home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Regurgitasi Aorta

Regurgitasi Aorta

Jantung memiliki empat katup yang menjaga aliran darah bergerak ke arah seharusnya. Namun, fungsinya ini bisa saja terganggu akibat adanya masalah kesehatan, seperti penyakit regurgitasi aorta. Tahukah Anda dengan jenis penyakit pada katup jantung ini? Mari simak gejala hingga pengobatannya pada ulasan berikut ini.

Definisi regurgitasi aorta

Regurgitasi aorta adalah suatu kondisi yang terjadi ketika katup aorta jantung Anda tidak dapat menutup rapat. Akibatnya, sebagian darah yang dipompa keluar dari ruang pemompaan utama jantung, yaitu ventrikel kiri mengalami kebocoran dan darah akhirnya mengalir balik.

Kebocoran tersebut dapat mencegah jantung memompa darah secara efisien ke seluruh tubuh. Dampaknya adalah gejala kelelahan pada tubuh dan sesak napas. Kondisi tersebut memaksa jantung untuk melakukan kerja lebih berat agar darah yang bocor kembali mengalir dan melewati ventrikel kiri.

Seiring waktu, dinding ventrikel akan mengalami penebalan (hipertrofi). Kemudian otot jantung ikut menebal dan menyebabkan proses pemompaan darah menjadi tidak efektif.

Menurut American Heart Association, masalah pada katup jantung bagian aorta ini akan menyebabkan gagal jantung, alias jantung gagal dalam memompa darah yang mencukupi kebutuhan tubuh.

Seberapa umumkah kondisi ini?

Regurgitasi aorta adalah jenis penyakit pada katup jantung. Bila dibandingkan dengan penyakit jantung lain, seperti serangan jantung, kondisi ini lebih sedikit kasus kejadiannya. Meski begitu, siapa pun bisa terkena penyakit ini, terutama orang-orang dengan faktor risiko tertentu.

Tanda dan gejala regurgitasi aorta

serangan jantung

Gejala penyakit pada katup jantung muncul secara bertahap, seiring dengan keparahan kondisinya. Namun, beberapa orang mungkin saja tidak mengalami gejala selama bertahun-tahun sehingga tidak menyadari adanya penyakit ini.

Saat kondisinya semakin memburuk, berikut ini tanda dana gejala yang umumnya dialami.

  • Sesak napas saat olahraga atau ketika berbaring
  • Kelelahan dan kelemahan pada tubuh, sehingga tingkat bisa beraktivitas penuh seperti sebelumnya
  • Murmur jantung
  • Denyut jantung tidak beraturan (aritmia)
  • Pusing dan bisa saja pingsan
  • Nyeri dada (angina) yang semakin memburuk ketika berolahraga
  • Palpitasi jantung (jantung terasa berdebar-debar)
  • Pergelangan kaki dan tangan bengkak

Kapan saya harus ke dokter?

Jika Anda mengalami tanda dan gejala penyakit jantung seperti dijelaskan di atas, segera periksa ke dokter. Setiap orang sangat mungkin mengalami gejala yang berbeda-beda. Sangat mungkin juga terjadi gejala lain yang belum disebutkan di atas.

Penyebab regurgitasi aorta

bayi prematur

Katup aorta adalah salah satu dari empat katup yang mengontrol aliran darah melalui jantung. Bagian ini memisahkan ruang pemompaan utama jantung, yakni ventrikel kiri dan arteri utama yang memasok darah kaya oksigen ke tubuh Anda.

Katup memiliki penutup yang disebut selebaran atau cusp, yang dapat membuka dan menutup sekali setiap jantung berdetak. Pada orang yang memiliki penyakit jantung ini, katup aorta tidak menutup dengan benar sehingga menyebabkan darah bocor dan kembali ke ruang pemompaan utama.

Akibatnya, ventrikel kiri menampung darah lebih banyak dan menyebabkan bagian tersebut membesar serta menebal.

Pada awalnya, ventrikel kiri bertugas membantu menjaga aliran darah tetap berjalan lancar meski butuh lebih banyak tenaga. Namun akhirnya perubahan pada ventrikel kiri melemahkan ventrikel kiri dan organ jantung secara keseluruhan.

Penyakit yang menyerang katup aorta ini biasanya terjadi secara bertahap, tetapi bisa juga berkembang secara tiba-tiba akibat infeksi pada katup. Selain itu, ada juga beberapa penyakit lain yang jadi penyebab regurgitasi aorta seperti di bawah ini.

  • Penyakit katup jantung bawaan. Beberapa orang dilahirkan dengan katup aorta yang hanya memiliki dua katup (katup bikuspid) atau katup yang menyatu daripada tiga katup normal yang terpisah. Kadang-kadang katup hanya memiliki satu cusp (unicuspid) atau empat cusp (quadricuspid), tetapi ini lebih jarang terjadi.
  • Penyakit jantung bawaan. Kecacatan pada jantung berisiko menyebabkan masalah pada katup pada suatu saat dalam hidup Anda. Jika Anda memiliki orang tua atau saudara kandung dengan katup bikuspid, ini meningkatkan risiko Anda memiliki katup bikuspid. Namun, Anda dapat memiliki katup bikuspid bahkan jika Anda tidak memiliki riwayat keluarga dengan penyakit serupa.
  • Penyempitan katup aorta (stenosis aorta). Deposit kalsium dapat menumpuk di katup aorta seiring bertambahnya usia, menyebabkan katup aorta menjadi kaku dan menyempit. Kondisi ini disebut stenosis aorta, yang mencegah katup membuka, sehingga menyebabkan penyumbatan. Stenosis aorta juga dapat mencegah katup menutup dengan benar.
  • Peradangan pada lapisan bilik dan katup jantung (endokarditis). Kondisi yang mengancam jiwa ini biasanya disebabkan oleh infeksi karena merusak katup aorta.
  • Demam rematik. Demam rematik adalah komplikasi radang tenggorokan dan pernah menjadi penyakit anak-anak yang umum di Amerika Serikat. Hal ini dapat menyebabkan katup aorta menjadi kaku dan menyempit (stenosis), menyebabkan darah bocor. Jika Anda memiliki katup jantung yang tidak normal karena demam rematik, itu disebut penyakit jantung rematik.
  • Penyakit lainnya. Kondisi langka lainnya dapat memperbesar aorta dan katup aorta sehingga menyebabkan masalah, termasuk sindrom Marfan, penyakit jaringan ikat. Beberapa kondisi autoimun, seperti lupus, juga dapat menyebabkan penyakit pada aorta jantung.
  • Robekan atau cedera pada arteri utama tubuh (aorta). Cedera dada traumatis atau robekan aorta (diseksi) dapat menyebabkan aliran balik darah melalui katup aorta.

Faktor-faktor risiko regurgitasi aorta

gangguan mental pada lansia

Siapa pun dapat terserang penyakit ini. Akan tetapi, risikonya lebih besar pada orang-orang dengan kondisi berikut ini.

  • Lanjut usia
  • Memiliki penyakit jantung bawaan
  • Riwayat infeksi yang bisa berpengaruh pada jantung
  • Mempunya kondisi tertentu, seperti sindrom Marfan, hipertensi, atau stenosis katup aorta

Diagnosis dan pengobatan regurgitasi aorta

scan perfusi jantung

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti saran medis. SELALU konsultasikan dengan dokter Anda.

Guna menegakkan diagnosis penyakit pada katup jantung ini, dokter akan merekomendasikan beberapa tes kesehatan, meliputi:

  • ekokardiografi,
  • elektrokardiografi,
  • rontgen dada,
  • MRI jantung, dan
  • kateterisasi jantung.

Apa pilihan pengobatan untuk regurgitasi aorta?

Pilihan pengobatan penyakit jantung ini tergantung pada tingkat keparahan kondisi Anda. Tujuannya, untuk meredakan gejala serta mencegah terjadinya komplikasi. Jika kondisi diketahui tapi tidak menimbulkan gejala, dokter akan memantau kondisi Anda dan merekomendasikan perubahan gaya hidup yang dapat mendukung kesehatan jantung.

Obat-obatan

Obat yang diresepkan mungkin meliputi obat untuk hipertensi dan obat antiaritmia yang bertujuan untuk meringankan gejala. Mungkin juga ada obat-obatan lain yang dokter rekomendasikan untuk pasien.

Prosedur pembedahan

Pada beberapa kondisi, prosedur pembedahan dibutuhkan untuk mengobati penyakit pada katup jantung. Pembedahan untuk memperbaiki atau mengganti katup aorta dapat dilakukan sebagai operasi jantung terbuka, yang melibatkan sayatan (sayatan) di dada.

Terkadang dokter dapat melakukan operasi jantung invasif minimal untuk mengganti katup aorta. Prosedur ini, yang disebut penggantian katup aorta transkateter (TAVR), menggunakan sayatan yang lebih kecil daripada yang digunakan dalam operasi jantung terbuka.

Operasi pembedahan lain yang mungkin dilakukan untuk mengobati penyakit jantung ini adalah:

  • Perbaikan katup aorta. Untuk memperbaiki katup aorta, ahli bedah dapat memisahkan penutup katup (cusp) yang telah menyatu, membentuk kembali atau membuang jaringan katup berlebih sehingga katup dapat menutup rapat, atau menambal lubang di katup. Dokter mungkin menggunakan prosedur kateter untuk memasukkan sumbat atau perangkat untuk memperbaiki katup aorta pengganti yang bocor.
  • Penggantian katup aorta. Dalam penggantian katup aorta, ahli bedah Anda mengangkat katup yang rusak dan menggantinya dengan katup mekanis atau katup yang terbuat dari jaringan jantung sapi, babi atau manusia (katup jaringan biologis). Transcatheter aortic valve replacement (TAVR) adalah prosedur jantung invasif minimal untuk mengganti katup aorta yang menyempit dengan katup jaringan biologis.

Pengobatan regurgitasi aorta di rumah

Selain pengobatan di rumah sakit, ada perubahan gaya hidup yang perlu diterapkan oleh pengidap masalah pada katup aorta seperti di bawah ini.

  • Menerapkan diet DASH dan mengonsumsi makanan yang menyehatkan untuk jantung.
  • Menjaga berat badan dengan menyesuaikan aktivitas harian, seperti olahraga.
  • Berhenti merokok, cukup tidur, dan dapat mengelola stres.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Aortic valve regurgitation. (2021, August 12). Retrieved September 21, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/aortic-valve-regurgitation/symptoms-causes/syc-20353129

Problem: Aortic VALVE REGURGITATION. (n.d.). Retrieved September 21, 2021, from https://www.heart.org/en/health-topics/heart-valve-problems-and-disease/heart-valve-problems-and-causes/problem-aortic-valve-regurgitation

Aortic regurgitation: Medlineplus medical encyclopedia. (n.d.). Retrieved September 21, 2021, from https://medlineplus.gov/ency/article/000179.htm

Dewaswala N, Chait R. Aortic Regurgitation. [Updated 2021 Aug 11]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2021 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK555944/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 2 hari lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri