Meski tipes alias demam tifoid adalah penyakit yang sudah “lazim” bagi masyarakat Indonesia, ini bukan sesuatu yang bisa disepelekan. Tubuh Anda berisiko kekurangan cairan dan beberapa komplikasi yang bisa ditimbulkan setelah Anda terserang tipes, sehingga penanganan terhadap tipes harus dilakukan dengan tepat dan segera. Namun apakah pengobatan tipes memang perlu dilakukan dengan dirawat di rumah sakit (rawat inap atau opname) atau bisa di rumah saja?

Apa itu tipes?

Tipes atau demam tifoid adalah suatu infeksi bakteri akut yang disebabkan oleh keberadaan bakteri salmonella typhi pada makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Masyarakat dan petugas kesehatan sebenarnya lebih sering menyebutnya dengan gejala tipes.

Hal ini terjadi karena umumnya, kondisi tubuh yang Anda periksakan masih merupakan gejala-gejala yang timbul 1-2 minggu setelah bakteri masuk ke dalam tubuh Anda (masa inkubasi). Gejala-gejala tersebut berupa:

  • Demam hingga 40 derajat Celcius
  • Sakit kepala
  • Otot terasa sakit
  • Sakit perut
  • Hilangnya selera makan
  • Diare
  • Munculnya ruam-ruam kecil berwarna merah muda

Sebaiknya segera periksakan bila Anda mengalami gejala-gejala di atas, terlebih bila Anda baru saja pulang dari suatu perjalanan, karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penanganan yang segera terhadap gejala tipes, dapat mengurangi peluang Anda untuk mengalami komplikasi tipes.

Namun bila ternyata gejala-gejala yang Anda rasakan tersebut adalah gejala tipes, serta setelah Anda melakukan beberapa tes pada darah, feses, urin, dan sampel sumsum tulang Anda menunjukkan hasil positif, bisa jadi tipes yang Anda alami kini bukan lagi hanya sekedar gejala saja.

Bagaimana cara menyembuhkan tipes?

Pengobatan tipes sebenarnya dapat dilakukan baik di rumah maupun di rumah sakit. Yang terpenting adalah, perawatan tipes itu dapat memberikan Anda istirahat yang benar-benar total selama beberapa minggu hingga kondisi Anda pulih secara keseluruhan, karena gejala yang ditimbulkan tipes umumnya akan membuat Anda benar-benar merasa lemas.

Selain istirahat total, Anda juga harus bisa memastikan kadar kandungan cairan dalam tubuh Anda cukup, serta kebersihan dan nutrisi dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi terjaga. Ingat, penyebab Anda terserang tipes adalah makanan dan minuman yang tidak bersih, dan Anda bisa saja menularkan bakteri tersebut ke orang-orang di sekitar Anda.

Kapan Anda harus diopname di rumah sakit?

Perawatan tipes Anda sebaiknya ditangani di rumah sakit, bila:

  • Gejala yang Anda alami memburuk, seperti muntah-muntah, diare, hingga pembengkakan pada bagian perut.
  • Pasien tipes tersebut masih anak-anak atau balita.
  • Serangan tipes tersebut justru berkembang menjadi komplikasi tipes pada sistem pencernaan, berupa pendarahan di dalam dan perlubangan yang menyebar ke jaringan-jaringan yang ada di sekelilingnya.

Selain itu, penyakit yang disebabkan oleh serangan bakteri biasanya akan ditangani dengan antibiotik. Bila perawatan tipes Anda dilakukan di rumah sakit, perlakuan yang Anda terima biasanya akan berupa pemberian injeksi antibiotik serta pemasukan nutrisi dan cairan ke dalam tubuh Anda melalui jarum infus. Sedangkan bila perawatan tipes Anda dilakukan di rumah, pemberian antibiotik akan dilakukan melalui mulut (oral).

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca