home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Berbagai Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Ginjal

Berbagai Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Ginjal

Kanker ginjal adalah jenis kanker yang kemunculannya berawal dari ginjal. Ada berbagai faktor yang berperan sebagai penyebab penyakit mematikan ini. Apa saja penyebab dan faktor risiko kanker ginjal? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa penyebab kanker ginjal?

Ginjal adalah organ tubuh manusia yang termasuk dalam sistem urinaria atau perkemihan. Organ tubuh ini terbagi menjadi 2 bagian dan memiliki bentuk menyerupai kacang.

Salah satu fungsi ginjal adalah menyaring zat-zat seperti racun dan urea, kemudian membuangnya bersama urine. Sayangnya, serupa dengan organ tubuh lainnya, ginjal juga bisa terserang kanker.

Kanker ginjal terjadi ketika sel-sel pada ginjal mengalami mutasi pada DNA-nya. Mutasi tersebut menyebabkan sel-sel ginjal berkembang dan berlipat ganda secara tak terkendali.

Akibatnya, sel-sel yang bermutasi akan membentuk tumor di ginjal. Bila dibiarkan, sel abnormal tersebut dapat menyebar hingga ke luar ginjal dan memengaruhi organ tubuh lain. Proses penyebaran ini yang disebut dengan metastasis.

Jika sudah memasuki stadium yang cukup parah, gejala kanker ginjal seperti nyeri punggung bawah dan kencing berdarah dapat terjadi.

Hingga saat ini, para ahli belum menyepakati apa penyebab terjadinya mutasi DNA sel pada kanker ginjal. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit mematikan ini.

Apa saja faktor yang meningkatkan risiko terkena kanker ginjal?

Faktor risiko adalah sekumpulan kondisi yang bisa meningkatkan peluang Anda terserang suatu penyakit, seperti kanker. Biasanya, jenis kanker yang berbeda akan memiliki faktor risiko yang berbeda pula.

Beberapa faktor risiko dapat diubah dan membantu mengurangi peluang Anda terkena kanker, misalnya merokok. Namun, ada juga sebagian faktor yang tidak bisa diubah sama sekali, contohnya riwayat kesehatan keluarga.

Menurut laman Cancer Research UK, berikut adalah beberapa faktor yang kemungkinan berkontribusi menjadi penyebab kanker ginjal.

1. Berat badan dan indeks massa tubuh

Berat badan Anda memiliki peranan penting dalam memicu munculnya kanker ginjal. Umumnya, kanker ginjal ditemukan pada orang-orang dengan berat badan berlebih atau obesitas.

Dalam setiap 100 kasus kanker ginjal, sebanyak 24 pasien memiliki berat badan berlebih. Ini artinya, hampir seperempat dari kasus kanker ginjal berkaitan dengan berat badan melebihi batas normal.

Berat badan yang berlebihan ditandai dengan angka indeks massa tubuh (IMT) di antara 25 dan 39,9. Sementara itu, orang yang tergolong obesitas memiliki IMT di angka 30 atau lebih.

Peningkatan berat badan secara drastis memicu perubahan pada hormon-hormon di dalam tubuh, terutama pada wanita. Ketidakseimbangan hormon inilah yang berpotensi menjadi penyebab kanker ginjal.

2. Merokok

Anda mungkin sudah tahu bahwa merokok sering kali dikatakan sebagai penyebab kanker, dan hal ini konon berlaku juga pada kanker ginjal.

Rokok terbuat dari ribuan bahan kimia berbahaya, dan 70 di antaranya telah diketahui sebagai pemicu kanker. Bahan kimia pemicu kanker ini disebut dengan karsinogen, beberapa di antaranya adalah nikotin, arsenik, dan benzena.

Risiko seseorang untuk terkena kanker ginjal akan meningkat seiring dengan frekuensi merokoknya. Semakin sering Anda merokok, bisa jadi peluang untuk terserang kanker ginjal semakin besar.

3. Mengidap penyakit ginjal

Faktor lain yang dikaitkan sebagai penyebab kanker ginjal adalah penyakit ginjal yang sudah ada sebelumnya. Orang dengan penyakit gagal ginjal biasanya harus menjalani prosedur cuci darah (dialisis) sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Jika Anda menjalani dialisis dalam jangka panjang, peluang untuk mengembangkan kista ginjal lebih besar. Hal ini juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker ginjal. Semakin lama Anda menjalani dialisis, semakin besar pula risikonya.

4. Adanya kelainan genetik

Beberapa orang terlahir dengan kelainan gen yang berpotensi menjadi penyebab kanker ginjal. Mutasi gen yang diwariskan dari orang tua bisa sewaktu-waktu berkembang secara tak normal dan memicu kanker.

Namun, para ahli masih mencari gen apa yang membawa DNA bermasalah tersebut. Beberapa penyakit turunan dengan ciri khas gen bermasalah juga dinilai menjadi faktor risiko kanker ginjal adalah:

  • Sindrom Von Hippel-Lindau (VHL)
  • Tuberous sclerosis
  • Sindrom Birt-Hogg-Dube

Selain itu, jika Anda memiliki ayah, ibu, atau saudara kandung yang mengidap kanker ginjal, peluang Anda untuk terkena penyakit tersebut juga bisa bertambah.

5. Menderita tekanan darah tinggi

Kondisi kesehatan lain yang diyakini sebagai faktor penyebab kanker ginjal adalah tekanan darah tinggi.

Beberapa studi menemukan adanya hubungan antara tekanan darah tinggi dan kasus kanker ginjal. Ditambah lagi, ada pula yang mengatakan obat-obatan hipertensi bisa menjadi pemicu kanker ginjal.

6. Mengidap kanker tiroid

Seseorang yang sudah mengidap kanker tiroid diperkirakan dapat terkena kanker ginjal di lain waktu. Pasalnya, kanker tiroid berperan besar dalam perubahan hormon dan sel-sel dalam tubuh.

Itulah mengapa kanker tiroid diyakini sebagai salah satu faktor yang menjadi penyebab munculnya kanker ginjal.

7. Menderita diabetes

Menurut sebuah studi dari jurnal PLoS One, orang-orang yang mengidap diabetes tipe 2 memiliki risiko lebih tinggi untuk terserang kanker ginjal. Semakin lama seseorang menderita diabetes, maka semakin besar pula peluangnya untuk terkena kanker.

Masih dari studi yang sama, dikatakan dalam setiap penambahan 1 tahun durasi menderita diabetes, risiko untuk mengidap kanker ginjal akan meningkat sekitar 10%.

8. Obat-obatan tertentu

Para ahli juga menemukan bahwa beberapa jenis obat pereda nyeri atau painkiller termasuk dalam faktor penyebab kanker ginjal.

Salah satu obat yang berpotensi memicu munculnya kanker ginjal adalah ibuprofen. Namun, penggunaan ibuprofen dalam dosis kecil atau sesekali tidak cukup berbahaya hingga bisa menimbulkan kanker.

Itulah sederet potensi penyebab dan faktor risiko kanker ginjal yang perlu Anda waspadai. Jika memungkinkan, sebaiknya mulailah kendalikan atau hindari faktor-faktor risiko di atas.

Meski demikian, penting untuk diingat bahwa memiliki salah satu atau beberapa faktor risiko di bawah bukan berarti Anda pasti akan menderita kanker ginjal. Bahkan, tak menutup kemungkinan seseorang tanpa faktor risiko bisa terkena kanker.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What is kidney cancer? – Cancer Research UK. (2020). Retrieved October 1, 2021, from https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/kidney-cancer/about 

Kidney cancer: Risks and causes – Cancer Research UK. (2020). Retrieved October 1, 2021, from https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/kidney-cancer/risks-causes 

Risk Factors for Kidney Cancer – American Cancer Society. (2020). Retrieved October 1, 2021, from https://www.cancer.org/cancer/kidney-cancer/causes-risks-prevention/risk-factors.html 

Harmful Chemicals in Tobacco Products – American Cancer Society. (2020). Retrieved October 1, 2021, from https://www.cancer.org/cancer/kidney-cancer/causes-risks-prevention/risk-factors.html 

Tseng C. H. (2015). Type 2 Diabetes Mellitus and Kidney Cancer Risk: A Retrospective Cohort Analysis of the National Health Insurance. PloS one, 10(11), e0142480. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0142480

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui 25/10/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.