home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Pilates Pemula

Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Pilates Pemula

Pilates adalah suatu bentuk olahraga yang bertujuan untuk membangun kekuatan inti tubuh Anda. Pada dasarnya pilates ini mirip yoga, namun pada beberapa gerakan, perlengkapan, alat yang digunakan, dan fokus gerakannya agak berbeda. Pilates juga olahraga yang umumnya dilakukan di studio khusus dan dipandu dengan instrukturnya.

Nah, untuk Anda pemula yang mau coba, sebaiknya lakukan dulu persiapan dan perbekalan matang untuk pilates. Berikut adalah beberapa persiapan yang harus Anda lakukan sebelum melakukan pilates.

Perlengkapan pilates yang harus dibawa

1. Matras pilates

Persiapan yang harus dibawa untuk pilates pertama kali adalah matras atau tikar khusus. Matras olahraga pilates dengan yoga umumnya berbeda. Pada umumnya matras pilates akan lebih sedikit tebal dan banyak bantalannya dibandingkan matras yoga.

Ada baiknya Anda bertanya dulu pada instruktur pilates, matras merk atau jenis apa yang direkomendasikan untuk latihan pertama kali.

2. Handuk

Anda juga dapat membawa perlengkapan handuk sebagai persiapan pilates pertama kali. Pasalnya, meskipun olahraga ini tidak terlalu aktif layaknya olahraga zumba, namun pilates juga dapat mengeluarkan banyak keringat.

Pilates yang gerakkannya melatih otot dan juga bagian tubuh lain dapat membuat kalori terbakar dan keringat secara tidak sadar akan mengalir deras. Maka tidak ada salahnya untuk membawa handuk untuk menyeka keringat di sela-sela sesi latihan.

3. Air minum

Membawa botol berisi air minum juga dapat dilakukan sebagai persiapan pilates pertama kali. Biasanya di studio pilates sudah disiapkan air minum dan juga gelas sebagai perlengkapannya. Namun, tidak ada salahnya Anda membawa botol air minum sendiri yang aman untuk menghindari tumpah jika diletakkan di dekat Anda berolahraga.

4. Pakaian olahraga

Pilates pada dasarnya tidak membutuhkan pakaian khusus layaknya olahraga renang. Namun biasanya Anda akan dianjurkan pakai pakaian olahraga yang berbahan stretch agar nyaman dikenakan di berbagai manuver gerakan.

Persiapan pakaian untuk pilates yang dapat Anda kenakan adalah celana legging dan kaos olahraga yang stretch atau elastis bahannya. Tidak dianjurkan pakai pakaian yang longgar dan berbahan kaos. Ini karena beberapa gerakan pilates dapat membuat baju jadi tersingkap, dan bagian atas tubuh Anda bisa terlihat.

Baju yang longgar juga bisa membuat instruktur pilates tidak mengetahui postur atau lekuk badan Anda yang salah saat olahraga berlangsung.

Pertimbangkan juga untuk pakai kaos kaki sebagai persiapan pilates yang harus dibawa. Pasalnya telapak kaki bisa berkeringat dan ini berisiko membuat Anda terjatuh. Anda juga bisa pilih kaos kaki yang bagian bawah atau solnya terbuat dari karet.

Tidak lupa, copot semua perhiasan semacam kalung, anting panjang, atau gelang saat pilates untuk menghindari nyangkut dan cedera.

Sikap yang harus diperhatikan saat pilates

1. Datang tepat waktu

Untuk pilates pemula, persiapan sikap yang harus dimiliki adalah datang tepat waktu. Datang on time juga dapat menjadi sebuah tanda penghormatan kepada instruktur dan siswa lain.

Apabila Anda datang terlambat, ini bisa mengacaukan konsentrasi dan mengganggu jalannya sesi pilates. Selain itu, terlambat bisa bikin Anda kehilangan beberapa sesi awal penting saat pilates.

2. Lakukan pemanasan

Jika Anda datang tidak terlambat dan punya waktu sebelum kelas pilates pertama berlangsung, Anda bisa melakukan pemanasan sebagai persiapan sebelum olahraga.

Pemanasan adalah cara terbaik untuk membantu meregangkan otot dan bagian tubuu lain agar tidak gampang cedera. Ikuti beberapa gerakan dasar pemanasan yang bisa Anda lihat di internet.

3. Jangan ngobrol

Belajar menahan diri untuk tidak ngobrol adalah salah satu persiapan pilates yang harus dimiliki oleh pemula.

Ngobrol bisa membuat Anda dan orang lain yang diajak berbicara jadi hilang konsentrasi latihan dan peserta pilates yang lain jadi terganggu.

4. Kembalikan perlengkapan pilates ke tempat semula

Setelah pilates, biasanya untuk mengembalikan barang-barang seperti matras atau gelas yang Anda pakai untuk minum ke tempat semula. Ini adalah persiapan diri serta sikap yang harus Anda tanamkan di studio pilates atau olahraga mana pun Anda berada.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What is pilates  https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/what-is-pilates diakses pada 21 November 2019.

Prepare for beginning pilates classes ://www.verywellfit.com/prepare-for-a-beginning-pilates-class-2704429 diakses pada 21 November 2019.

5 things to know before you take pilates https://www.self.com/story/5-things-to-know-before-you-take-pilates-classes diakses pada 21 November 2019.

Foto Penulis
Ditulis oleh Novita Joseph pada 22/02/2020
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
x