Ambeien pada Ibu Hamil: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 November 2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Ambeien atau wasir adalah kondisi pembuluh darah di anus yang membengkak. Semua orang bisa terkena ambeien, termasuk pada ibu hamil. Ambeien saat hamil sering terjadi di akhir trimester kedua hingga selama trimester ketiga kehamilan. Mengapa kondisi yang menjadi keluhan ibu hamil ini bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Apa penyebab ambeien pada ibu hamil?

ambeien wasir pada ibu hamil

Mengutip dari Women’s Health, kehamilan membuat volume darah meningkat dan menyebabkan pembuluh darah membesar. Kondisi rahim yang semakin membesar juga membuat tekanan pada pembuluh darah di rektum (bagian kecil paling akhir dari usus besar sebelum anus).

Selain itu, peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan dinding pembuluh darah mengendur, yang menyebabkan mereka lebih mudah membengkak. Progesteron juga memengaruhi sembelit dengan memperlambat kerja saluran usus.

Masih dikutip dari Women’s Health, setidaknya 50 persen ibu hamil mengalami ambeien (wasir) dan akan membaik setelah melahirkan. 

Apa tanda dan gejala ambeien pada ibu hamil?

ambeien wasir pada ibu saat hamil

Beberapa tanda dan gejala ambeien yang dirasakan ibu hamil yaitu:

  • Dubur gatal atau sensasi panas.
  • Keluar darah berwarna merah terang setelah BAB.
  • Rasa sakit yang tajam dan menusuk dekat anus.
  • Tonjolan atau lapisan kulit ekstra di sekitar anus.
  • Nyeri atau sakit selama atau setelah BAB.
  • Tekanan yang tidak nyaman.

Biasanya, ibu hamil bisa merasakan benjolan tersebut. Ambeien akan menghilang dengan sendirinya setelah persalinan.

Namun bila ibu hamil mengalami perdarahan hebat, penting untuk segera mengunjungi dokter terdekat untuk bisa menentukan pengobatan apa yang diperlukan.

Bagaimana cara mengatasi ambeien pada ibu hamil?

makanan saat ambeien

Wasir atau ambeien saat hamil biasanya terjadi di trimester dua dan trimester tiga kehamilan, ketika perut semakin membesar. Kondisi ini tentu membuat tidak nyaman, terutama ketika duduk dan buang air besar. 

Berikut beberapa cara sederhana untuk mengatasi ambeien pada ibu hamil:

Makan banyak serat

Makan banyak serat bisa terhindari dari sembelit yang membuat feses mengeras. Tenaga mengejan saat sembelit yang dikeluarkan akan menambahkan tekanan pada pembuluh darah, membuatnya semakin membengkak dan memerah iritasi. 

Selain itu, ketika buang air besar, hindari untuk memaksa atau mengejan terlalu kuat. Ini membuat ambeien semakin parah. 

Senam kegel

Senam kegel tidak hanya membantu menguatkan dinding perineum untuk proses persalinan, Kegel juga memperlancar aliran darah yang bisa meredakan dan mencegah wasir.

Anda bisa melakukan senam kegel tiga kali sehari, setiap pagi, siang, dan malam. Untuk awalan, lakukan 5 kali dan tingkatkan 20-3 kali setiap senam.

Memakai bantal saat duduk

Duduk di kursi dengan alas rata dan tidak empuk sangat tidak nyaman. Anda bisa menggunakan bantal yang memiliki lubang di tengahnya, untuk mengurangi rasa sakit. 

Hindari duduk terlalu lama

Posisi duduk semakin memberikan tekanan pada pembuluh darah anus dan rektum. Bila pekerjaan menuntut duduk lama, ibu hamil bisa berdiri setiap satu jam dan berjalan santai selama 10 menit.

Bergerak sesering mungkin mampu mengurangi tekanan pada bokong dan anus dan menghindari ambeien pada ibu hamil.

Memakai obat ambeien tanpa resep

Gunakan obat ambeien nonresep untuk mengurangi ambeien pada ibu hamil. Konsultasikan dengan dokter mengenai salep atau krim ambeien, atau tisu basah obat apa yang sesuai dengan kondisi.

Walau begitu, krim atau salep ambeien tidak berfungsi untuk menyembuhkan wasir. Kandungan obat dalam salep atau krim wasir hanya berfungsi untuk meredakan rasa sakit dan nyeri akibat wasir.

Bersihkan anus

Bersihkan area bokong dan anus menggunakan tisu basah non-parfum setiap kali usai buang air besar. Saat membersihkan bokong, gunakan gerakan menepuk, bukan menggosok. Ini untuk menghindari iritasi yang membuat bokong semakin tidak nyaman.

Perlukah operasi ambeien pada ibu hamil?

prosedur operasi ambeien

Mengutip dari Los Angeles Colon and Rectal Surgical Associate, operasi wasir (ambeien) atau dikenal sebagai hemoroidektomi bukanlah pilihan utama pengobatan wasir saat hamil.

Meski begitu, operasi mungkin dan tidak terlalu jarang dilakukan selama kehamilan atau segera setelah melahirkan.

Banyak wanita yang memiliki wasir selama hamil atau saat melahirkan. Beberapa wanita mungkin memerlukan perawatan yang lebih intensif daripada yang lain karena kondisi yang lebih parah.

Sebenarnya, baik ibu yang sedang hamil dan tidak, kurang  memerlukan operasi. Biasanya dokter akan memberikan cara pengobatan atau perawatan lain dulu untuk mencegah gejala semakin parah.

Dokter akan meresepkan obat pelunak feses untuk mencegah sembelit dan krim oles yang dapat membantu meredakan gejala. Dokter juga akan menyarankan untuk melakukan pengobatan tersebut dengan dibarengi perubahan pola makan dan aktivitas sehari-hari.

Pada akhirnya, dokter akan mencoba untuk menghindari operasi dengan mencoba mengecilkan jaringan yang meradang dengan perawatan noninvasif atau mengelola gejala sampai dapat melahirkan.

Operasi adalah pengobatan terakhir untuk ambeien pada hamil

Operasi wasir terkadang diperlukan dalam kasus tertentu. Operasi wasir bisa dilakukan selama kehamilan atau segera setelah melahirkan.

Wanita hamil mungkin perlu melakukan operasi wasir jika pengobatan lain tidak efektif dan sangat menyakitkan atau gejala semakin parah. Jika wasir pada wanita hamil menyebabkan perdarahan yang tidak terkendali atau ambeien dalam, operasi wasir perlu dilakukan.

Umumnya, wasir saat hamil sering semakin parah selama trimester ketiga.

Namun, jika kondisi tidak semakin parah atau tidak muncul masalah lain sampai setelah minggu ke 27 atau 28 kehamilan, dokter akan menentukan apakah perlu operasi segera atau harus menunggu setelah melahirkan. Keputusan ini tergantung pada kondisi ibu hamil.

Pilihan operasi wasir (ambeien) pada ibu hamil

Jika ibu hamil perlu melakukan operasi wasir, bius lokal akan diberikan selama operasi. Ada 3 pilihan operasi, yaitu:

1. Prosedur untuk prolaps dan hemorhoid (PPH)

Prosedur ini memberikan alternatif yang efektif untuk operasi wasir saat hamil. Prosedur ini efektif untuk mengatasi ambeien internal dan hanya memberikan sedikit rasa nyeri setelah operasi.

2. Transanal hemorrhoidal dearterialization (THD)

Prosedur ini dilakukan dengan mengidentifikasi pembuluh darah melalui sistem doppler dan tidak memerlukan pengangkatan jaringan ambeien pada ibu hamil.

Setelah teridentifikasi, maka dilakukan ligasi pada bundel hemoroid. Karena tidak ada jaringan yang diangkat, waktu pemulihan bisa lebih cepat dibandingkan dengan hemoroidektomi tradisional.

3. Hemoroidektomi tradisional

Dalam beberapa kasus, hemoroidektomi tradisional adalah pilihan terbaik untuk mengangkat ambeien internal dan menghentikan gejala.

Prosedur ini dilakukan dengan menghentikan aliran darah ke jaringan, kemudian memotongnya dengan pisau bedah. Prosedur ini mungkin akan membutuhkan jahitan, dan mungkin akan mengalami perdarahan prosedur.

Ibu hamil mungkin perlu menginap satu atau dua malam di rumah sakit setelah melakukan operasi.

Rasa sakit operasi ambeien pada ibu hamil ini biasanya akan terjadi selama beberapa minggu dan mungkin membutuhkan waktu 6 minggu atau lebih untuk benar-benar pulih.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

11 Ciri Bayi Tumbuh Gigi yang Perlu Diketahui Orangtua

Ada banyak tanda bayi tumbuh gigi yang dapat membuat si kecil rewel. Berikut berbagai tanda dan tips meredakan rasa tidak nyaman saat bayi tumbuh gigi.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Bayi, Parenting, Bayi Satu Tahun Pertama 25 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

Ragam Makanan dengan Kandungan Bakteri yang Baik untuk Usus

Tubuh kita membutuhkan bakteri dalam usus untuk menjaga fungsinya. Cari tahu makanan yang baik untuk usus dalam artikel berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Pencernaan 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Informasi Seputar Cat Kuku dan Dampaknya untuk Kesehatan

Bau cat kuku gel yang menyengat kerap membuat ibu hamil merasa tak nyaman. Lantas, bagaimana penggunaan dari segi keamanannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 24 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

7 Panduan Memotong Kuku dengan Benar

Salah cara memotong kuku sering memicu cantengan dan infeksi jamur kuku. Bagaimana cara gunting kuku yang aman? Ikuti panduan ini!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 23 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tidak enak badan

6 Cara Mengurangi Rasa Tidak Enak Badan saat Demam

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
makan makanan yang sama

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
tidak bisa kentut susah kentut

Tiba-Tiba Susah Kentut? Tak Perlu Pusing, Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
cara mengusir semut

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit