Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ambeien pada Ibu Hamil: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ambeien pada Ibu Hamil: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ambeien atau wasir adalah kondisi pembuluh darah di anus yang membengkak. Semua orang bisa terkena ambeien, termasuk pada ibu hamil. Ambeien saat hamil sering terjadi di akhir trimester kedua hingga selama trimester ketiga kehamilan. Mengapa kondisi yang menjadi keluhan ibu hamil ini bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Apa penyebab ambeien pada ibu hamil?

ambeien wasir pada ibu hamil

Mengutip dari Women’s Health, kehamilan membuat volume darah meningkat dan menyebabkan pembuluh darah membesar. Kondisi rahim yang semakin membesar juga membuat tekanan pada pembuluh darah di rektum (bagian kecil paling akhir dari usus besar sebelum anus).

Selain itu, peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan dinding pembuluh darah mengendur, yang menyebabkan mereka lebih mudah membengkak. Progesteron juga memengaruhi sembelit dengan memperlambat kerja saluran usus.

Masih dikutip dari Women’s Health, setidaknya 50 persen ibu hamil mengalami ambeien (wasir) dan akan membaik setelah melahirkan.

Apa tanda dan gejala ambeien pada ibu hamil?

ambeien wasir pada ibu saat hamil

Beberapa tanda dan gejala ambeien yang dirasakan ibu hamil yaitu:

  • Dubur gatal atau sensasi panas.
  • Keluar darah berwarna merah terang setelah BAB.
  • Rasa sakit yang tajam dan menusuk dekat anus.
  • Tonjolan atau lapisan kulit ekstra di sekitar anus.
  • Nyeri atau sakit selama atau setelah BAB.
  • Tekanan yang tidak nyaman.

Biasanya, ibu hamil bisa merasakan benjolan tersebut. Ambeien akan menghilang dengan sendirinya setelah persalinan.

Namun bila ibu hamil mengalami perdarahan hebat, penting untuk segera mengunjungi dokter terdekat untuk bisa menentukan pengobatan apa yang diperlukan.

Bagaimana cara mengatasi ambeien pada ibu hamil?

makanan saat ambeien

Wasir atau ambeien saat hamil biasanya terjadi di trimester dua dan trimester tiga kehamilan, ketika perut semakin membesar. Kondisi ini tentu membuat tidak nyaman, terutama ketika duduk dan buang air besar.

Berikut beberapa cara sederhana untuk mengatasi ambeien pada ibu hamil:

Makan banyak serat

Makan banyak serat bisa terhindari dari sembelit yang membuat feses mengeras. Tenaga mengejan saat sembelit yang dikeluarkan akan menambahkan tekanan pada pembuluh darah, membuatnya semakin membengkak dan memerah iritasi.

Selain itu, ketika buang air besar, hindari untuk memaksa atau mengejan terlalu kuat. Ini membuat ambeien semakin parah.

Senam kegel

Senam kegel tidak hanya membantu menguatkan dinding perineum untuk proses persalinan, Kegel juga memperlancar aliran darah yang bisa meredakan dan mencegah wasir.

Anda bisa melakukan senam kegel tiga kali sehari, setiap pagi, siang, dan malam. Untuk awalan, lakukan 5 kali dan tingkatkan 20-3 kali setiap senam.

Memakai bantal saat duduk

Duduk di kursi dengan alas rata dan tidak empuk sangat tidak nyaman. Anda bisa menggunakan bantal yang memiliki lubang di tengahnya, untuk mengurangi rasa sakit.

Hindari duduk terlalu lama

Posisi duduk semakin memberikan tekanan pada pembuluh darah anus dan rektum. Bila pekerjaan menuntut duduk lama, ibu hamil bisa berdiri setiap satu jam dan berjalan santai selama 10 menit.

Bergerak sesering mungkin mampu mengurangi tekanan pada bokong dan anus dan menghindari ambeien pada ibu hamil.

Memakai obat ambeien tanpa resep

Gunakan obat ambeien nonresep untuk mengurangi ambeien pada ibu hamil. Konsultasikan dengan dokter mengenai salep atau krim ambeien, atau tisu basah obat apa yang sesuai dengan kondisi.

Walau begitu, krim atau salep ambeien tidak berfungsi untuk menyembuhkan wasir. Kandungan obat dalam salep atau krim wasir hanya berfungsi untuk meredakan rasa sakit dan nyeri akibat wasir.

Bersihkan anus

Bersihkan area bokong dan anus menggunakan tisu basah non-parfum setiap kali usai buang air besar. Saat membersihkan bokong, gunakan gerakan menepuk, bukan menggosok. Ini untuk menghindari iritasi yang membuat bokong semakin tidak nyaman.

Perlukah operasi ambeien pada ibu hamil?

prosedur operasi ambeien

Mengutip dari Los Angeles Colon and Rectal Surgical Associate, operasi wasir (ambeien) atau dikenal sebagai hemoroidektomi bukanlah pilihan utama pengobatan wasir saat hamil.

Meski begitu, operasi mungkin dan tidak terlalu jarang dilakukan selama kehamilan atau segera setelah melahirkan.

Banyak wanita yang memiliki wasir selama hamil atau saat melahirkan. Beberapa wanita mungkin memerlukan perawatan yang lebih intensif daripada yang lain karena kondisi yang lebih parah.

Sebenarnya, baik ibu yang sedang hamil dan tidak, kurang memerlukan operasi. Biasanya dokter akan memberikan cara pengobatan atau perawatan lain dulu untuk mencegah gejala semakin parah.

Dokter akan meresepkan obat pelunak feses untuk mencegah sembelit dan krim oles yang dapat membantu meredakan gejala. Dokter juga akan menyarankan untuk melakukan pengobatan tersebut dengan dibarengi perubahan pola makan dan aktivitas sehari-hari.

Pada akhirnya, dokter akan mencoba untuk menghindari operasi dengan mencoba mengecilkan jaringan yang meradang dengan perawatan noninvasif atau mengelola gejala sampai dapat melahirkan.

Operasi adalah pengobatan terakhir untuk ambeien pada hamil

Operasi wasir terkadang diperlukan dalam kasus tertentu. Operasi wasir bisa dilakukan selama kehamilan atau segera setelah melahirkan.

Wanita hamil mungkin perlu melakukan operasi wasir jika pengobatan lain tidak efektif dan sangat menyakitkan atau gejala semakin parah. Jika wasir pada wanita hamil menyebabkan perdarahan yang tidak terkendali atau ambeien dalam, operasi wasir perlu dilakukan.

Umumnya, wasir saat hamil sering semakin parah selama trimester ketiga.

Namun, jika kondisi tidak semakin parah atau tidak muncul masalah lain sampai setelah minggu ke 27 atau 28 kehamilan, dokter akan menentukan apakah perlu operasi segera atau harus menunggu setelah melahirkan. Keputusan ini tergantung pada kondisi ibu hamil.

Pilihan operasi wasir (ambeien) pada ibu hamil

Jika ibu hamil perlu melakukan operasi wasir, bius lokal akan diberikan selama operasi. Ada 3 pilihan operasi, yaitu:

1. Prosedur untuk prolaps dan hemorhoid (PPH)

Prosedur ini memberikan alternatif yang efektif untuk operasi wasir saat hamil. Prosedur ini efektif untuk mengatasi ambeien internal dan hanya memberikan sedikit rasa nyeri setelah operasi.

2. Transanal hemorrhoidal dearterialization (THD)

Prosedur ini dilakukan dengan mengidentifikasi pembuluh darah melalui sistem doppler dan tidak memerlukan pengangkatan jaringan ambeien pada ibu hamil.

Setelah teridentifikasi, maka dilakukan ligasi pada bundel hemoroid. Karena tidak ada jaringan yang diangkat, waktu pemulihan bisa lebih cepat dibandingkan dengan hemoroidektomi tradisional.

3. Hemoroidektomi tradisional

Dalam beberapa kasus, hemoroidektomi tradisional adalah pilihan terbaik untuk mengangkat ambeien internal dan menghentikan gejala.

Prosedur ini dilakukan dengan menghentikan aliran darah ke jaringan, kemudian memotongnya dengan pisau bedah. Prosedur ini mungkin akan membutuhkan jahitan, dan mungkin akan mengalami perdarahan prosedur.

Ibu hamil mungkin perlu menginap satu atau dua malam di rumah sakit setelah melakukan operasi.

Rasa sakit operasi ambeien pada ibu hamil ini biasanya akan terjadi selama beberapa minggu dan mungkin membutuhkan waktu 6 minggu atau lebih untuk benar-benar pulih.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Saleeby, R., Rosen, L., Stasik, J., Riether, R., Sheets, J., & Khubchandani, I. (1991). Hemorrhoidectomy during pregnancy. Diseases Of The Colon & Rectum34(3), 260-261. doi: 10.1007/bf02090166

Piles in pregnancy. (2017). Retrieved 18 September 2020, from https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/piles-haemorrhoids-pregnant/

Treating hemorrhoids during pregnancy. (2020). Retrieved 18 September 2020, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/expert-answers/hemorrhoids-during-pregnancy/faq-20058149

Body changes and discomforts | womenshealth.gov. (2016). Retrieved 18 September 2020, from https://www.womenshealth.gov/pregnancy/youre-pregnant-now-what/body-changes-and-discomforts

What If I Need Hemorrhoid Surgery or Removal During Pregnancy? | Beverly Hills Hemorrhoid Surgeons and Proctologists. (2018). Retrieved 18 September 2020, from https://lacolon.com/article/hemorrhoid-surgery-removal-pregnancy

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Riska Herliafifah Diperbarui 5 hari lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x