Sulit Tidur? Mineral Magnesium Ternyata Bisa Membantu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia, di mana saat tidur tubuh bisa beristirahat dari kerjanya seharian dan mengisi energinya kembali. Sulit tidur, seperti insomnia, tentu sangat mengganggu. Hal ini membuat Anda merasa cepat lelah keesokan harinya sehingga bisa mengganggu aktivitas Anda. Beberapa hal mungkin bisa membantu mengatasi masalah sulit tidur Anda, salah satunya adalah mencukupi kebutuhan mineral magnesium. Bagaimana bisa?

Mineral magnesium bisa membantu mengatasi sulit tidur

Beberapa penelitian telah menghubungkan efek magnesium terhadap kualitas tidur. Magnesium merupakan salah satu mineral yang bisa membantu Anda tertidur dan menjaga tidur Anda sepanjang malam.

James F. Balch, M. D., penulis dari “Prescription for Nutritional Healing”, mengatakan bahwa kekurangan mineral magnesium (dan juga kalsium) dapat menyebabkan Anda terbangun setelah beberapa jam tertidur dan setelah itu sulit lagi untuk kembali tidur, seperti dilansir dari Medical News Today.

Tubuh yang kekurangan magnesium dapat menunjukkan gejala insomnia kronis. Sedangkan, kadar magnesium yang lebih tinggi dalam tubuh ditemukan berhubungan dengan tidur yang lebih dalam dan nyenyak. Seperti yang telah dibuktikan dalam penelitian oleh James Penland dari Human Nutrition Research Center di North Dakota.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Abbasi, dkk. dari Isfahan University of Medical Sciences tahun 2012 juga memperkuat penelitian sebelumnya. Penelitian yang dilakukan pada 46 lansia yang diberi asupan magnesium tambahan selama 8 minggu menunjukkan bahwa pemberian magnesium tambahan dapat membantu insomnia, serta memperbaiki efisiensi tidur, waktu tidur, dan bangun pagi.

Bagaimana magnesium dapat membantu tidur?

Magnesium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk saraf dan otot. Dalam membantu tidur, mineral magnesium dapat membantu Anda menjadi rileks serta menenangkan sistem saraf dan otot sehingga Anda mudah tertidur dan tidur menjadi lebih nyenyak.

Magnesium dapat membuat tubuh Anda rileks dengan cara mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, sistem yang bertanggung jawab untuk membuat Anda tenang dan rileks. Hal ini karena magnesium berperan dalam pengaturan neurotransmiter yang mengirim sinyal ke sistem saraf dan otak.

Selain itu, magnesium juga dapat berikatan dengan reseptor asam gamma aminobutirat (GABA), yang merupakan neurotransmiter yang bertanggung jawab untuk menenangkan aktivitas saraf. Tak hanya itu, magnesium juga berperan dalam mengatur hormon melatonin, yang mengatur siklus tidur-bangun pada tubuh.

Perlu Anda ketahui bahwa kurang tidur sendiri ternyata dapat menurunkan kadar magnesium dalam tubuh. Hal ini karena kurang tidur dapat menyebabkan tubuh menjadi stres, yang kemudian dapat mengakibatkan tubuh melepaskan magnesium keluar melalui urine.

Selain membantu tidur, magnesium juga dapat membantu mengatasi kecemasan dan depresi, yang keduanya dapat mengganggu tidur Anda. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan magnesium dapat menyebabkan kecemasan, depresi, dan kebingungan mental. Dan, penambahan magnesium dalam pengobatan dapat mengatasi hal tersebut.

Bagaimana cara mendapatkan magnesium untuk membantu tidur?

Anda bisa mendapatkan magnesium dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung magnesium, seperti sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, sereal, daging, ikan, dan buah-buahan.

Atau, Anda juga bisa mendapatkan magnesium dari suplemen (dengan saran dokter). Batas maksimal suplemen magnesium yang dianggap aman dikonsumsi adalah 350 mg per hari, hindari dosis yang lebih tinggi dari itu.

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013, kebutuhan magnesium Anda per hari adalah 350 mg untuk pria dewasa dan sebesar 310-320 mg untuk wanita dewasa.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Sumber Stres Utama dalam Pernikahan

Tanpa Anda sadari, pernikahan mungkin menjadi penyebab Anda stres dan tertekan. Ayo cari tahu berbagai sumber stres dalam pernikahan dan cegah dampaknya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 19 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Pro dan Kontra Mengonsumsi Obat Antidepresan

Antidepresan bisa membantu penderita depresi agar pulih, tapi ada efek samping yang perlu diwaspadai. Pahami pro dan kontra antidepresan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 18 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Postpartum depression tak cuma menyerang wanita yang baru melahirkan. Depresi pasca melahirkan juga bisa dialami para ayah. Inilah tanda-tandanya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Parenting, Tips Parenting 14 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Cara Membedakan Stres, Depresi, dan Gangguan Kecemasan

Setiap orang pernah mengalami stres. Tapi tidak semua orang mengalami depresi atau gangguan kecemasan. Lalu, apa bedanya stres dan depresi serta kecemasan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Psikologi 9 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

minum antidepresan saat hamil

Minum Antidepresan Saat Hamil, Boleh Atau Tidak?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Mengapa Mendengarkan Suara Hujan Bikin Mengantuk?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Gladys Mangkuliguna
Dipublikasikan tanggal: 22 September 2020 . Waktu baca 3 menit
minum kopi masih ngantuk

Sudah Minum Kopi Tapi Masih Ngantuk, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14 September 2020 . Waktu baca 4 menit
cara cepat tidur

Sering Susah Tidur? Ini Cara Cepat Tidur Dalam Satu Menit

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit