home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Main Basket Dapat Menambah Tinggi Badan, Apa Benar?

Main Basket Dapat Menambah Tinggi Badan, Apa Benar?

Seringnya, banyak orang bilang bahwa olahraga, seperti basket, dapat membantu Anda dalam menambah tinggi badan. Tak heran, banyak orangtua yang menyarankan anaknya, terutama anak laki-laki biasanya, untuk bermain basket. Adanya gerakan loncat saat Anda main basket mungkin menjadi alasan mengapa basket dapat menambah tinggi badan. Tapi, apakah ini benar?

Benarkah main basket dapat menambah tinggi badan?

Banyak orang mengira bahwa main basket dapat menambah tinggi badan atau membuat lebih tinggi. Namun, tampaknya hal ini masih diragukan. Beberapa peneliti berpendapat bahwa melompat saat main basket dapat membuat tubuh melepaskan hormon pertumbuhan, dan hormon inilah yang memicu pertumbuhan tinggi badan. Melompat juga dapat meningkatkan aliran darah ke bagian tubuh yang bekerja saat melompat, seperti kaki dan tulang belakang, sehingga juga dapat membantu menambah tinggi badan. Hal ini mungkin benar, tapi bukan berarti main basket dapat langsung membuat tinggi badan Anda bertambah dan Anda lebih tinggi.

Basket dan tinggi badan tidak mempunyai hubungan langsung. Orang yang rajin main basket bisa saja tidak lebih tinggi daripada orang yang tidak main basket. Hal ini bisa terjadi karena memang tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor, tidak hanya dari main basket.

Namun begitu, Anda disarankan untuk melakukan olahraga (tidak hanya basket) sebagai upaya untuk membantu pertumbuhan tubuh, termasuk pertumbuhan tinggi badan. Kombinasi antara gen, nutrisi, dan hormon pertumbuhan yang baik dapat menghasilkan pertumbuhan tinggi badan yang optimal.

Apa saja yang memengaruhi tinggi badan?

Banyak faktor yang memengaruhi tinggi badan, mulai dari faktor yang tidak bisa Anda ubah sampai pada faktor yang bisa Anda perbaiki. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi tinggi badan Anda adalah:

Genetik

Ini merupakan salah satu faktor utama yang dapat memengaruhi tinggi badan Anda. Genetik bisa Anda dapatkan dari kedua orangtua Anda, dari ayah dan ibu. Jika kedua orangtua Anda mempunyai badan yang tinggi, Anda mempunyai kesempatan lebih besar untuk bisa tinggi.

Hormon

Hormon dalam tubuh tentu dapat memengaruhi pertumbuhan tinggi badan yang Anda punya. Pertumbuhan tulang sangat erat kaitannya dengan hormon, terutama hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan dapat dilepaskan oleh tubuh saat Anda melakukan aktivitas, seperti berolahraga, dan saat Anda tidur.

Nutrisi

Nutrisi yang Anda dapatkan dari kecil, bahkan sejak Anda berada dalam kandungan turut memengaruhi pertumbuhan tinggi badan Anda. Nutrisi yang kurang terpenuhi dapat menyebabkan pertumbuhan tulang Anda terhambat. Sebaliknya, nutrisi yang cukup sejak kecil dapat mendukung pertumbuhan tulang Anda, sehingga Anda bisa mencapai tinggi badan optimal. Beberapa nutrisi yang memengaruhi pertumbuhan tulang adalah kalsium, fosfor, seng, magnesium, dan kromium.

Olahraga

Upayakan untuk selalu berolahraga (apapun itu olahraganya) saat remaja, sebelum pertumbuhan tinggi badan Anda berhenti. Remaja merupakan kesempatan terakhir Anda untuk memperbaiki tinggi badan yang Anda punya. Karena, setelah remaja, pertumbuhan tulang untuk tumbuh memanjang akan berhenti. Olahraga yang bisa Anda lakukan selain basket adalah berenang, voli, yoga, dan lainnya.

Tidur

Tahukah Anda bahwa hormon pertumbuhan yang mendukung pertambahan tinggi badan banyak dilepaskan pada saat Anda tidur nyenyak? Tak heran, anak kecil membutuhkan tidur lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa. Karena, saat tidur, tubuh anak banyak melakukan pertumbuhan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

(2013). A Scientific Theory On Why Playing Basketball May Indeed Make Young Teenagers Increase In Height And Grow Taller – Natural Height Growth. [online] Natural Height Growth. Available at: http://www.naturalheightgrowth.com/2013/03/05/a-scientific-theory-on-why-playing-basketball-may-indeed-make-young-teenagers-increase-in-height-and-grow-taller/ [Accessed 27 Jan. 2017].

Lee, J. (2015). Does Playing Basketball Make You Taller? – Your Body Changing. [online] Available at: http://yourbodychanging.com/does-playing-basketball-make-you-taller/ [Accessed 27 Jan. 2017].

(2016). How to get taller fast? –. [online] Available at: http://thehealthinfosite.com/get-taller/ [Accessed 27 Jan. 2017].

Danish, E. Factors Affecting Children’s Height. [online] Available at: Thehealthinfosite.com. (2017). How to get taller fast? -. [online] Available at: http://thehealthinfosite.com/get-taller/ [Accessed 27 Jan. 2017]. [Accessed 27 Jan. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala
Tanggal diperbarui 07/02/2017
x