Sering Sakit Kepala Saat Menstruasi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Saat wanita sedang menstruasi, berbagai keluhan sering dirasakan oleh tubuh, mulai dari mual, nyeri perut, sampai sakit kepala atau migrain. Kondisi ini sebenarnya wajar, dan gejalanya masih bisa ditangani dengan cara-cara mudah. Tapi, apa penyebab sering sakit kepala saat menstruasi?

Penyebab sering sakit kepala saat menstruasi

Sakit kepala pada dasarnya dapat disebabkan banyak hal. Namun, sakit kepala saat menstruasi umumnya disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh wanita. Para ahli menemukan bahwa sakit kepala atau bahkan migrain biasanya muncul antara dua hari menjelang haid, hingga tiga hari pertama menstruasi Anda. Sakit kepala saat haid juga biasanya lebih parah dibanding waktu-waktu lain saat sedang tidak haid.

Sebabnya tak lain dan tak bukan adalah hormon estrogen yang turun mendadak selama PMS dan menstruasi sehingga dapat memicu sakit kepala. Hormon estrogen juga berfungsi mengaktifkan bagian otak yang mengatur rasa nyeri. Semakin rendah estrogen, semakin sedikit pula sumber daya otak untuk meredakan nyeri atau mematikan rasa sakit.

Menurut para ahli di National Migraine Centre, lebih dari separuh wanita yang rutin mengalami migrain, akan mengalami migrain yang lebih parah menjelang atau selama haid. Penelitian menunjukkan bahwa risiko sakit kepala meningkat 25 persen dalam lima hari menjelang hari pertama menstruasi, dan risiko tersebut meningkat menjadi 71 persen dalam dua hari sebelum menstruasi dimulai. Risiko sakit kepala paling tinggi terjadi pada hari pertama dan dua hari setelah menstruasi.

Bagaimana mengatasi sakit kepala saat menstruasi?

Sakit kepala saat menstruasi dapat diobati dengan mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri. Cara lainnya termasuk:

  • Letakkan sekantong es batu yang dibungkus handuk di kepala Anda yang sakit.
  • Berlatih relaksasi untuk menurunkan stres.
  • Terapi akupuntur dapat membantu membuat Anda rileks dan meredakan sakit kepala.
  • Mengonsumsi triptans. Dokter Anda mungkin memberi resep triptans, obat ini dapat menghalangi sinyal rasa sakit di otak Anda. Triptans sering digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dari sakit kepala dalam waktu dua jam dan membantu mengendalikan muntah.
  • Minum penghilang rasa sakit dan triptans. Beberapa wanita mungkin menggunakan kombinasi NSAID dan triptan untuk menghilangkan rasa sakit akibat menstruasi.
  • Catat kapan saja sakit kepala saat haid mulai terasa. Ini dapat membantu dokter untuk menemukan pola dan penanganan.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca