan karena terjadi pada periode menstruasi Anda.

Jika Anda mengalami perdarahan yang tidak seperti menstruasi dan merasa mengalami tanda-tanda kehamilan, sebaiknya segera melakukan tes atau berkonsultasi dengan dokter.

Cara memastikan tanda kehamilan setelah berhubungan intim

tanda tanda hamil

Walaupun Anda sudah mengalami tanda-tanda kehamilan setelah berhubungan intim, tapi itu tidak selalu berarti Anda benar-benar sedang hamil.

Hal ini bisa saja terjadi disebabkan oleh kondisi lain selain kehamilan. Untuk mengetahui bahwa Anda benar-benar sedang hamil atau tidak, cara terbaik adalah dengan melakukan tes kehamilan.

Mengutip Cleveland Clinic, tes kehamilan bekerja dengan mendeteksi tingkat tertentu human chorionic gonadotrophin (hCG) yang ada di dalam urine.

Namun, Anda harus menunggu beberapa waktu sampai Anda melewatkan periode menstruasi Anda berikutnya untuk mendapatkan hasil yang paling akurat.

Tes kehamilan ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan test pack atau memeriksakan diri Anda ke dokter.

Cara meningkatkan kemungkinan hamil setelah berhubungan seks

Penting untuk mengetahui kapan masa subur atau ovulasi dapat membantu Anda merencanakan seks pada waktu yang tepat sekaligus meningkatkan peluang untuk hamil.

Anda dapat melacak siklus menstruasi Anda di tabel, buku harian, atau di aplikasi pelacak periode gratis di smartphone Anda.

Untuk mengetahui panjang siklus menstruasi Anda, catat hari pertama Anda mulai menstruasi. Kemudian catat juga hari terakhir siklus menstruasi Anda sebelum memasuki periode berikutnya.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Arinda Veratamala · Tanggal diperbarui 02/02/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan