Manfaat Latihan CrossFit untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

CrossFit membakar lebih banyak kalori dalam waktu yang sangat singkat. Menurut sebuah studi terbaru dari American Council on Exercise, wanita membakar rata-rata 12,3 kalori per menit ketika mereka melakukan latihan CrossFit, sedangkan latihan seperti jogging di treadmill biasanya hanya dapat membakar 8-10 kalori per menit. Perlu kita ketahui bahwa jenis latihan ini merupakan latihan yang bagus untuk membuat tubuh Anda tetap fit dan juga membuat seseorang yang telah terbiasa dengan latihan aerobik dan latihan kekuatan dasar lebih tertantang. Jadi, apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan jika melakukan latihan ini?

Manfaat latihan CrossFit

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Denyut jantung Anda akan tetap tinggi selama latihan, sehingga dapat meningkatkan ketahanan jantung Anda. Bahkan, data studi dari American Council on Exercise menunjukkan bahwa detak jantung peserta meningkat hingga 90% dari denyut jantung maksimum (HRmax), yang dipertahankan selama dua latihan. Pedoman pada industri kebugaran menyarankan (HRmax) antara 64 hingga 94 persen dalam rangka meningkatkan daya tahan jantung. Para ilmuwan juga menemukan bahwa setiap orang dapat meningkatkan tingkat oksigen dalam tubuhnya dengan melakukan latihan intens.

2. Membakar banyak kalori

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu manfaat terbesar CrossFit adalah keefektivannya salam membakar sejumlah besar kalori dalam waktu yang singkat, menurut Heidi Jones, seorang kepala pelatih di New York. Satu sesi CrossFit pada umumnya berlangsung rata-rata selama 10-20 menit, namun tingkat metabolisme Anda (tingkat di mana Anda membakar kalori) tetap tinggi, bahkan hingga latihan berakhir. Jadi, tubuh Anda akan tetap melakukan pembakaran lemak meskipun Anda sedang beristirahat.

3. Meningkatkan mobilitas sendi

Ini adalah hasil dari berbagai macam gerakan fungsional yang terlibat dalam latihan CrossFit. Anda tidak hanya melakukan latihan otot bisep sederhana, melainkan juga sambil menggerakkan kaki Anda ke segala arah yang berbeda. Selain itu, dengan mempelajari cara yang tepat untuk mengangkat beban yang berat dari lantai, dan menahannya di atas kepala, maka risiko cedera dalam kehidupan sehari-hari secara signifikan berkurang.

4. Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

CrossFit diciptakan untuk fokus ke dalam hal-hal utama, seperti stamina, kekuatan, koordinasi, fleksibilitas, daya tahan, kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan akurasi. Hal ini dicapai dengan membangun adaptasi neurologis dan hormonal di seluruh jalur metabolisme dalam tubuh. Kombinasi dari gerakan yang sangat beragam dapat membimbing Anda ke perubahan total dari kualitas kehidupan pribadi Anda.

5. Menyenangkan

Latihan keseharian yang disebut WOD (Workout of the Day) akan selalu berbeda, sehingga Anda tidak akan merasa bosan akibat melakukan olahraga yang sama dari hari ke hari. Dalam CrossFit, Anda akan menggulingkan ban, mengangkat barbel, melakukan gerakan senam, melakukan pull-up, dan lain-lain, dan karena hal itu bisa disesuaikan, maka semua orang dari berbagai usia dan kemampuan dapat melakukannya.

6. Bertemu lebih banyak teman

Latihan ini dapat membuat kelompok komunitas baru, menurut Will Lanier, seorang general manager CrossFit New York. Apakah Anda suka atau tidak, jika Anda telah bergabung ke dalam latihan ini, semua orang adalah keluarga. Dan karena hal itulah Anda akan mendapatkan lebih banyak teman, yang dapat membuat Anda tetap termotivasi mengikuti latihan. Sering kali di tempat gym banyak ditemukan sekumpulan orang yang secara acak fokus kepada latihan-latihan yang berbeda, sesuai dengan kesukaan masing-masing. Namun, pada latihan CrossFit, semua orang memiliki tujuan yang sama untuk mendapatkan bentuk tubuh terbaik.

7. Memperbaiki gaya hidup

Dengan dikelilingi oleh orang-orang yang peduli kebugaran dan kesehatan, akan sulit bagi Anda untuk menyerah kepada gaya hidup tidak sehat. Sebelum Anda bahkan mengetahuinya, Anda akan melepaskan camilan junk food Anda untuk sesuatu yang lebih menyehatkan. Contohnya, daripada Anda bertemu dengan seseorang untuk makan siang dan minum kopi, Anda akan memilih bertemu dengan seseorang di gym.

Berapa Banyak Kalori yang Berhasil Saya Bakar Saat Berolahraga?

Ingin tahu berapa banyak kalori yang berhasil kamu bakar dalam sehari? Efektifkah olahraga yang kamu pilih untuk membakar kalori? Cek selengkapnya.

Mau Cari Tahu!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Manfaat yang Bisa Didapat dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

Suka olahraga di pagi hari dan harus minum kopi dulu biar segar? Penelitian membuktikan kalau minum kopi sebelum olahraga ternyata baik buat tubuh, lho!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Gizi Olahraga, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Tips Melakukan Waxing di Rumah Dengan Bahan-bahan Alami

Selain lebih murah, waxing di rumah dengan bahan alami ternyata lebih aman karena memiliki kemungkinan infeksi lebih kecil daripada waxing di salon.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Mengenal Fungsi Testis, Anatomi, dan Risiko Penyakit yang Menyertainya

Fungsi testis sangat penting sebagai salah satu bagian organ reproduksi pria. Kenali anatomi testis normal dan risiko penyakit yang menyertai berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Kesehatan Pria, Kesehatan Penis 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Manfaat Buah Stroberi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda, buah stroberi dapat membantu mencegah katarak dan menurunkan tekanan darah? Apalagi manfaat buah merah asam ini untuk kesehatan tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Fakta Gizi, Nutrisi 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gambar operasi cantengan

Operasi Cantengan (Ingrown Toenail)

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
tips lari untuk penderita rematik

6 Kesalahan Saat Olahraga Lari yang Wajib Dihindari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
olahraga malam hari

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
resep oatmeal sehat

7 Resep Oatmeal Sehat dan Mudah untuk di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit