home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Tanda Tahi Lalat dengan Ciri Kanker Melanoma yang Perlu Anda Waspadai

Tanda Tahi Lalat dengan Ciri Kanker Melanoma yang Perlu Anda Waspadai

Tahi lalat adalah kondisi umum pada kulit. Beberapa tahi lalat muncul sejak lahir, tetapi ada pula yang muncul secara tiba-tiba. Sebagian besar tahi lalat tergolong jinak, atau tidak berpotensi menyebabkan kanker. Akan tetapi, pada sejumlah kasus langka, adanya tahi lalat merupakan pertanda Anda mengalami melanoma, salah satu jenis kanker kulit. Lalu, apa saja tanda-tanda tahi lalat merupakan ciri kanker melanoma?

Beda tahi lalat biasa dan tahi lalat kanker melanoma

arti tahi lalat banyak

Umumnya, tahi lalat biasa memiliki warna yang rata dan gelap, seperti coklat atau hitam pada kulit. Ada tahi lalat biasa yang datar, tetapi ada pula yang sedikit menonjol dari kulit.

Diameter dari tahi lalat biasa kurang lebih 6 milimeter (mm) dengan bentuk bulat atau oval. Anda bisa memiliki tahi lalat biasa ini semenjak lahir. Akan tetapi, ada pula tahi lalat yang baru muncul saat masa anak-anak atau remaja.

Jika tahi lalat sudah terbentuk, ukuran, warna, dan bentuknya akan tetap sama dan tidak berubah. Meski begitu, ada pula yang warnanya sedikit memudar hingga lama-lama menghilang.

Namun, hal ini tentu berbeda jika tahi lalat yang Anda miliki adalah tanda dari kanker melanoma. Biasanya, tahi lalat yang muncul akibat masalah serius ini baru muncul saat Anda sudah dewasa.

Tanda lain yang perlu Anda waspadai adalah perubahan ukuran, bentuk, atau warna dari tahi lalat yang sudah ada sejak lama. Selain itu, tanda dari kanker ini biasanya terlihat berbeda dari tahi lalat lainnya.

Oleh sebab itu, jika Anda memiliki tahi lalat yang menunjukkan tanda-tanda tersebut, segera periksakan ke dokter kulit untuk memastikan apakah Anda mengalami kanker kulit yang satu ini.

Pemeriksaan terhadap tahi lalat kanker melanoma

tahi lalat melanoma
Sumber: National Cancer Institute

Untuk mengetahui diagnosis pasti mengenai tahi lalat yang menunjukkan ciri tahi lalat melanoma, Anda perlu memeriksakan kondisi tersebut ke dokter.

Akan tetapi, ada pemeriksaan yang bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah sebelum mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

Periksa tahi lalat secara mandiri di rumah

Menurut American Cancer Society, teknik ABCDE bisa menjadi acuan dari pemeriksaan awal mengenai tahi lalat ciri kanker melanoma. Berikut adalah hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan pemeriksaan mandiri:

  • Asimetris (Asymmetry): Tahi lalat tampak asimetris atau tidak seimbang antara satu sisi dengan sisi lainnya.
  • Tepian (Border): Tepian atau pinggiran dari tahi lalat terlihat tak beraturan, berlekuk, dan kabur.
  • Warna (Colour): Jika tahi lalat biasa hanya terdiri dari satu warna, tahi lalat melanoma memiliki beberapa warna, termasuk warna cerah seperti merah muda, merah tua, putih, atau biru.
  • Diameter: Tahi lalat tanda kanker kulit ini memiliki diameter hingga 6 mm atau sedikit lebih kecil.
  • Berkembang (Evolving): Tahi lalat tanda kanker kulit ini biasanya berubah ukuran, bentuk, dan warna.

Pemeriksaan tahi lalat melanoma dengan dokter

Setelah pemeriksaan yang Anda lakukan sendiri di rumah, kini saatnya untuk mendapatkan diagnosis lebih lanjut dari dokter. Ada dua jenis pemeriksaan yang mungkin akan dokter lakukan demi memastikan kondisi Anda, yaitu:

1. Tes fisik

Dokter biasanya akan memberikan beberapa pertanyaan seputar riwayat kesehatan Anda. Lalu, dokter juga akan memeriksa kulit untuk mencari tanda atau gejala kanker kulit melanoma lainnya.

2. Pengambilan jaringan kulit sebagai sampel (biopsi)

Jika dokter melihat ada bagian kulit yang mencurigakan, ia akan meminta Anda untuk mengambil sampel berupa jaringan kulit. Nantinya, dokter akan memeriksa sampel tersebut di laboratorium khusus.

Prosedur pengambilan sampel atau biopsi sangat tergantung dengan kondisi kesehatan Anda. Biasanya, dokter akan menyarankan Anda untuk mengangkat keseluruhan dari tahi lalat yang terlihat mencurigakan dan mengindikasikan melanoma.

Apabila diagnosis ini Anda lakukan pada tahap awal, operasi pengangkatan melanoma memiliki potensi yang lebih besar untuk berhasil. Ya, salah satu pengobatan kanker kulit melanoma adalah dengan menjalani operasi.

Setelah operasi, Anda akan memerlukan perawatan lanjutan yang tepat untuk mencegah kembalinya melanoma. Penting untuk mengikuti petunjuk dokter.

Pilihan pengobatan untuk tahi lalat kanker melanoma

Jika tahi lalat sudah didiagnosis menjadi tahi lalat kanker melanoma, pengobatan yang perlu Anda jalani tergantung pada tingkat keparahan dari kondisi yang Anda miliki.

Apabila masih tergolong ringan, prosedur biopsi saja sudah cukup membantu Anda mengatasi kondisi tersebut. Akan tetapi, ada beberapa pengobatan yang mungkin perlu Anda jalani jika kondisi kanker kulit telah menyebar.

Berikut adalah beberapa pilihan pengobatan yang bisa Anda jalani untuk mengatasi kondisi ini:

Dokter tentu akan merekomendasikan jenis pengobatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh. Oleh sebab itu, selalu konsultasikan dengan dokter untuk menentukan pilihan pengobatan yang ingin Anda jalani demi mengatasi kondisi ini.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Melanoma. Retrieved 27 April 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/melanoma/diagnosis-treatment/drc-20374888

Symptoms – Skin Cancer. Retrieved 27 April 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/melanoma-skin-cancer/symptoms

Common Moles, Dysplastic Nevi, and Risk of Melanoma. Retrieved 27 April 2021, from https://www.cancer.gov/types/skin/moles-fact-sheet 

Treating Melanoma Skin Cancer. Retrieved 27 April 2021, from https://www.cancer.org/cancer/melanoma-skin-cancer/treating.html

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Annisa Hapsari Diperbarui 28/05/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri