Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Jalani Operasi Tahi Lalat (Ketahui Juga Risikonya)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Banyak orang yang merasa tidak percaya diri ketika memiliki tahi lalat besar yang menghiasi wajah. Oleh karena itu mereka memilih untuk menyingkirkan tahi lalat mengganggu ini lewat jalur operasi. Apakah Anda termasuk orang yang berniat untuk melakukan operasi tahi lalat? Sebelum itu, ketahui bagaimana prosedurnya dilakukan dan kemungkinan apa saja yang mungkin timbul sebagai risiko operasi kecantikan ini agar Anda dapat mempersiapkan diri.

Siapa saja yang membutuhkan operasi tahi lalat?

Sebenarnya, selama tahi lalat Anda tidak menunjukkan tanda kanker kulit (seperti tumbuh membesar dan berubah warna), Anda tidak perlu-perlu amat membuang tanda lahir yang kerap juga disebut beauty mark ini. Tetapi, jika Anda tidak percaya diri dengan tanda lahir hitam yang Anda miliki tersebut, Anda boleh saja melakukan operasi untuk menghilangkannya.

Bila memang Anda berniat untuk seperti itu, sebaiknya diskusikan dan konsultasikan dulu pada dokter. Sebab meski Anda tidak perlu menyiapkan apapun menjelang operasi tahi lalat, sama seperti prosedur medis lainnya operasi tahi lalat tentu saja memiliki risikonya tersendiri.

Lalu, apa saja risiko yang mungkin terjadi jika melakukan operasi tahi lalat?

Seperti operasi medis pada umumnya, meski bukan termasuk operasi yang berat namun tindakan ini tentu saja punya risiko. Risiko yang terjadi tergantung dengan bagaimana prosedur operasi yang dilakukan dan kondisi tahi lalat yang akan dihilangkan.

Operasi tahi lalat pada umumnya tidak menyebabkan rasa sakit, sebab dokter bedah pasti akan membius dulu daerah yang perlu dibedah. Tapi alergi terhadap obat bius dan kerusakan sistem saraf adalah risiko yang mungkin terjadi, meski hal ini sangat jarang terjadi. Oleh karena itu, pastikan terlebih dulu dengan dokter Anda apabila Anda memiliki alergi terhadap obat tertentu.

Risiko lainnya adalah timbulnya bekas luka. Keputusan apakah luka bekas operasi harus dijahit atau tidak juga akan tergantung dengan kondisi masing-masing pasien. Bila memang tahi lalat memiliki akar yang dalam, maka dokter akan membuat luka yang dalam pula. Hal ini membuat luka operasi harus ditutup dengan jahitan benang.

Setelah operasi tahi lalat, mungkin Anda akan memiliki luka yang lebih besar dan terlihat ketimbang tahi lalat Anda sebelumnya. Meski menggunakan obat yang khusus ditujukan untuk menghilangkan luka, namun dalam beberapa kasus luka bekas operasi bisa saja tidak hilang sama sekali.

fakta kesehatan tahi lalat melanoma

Apa yang dilakukan setelah operasi tahi lalat berhasil?

Bila luka operasi tidak dijahit, maka Anda hanya tinggal menunggu luka tersebut sembuh saja. Luka bekas operasi membutuhkan waktu untuk pulih sekitar 1-2 minggu. Selama waktu tersebut, Anda harus memastikan bahwa area di sekitar luka operasi tetap bersih agar tidak terkena infeksi.

Sementara, kalau luka operasi menggunakan jahitan, maka hal yang harus dilakukan selajutnya adalah mengangkat jahitan tersebut. Jahitan luka operasi akan dilepas sekitar 8-14 hari setelah operasi dilakukan. Karena itu, Anda harus menjaga luka agar tetap kering, tidak terkena air, dan bersih.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang tinggi protein, vitamin, dan mineral, yang mampu membuat luka operasi cepat kering dan sembuh. Jangan biarkan juga luka operasi terbuka bila belum saatnya dilepas jahitan.

Beberapa waktu setelah operasi, mungkin Anda akan diberikan obat yang digunakan untuk menangkal infeksi dari bakteri. Tetapi, untuk pastinya Anda sebaiknya tanyakan langsung pada dokter yang menangani Anda, apakah Anda perlu mengonsumsi obat atau tidak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Adakah dampak kesehatan tertentu jika kita makan makanan yang sama tiap harinya? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Tips Makan Sehat, Nutrisi 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Tiba-Tiba Susah Kentut? Tak Perlu Pusing, Begini Cara Mengatasinya

Pernah merasakan tidak bisa kentut? Tentu rasanya sangat mengganggu dan membuat perut terasa sakit. Tenang, atasi masalah susah kentut dengan cara alami ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Setiap rumah pasti ada semutnya. Apalagi rumah yang kotor. Jangan panik dulu, air lemon ternyata bisa jadi cara mengusir semut di rumah yang terjamin ampuh.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Saat Anda sakit, makan dan minum apapun jadi tak selera. Hal ini karena mulut dan lidah terasa pahit. Nah, ini dia alasan dan cara ampuh mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit



Direkomendasikan untuk Anda

gula darah turun

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
ciri dan gejala infeksi parasit

Mengenal Jenis-Jenis Parasit dan Penyakit Infeksi yang Disebabkannya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit
badan sakit setelah olahraga

Badan Sakit Setelah Olahraga, Apakah Artinya Olahraga Anda Ampuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
tidak enak badan

6 Cara Mengurangi Rasa Tidak Enak Badan saat Demam

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit