home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Manfaat Olahraga Barre Ini Bisa Bikin Anda Rajin Latihan

Manfaat Olahraga Barre Ini Bisa Bikin Anda Rajin Latihan

Pernahkah Anda mendengar apa itu olahraga barre? Nah, jika Anda sedang mencari olahraga baru yang menyenangkan, Anda bisa mencoba olahraga barre ini. Apalagi jika Anda ingin membentuk tubuh Anda agar terlihat lebih kencang. Olahraga ini juga asyik dilakukan bersama teman-teman, lho! Belum yakin betul apa itu olahraga barre? Simak ulasannya di bawah ini sebelum memulainya.

Apa itu olahraga barre?

Olahraga barre adalah olahraga yang pergerakannya ini terinspirasi dari gerakan balet, dan digabungkan dengan kombinasi gerakan pilates dan yoga.

Olahraga barre ini fokus pada peningkatan kekuatan otot inti, mengembangkan kestabilan bahu dan pinggul, serta meningkatkan kelenturan.

Olahraga ini cocok dipadukan dengan olahraga lain seperti lari atau bersepeda. Sebab, olahraga barre sendiri bukan jenis olahraga untuk meningkatkan kebugaran jantung dan paru secara keseluruhan. Melakukan olahraga barre secara rutin 2-3 kali seminggu dapat membantu Anda membentuk postur dan otot inti yang lebih baik.

Apa saja manfaat olahraga barre?

Karena olahraga ini mengutamakan kekuatan otot inti, kestabilan posisi bahu dan pinggul, serta meningkatkan kelenturan, olahraga ini bermanfaat lebih ke arah pembentukan tubuh.

Olahraga ini tepatnya bermanfaat untuk membentuk dan mengencangkan beberapa bagian tubuh wanita, yakni pinggul, bokong, dan paha. Selain itu, olahraga ini juga bisa memperbaiki postur tubuh, yang lantas dapat meningkatkan kepercayaan diri wanita.

Kelenturan tubuh juga akan meningkat ketika melakukan olahraga ini. Dengan kelenturan yang meningkat, tentunya ruang gerak Anda saat beraktivitas dan melakukan olahraga jenis lainnya akan lebih mudah, dan lebih kecil risikonya mengalami cedera otot.

Dengan otot inti yang lebih kuat selama melakukan olahraga barre, ini juga dapat membantu meningkatkan keseimbangan tubuh Anda.

Siapa saja yang cocok melakukan olahraga barre?

Pada dasarnya, olahraga low-impact ini cocok untuk segala umur. Apalagi untuk:

  • Orang yang ingin memperbaiki postur tubuh, menguatkan otot inti, meningkatkan kelenturan, dan mengencangkan otot-otot di area pinggul dan paha.
  • Orang yang melakukan pemulihan setelah mengalami cedera, contohnya cedera pada punggung. Barre akan membantu membangun otot inti di sekitar punggung Anda lebih kuat.
  • Ibu hamil. Tentunya dengan gerakan-gerakan aman yang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. Bicarakan dulu dengan instruktur Anda kalau Anda sedang hamil.
  • Ibu yang habis melahirkan.
  • Orang yang mengalami artritis atau permasalahan sendi lainnya.

Olahraga barre bukan dirancang sebagai jenis olahraga kardio. Olahraga kardio adalah olahraga yang meningkatkan kerja jantung sehingga berdetak lebih kencang. Dengan olahraga kardio, ini akan efektif membakar kalori dalam tubuh lebih banyak. Berat badan pun akan turun lebih cepat.

Nah, bagi Anda yang memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan atau menurunkan komposisi lemak tubuh yang signifikan, olahraga barre saja bukanlah pilihan yang tepat. Sebab, tidak begitu banyak pembakaran yang akan terjadi dibandingkan melakukan olahraga kardio.

Hal yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan olahraga barre

Tidak seperti olahraga lainnya yang menimbulkan pergerakan yang lincah, olahraga ini pergerakannya lebih tenang. Pelatih olahraga barre Anda akan memberikan instruksi untuk melakukan perpindahan gerakan yang kecil, hanya beberapa inci dari tiap gerakan ke gerakan berikutnya.

Gerakan kecil ini membuat tubuh Anda secara langsung menggunakan otot di area yang ingin dikencangkan. Hal ini disampaikan oleh Hollis Morris, pelatih senam di Pure Barre New York dalam laman Everyday Health.

Pertama kali Anda mengikuti kelas olahraga barre, jangan heran jika kaki Anda juga akan bergetar tak terkendali. Ini adalah tanda tubuh Anda beradaptasi.

Kaki yang bergetar ini menandakan bahwa Anda telah benar menggunakan otot yang diinstruksikan oleh pelatih dalam tiap gerakannya. Ini pasti terasa berat saat pertama, tapi selanjutnya jika sudah melakukan gerakan-gerakan olahraga barre lebih dari tiga kali Anda sudah terbiasa, papar Morris.

Untuk melihat gerakan Anda terlihat sudah benar atau belum saat melakukan olahraga barre, dalam ruang latihan, sebaiknya gunakan pakaian yang tepat. Gunakan celana legging dan tank top atau baju olahraga yang pas di badan tapi tetap nyaman. Setiap perpindahan gerakan Anda akan terlihat jelas dan bisa diperbaiki langsung jika ada yang salah sehingga latihan Anda lebih tepat dan efektif.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Marini Ariana. 2014. 7 Things I Wish I Had Known Before my First Barre Class. [Online] Tersedia pada: https://www.everydayhealth.com/columns/everyday-fitness/things-wish-knew-before-first-barre-class/ (Dikses 15 Febuari 2018)

Williams Laura. 2018. What is Barre Class, adn Are Barre Workout Effective?. [Online] Tersedia pada: https://www.verywellfit.com/barre-workouts-whats-the-hype-85957 (Diakses 15 Febuari 2018)

Duerring Jessica Von. Tanpa Tahun. 10 Benefits of the Barre. [Online] Tersedia pada: https://www.wellbridge.com/fit-like-that/10-benefits-of-the-barre (Diakses 15 Febuari 2018)

Helmer Jodi. 2016. Ballet-Inspired Barre Classes. [Online] Tersedia pada: https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/barre-workouts (Diakses 15 Febuari 2018)

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Tanggal diperbarui 07/03/2018
x