Perlengketan Usus Bisa Bikin Sulit Hamil, Bagaimana Mengobatinya?

Oleh

Usus buntu merupakan salah satu peradangan tubuh pada bagian usus, atau biasa dikenal sebagai apendisitis. Karena organ dalam tubuh agak berhimpitan, maka tak jarang organ-orang ini saling menempel satu sama lain. Banyak perempuan yang khawatir bahwa radang usus buntu ini jika dioperasi akan menimbulkan perlengketan pada rahim atau saluran tuba falopi. Kondisi ini sering disebut dengan adhesi atau perlengketan usus.

Apa itu perlengketan usus?

Perlengkatan usus atau adhesi, adalah hasil dari komplikasi medis yang biasanya disebabkan oleh operasi, infeksi, atau endometriosis. Usus yang infeksi bisa disebabkan karena radang usus buntu yang telah parah, lalu usus pecah dan cairannya menjadi lengket.

Umumnya, jaringan di dalam perut dan jaringan abdomen memiliki permukaan yang lembut yang tidak menempel saat tubuh bergerak. Namun, keadaan perut tertentu membuat mereka saling menempel. Perlengketan usus mungkin terjadi di antara saluran pencernaan atau antara saluran gastrointestinal dan jaringan otot perut.

Kenapa perlengketan usus bikin susah hamil?

Biasanya, tuba falopi (saluran yang menggabungkan ovarium dengan rahim) dan usus pada tubuh manusia memang tempatnya berdampingan satu sama lain. Perlengketan usus dapat mempengaruhi peluang bagi seorang wanita untuk hamil jika itu menjadikan sel telur lebih sulit untuk memasuki tuba falopi pada saat ovulasi. Adhesi kadang-kadang akan membentuk penghalang antara ovarium dan tuba falopi.

Mengapa bisa menjadi penghalang? Ketika sel telur lepas dari indungnya, tabung atau jalan menuju ke rahim tertutup akibat lengket dengan usus sehingga  tidak bisa sampai ke sana. Jenis lainnya dari adhesi mungkin menarik tabung dan ovarium sampai terpisah, sehingga fimbriae tidak dapat mencapai sel telur saat ovulasi.

Ada kasus di mana seorang wanita mungkin memiliki perlengketan di perut atau panggul yang tidak memengaruhi tabung atau ovarium. Adhesi ini dapat menyebabkan rasa nyeri atau masalah kesehatan lainnya, tetapi tidak akan mengganggu kemampuannya untuk hamil.

Bagaimana cara mengobati perlengketan usus?

Operasi adalah satu-satunya pengobatan yang efektif untuk perlengketan usus dan tuba falopi. Dokter akan menggunakan cara “lisis adhesi” yang menggambarkan prosedur pembedahan untuk membelah atau memisahkan usus, dan mengembalikannya ke bentuk semula (tidak dempet dengan saluran tuba falopi). Semakin sedikit lengket pada ususnya, semakin besar kemungkinan bahwa operasi akan efektif untuk menghasilkan kehamilan.

Mengapa tidak semua operasi perlengketan usus sukses? Salah satu alasannya adalah bahwa perlengketan usus dapat kambuh lagi setelah operasi. Selain itu, perlengketan baru dapat terjadi setelah operasi dilakukan, bahkan jika tujuan dari operasi adalah untuk menghilangkan perlengketan.

Dokter juga akan mencoba untuk menggunakan banyak teknik untuk mencegah perlengketan usus muncul atau hadir dengan perlengketan yang baru. Sering kali hal ini melibatkan struktur panggul yang membuat hambatan untuk mencegah perlengketan hadir kembali.

Cara lain untuk mengobati perlengketan usus adalah dengan menempatkan berbagai jenis cairan dalam perut setelah operasi. Saat ini, ada satu jenis cairan yang disetujui oleh FDA selama operasi ginekologi untuk mencegah perlengketan yang biasa disebut adept.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca