Kiat Sukses Mengatasi Perut Kembung Hanya Dengan 5 Menit Olahraga

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi perut kembung adalah dengan berolahraga. Anda terlalu sibuk dan tidak punya banyak waktu luang untuk olahraga? Tenang,  olahraga lima menit ini bisa membantu mengatasi masalah perut kembung Anda . Bagaimana caranya? Baca terus ulasan berikut ini.

Cara mengatasi perut kembung hanya dalam 5 menit

Olahraga terbukti memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengatasi perut kembung. Nyatanya, orang yang kurang olahraga justru lebih rentan mengalami sembelit dan perut kembung. Kurangnya aktivitas fisik dapat memperlambat gerakan usus sehingga memicu gas menimbun di perut.

Sebaliknya, gerakan-gerakan tubuh saat berolahraga dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke organ-organ cerna sehingga sistem pencernaan berjalan lebih lancar.

Berbagai gerakan olahraga yang dapat membantu mengatasi perut kembung adalah sebagai berikut:

Kardio 5 menit

Olahraga kardio 5 menit setiap hari bisa bantu Anda mengatasi perut kembung yang tak kunjung sembuh. Kardio dapat meningkatkan pernapasan, detak jantung, serta merangsang otot dan saraf agar bekerja secara optimal. Kondisi ini akan merangsang kontraksi alamiah usus. Otot usus yang berkontraksi secara efisien akan memperlancar pengeluaran makanan di usus dan membantu mengeluarkan gas yang menyebabkan rasa sakit.

Ada banyak jenis olahraga kardio yang bisa Anda lakukan, misalnya jalan cepat, berenang, bersepeda, dan jogging.

Sebagai permulaan, lakukan kardio minimal 5-10 menit setiap hari agar tubuh bisa beradaptasi terlebih dahulu. Kalau sudah terbiasa, tingkatkan waktu latihan kardio Anda selama 25 sampai 30 menit sebanyak 3 sampai 5 kali per minggu.

Yoga 5 menit

Setelah rutin olahraga kardio, lanjutkan dengan yoga untuk membantu mengatasi perut kembung. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Research and Management tahun 2006, remaja yang sering sakit perut karena kembung cenderung sembuh secara bertahap setelah rutin beryoga selama satu jam dalam empat minggu.

Nah, berikut ini adalah gerakan-gerakan yoga ringan yang bisa Anda lakukan selama lima menit setiap harinya.

1. Cat-cow

Cat-cow adalah salah satu pose yoga yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan perut kembung. Gerakan ini membantu mendorong gerakan usus sehingga mengurangi timbunan gas di perut.

Posisikan tubuh merangkak di atas matras, lalu dorong tulang belakang ke arah atas sambil membuang napas. Tundukkan kepala Anda dan tahan selama 10 detik. Setelah itu, gerakkan bagian tubuh ke arah yang berlawanan. Lengkungkan punggung ke arah bawah dan angkat kepala Anda menghadap atas. Tahan selama 10 detik dan ulangi gerakan ini sebanyak 3 kali.

2. Torso twist

Sumber: www.healthline.com

Pose yoga torso-twist dapat membantu meningkatkan aliran dan sirkulasi darah. Hanya dalam lima menit saja, gerakan ini bisa membantu mengatasi masalah perut kembung Anda, lho!

Ambil posisi nyaman dengan duduk di atas matras sambil menekuk lutut. Kemudian, angkat kaki ke arah dada sambil menyeimbangkan tulang ekor. Pada bagian tangan, tekuk siku dan letakkan tangan di depan dada, telapak tangan saling bersentuhan.

Mulailah dengan merotasi tubuh bagian atas ke arah kiri, lalu berhentilah saat siku kanan bersentuhan dengan lutut kiri. Putar tubuh kembali ke tengah dan ulangi gerakan yang sama ke arah kanan. Lakukan gerakan ini sebanyak 2 sampai 3 set.

3. Extended triangle pose

http://www.fitnessmagazine.com/workout/yoga/poses/beginner-yoga-poses/

Pose yoga yang satu ini dilakukan dengan posisi berdiri tegak. Taruh kaki kanan di depan kaki kiri dengan jarak 3 sampai 4 langkah. Ketika kaki kanan menghadap depan, arahkan kaki kiri menghadap ke samping atau membentuk sudut 90 derajat.

Berikan tumpuan pada pinggang, lalu turunkan tangan kanan ke lantai dan angkat tangan ke arah atas hingga lurus. Tahan pose ini selama 15 detik sambil mengatur napas dengan sebaik mungkin. Ulangi gerakan yang sama pada sisi lainnya.

4. Sphinx pose

Sumber: www.healthline.com

Tidak hanya dapat meregangkan tubuh, sphinx pose juga membantu meregangkan organ pencernaan yang bermasalah. Ini tentu bermanfaat untuk mengatasi perut kembung dan masalah pencernaan lain yang Anda alami.

Mulailah dengan tengkurap di atas matras dengan menekuk siku di sebelah dada. Lalu, berikan tekanan pada matras hingga mengangkat bagian tulang belakang Anda. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik dan turunkan kembali ke posisi awal. Ulangi sebanyak 5 kali agar pencernaan semakin lancar.

5. Extended puppy pose

Sumber: www.yogajournal.com.au

Ketika Anda baru saja makan porsi besar, gerakan yoga yang satu ini cocok untuk Anda lakukan. Pasalnya, gerakan ini dapat membantu merilekskan otot-otot perut sehingga membantu mengatasi perut kembung dan begah.

Mulailah dengan pose merangkak, lalu arahkan tangan ke depan sehingga tulang punggung sedikit miring ke depan. Pertama-tama, tarik tubuh ke arah belakang atas hingga kepala menyentuh lantai. Tahan selama 30 sampai 60 detik, lalu kembali ke posisi semula sambil menarik napas.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Jenis Pendinginan yang Wajib Dilakukan Setelah Lari

Meluangkan waktu untuk melakukan pendinginan setelah lari bisa menghindari Anda dari risiko cedera. Bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Olahraga Kardio, Kebugaran 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Mengenal Jenis-Jenis Yoga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang diminati banyak orang. Tapi, apakah Anda tahu apa saja manfaat yoga untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fitriana Deswika
Latihan Kelenturan, Kebugaran 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Tips Aman Berolahraga saat Musim Hujan yang Dingin dan Berangin

Musim hujan bukan alasan untuk berhenti olahraga karena takut masuk angin atau terpeleset. Ini tips aman olahraga saat musim hujan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Olahraga Lainnya, Kebugaran 23 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Kesalahan Umum saat Berusaha Membakar Lemak Perut

Ingin membakar lemak perut? Simak sejumlah kesalahan umum yang dilakukan saat berupaya membakar lemat perut agar usaha Anda berhasil.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Olahraga Lainnya, Kebugaran 23 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

hormon seimbang

6 Cara Alami untuk Menyeimbangkan Hormon dalam Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
cara membasakan diri jalan kaki agar tubuh bugar

6 Trik Sederhana Agar Terbiasa Jalan Kaki Demi Tubuh yang Bugar

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
Olahraga di tempat tidur

8 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Tempat Tidur

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
gula darah turun

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit