backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

4

Tanya Dokter
Simpan

Bolehkah Minum Susu Ketika Sedang Sakit Tipes?

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Fajarina Nurin · Tanggal diperbarui 27/10/2022

Bolehkah Minum Susu Ketika Sedang Sakit Tipes?

Ketika Anda mengalami penyakit tipes, asupan yang masuk ke tubuh harus Anda perhatikan dengan benar. Jika salah langkah, Anda bisa mengalami komplikasi tipes yang dapat mengancam nyawa. Salah satu asupan yang perlu Anda perhatikan adalah susu. Lantas, bolehkah minum susu saat sakit tipes? Seperti apa susu yang boleh diminum penderita tipes? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa susu yang boleh diminum penderita tipes?

Makanan untuk penderita tipes yang biasanya direkomendasikan dokter adalah makanan tinggi kalori dan protein. Susu adalah salah satu sumber makanan yang dapat memenuhi dua kriteria tersebut.

Walaupun begitu, orang yang sakit tipes tidak boleh minum sembarang susu. Dikutip pusat pengendalian dan pencegahan penyakit  Amerika Serikat, CDC, susu yang boleh dikonsumsi orang yang sakit tipes hanyalah susu steril yang sudah dipasteurisasi.

Pasteurisasi adalah teknik pemanasan susu menggunakan uap panas tekanan rendah untuk mengurangi jumlah patogen penyebab penyakit. Umumnya pasteurisasi adalah proses yang dilakukan dengan memanaskan susu hingga titik didih panas 110℃.

susu memicu asma

Proses sterilisasi ini dapat mematikan organisme berbahaya, termasuk bakteri penyebab tipes, Salmonella typhi. Selain itu, proses tersebut juga mampu menyingkirkan kuman lainnya, seperti Brucella, Campylobacter, Cryptosporidium, E. coli, dan Listeria. 

Meskipun begitu, proses pemanasan pasteurisasi menonaktifkan beberapa enzim dalam susu. Namun, ilmuwan menganggap enzim-enzim tersebut tidak berperan penting dalam kesehatan manusia.

Beberapa nutrisi dalam susu mentah mungkin akan menghilang setelah melalui proses pasteurisasi. Namun, Anda tetap dapat memperolehnya melalui sumber lain. Misalnya, vitamin C menghilang setelah susu dipasteurisasi, tapi Anda tetap bisa memperoleh vitamin C di sumber makanan yang lain.

Susu beruang bisa jadi pilihan

susu dingin

Sebuah merek yang kerap disebut dengan susu beruang adalah salah satu produk susu yang sudah melalui proses pasteurisasi. Jadi, Anda yang sedang sakit tipes boleh minum susu beruang.

Satu kaleng susu beruang yang beredar di pasaran memiliki energi total sebesar 120 kilokalori (kkal) dengan rincian sebagai berikut:

  • 7 gram lemak total
  • 6 gram protein
  • 9 gram karbohidrat
  • 115 miligram natrium

Sekaleng susu beruang juga mengandung komposisi sebagai berikut:

  • Susu sapi
  • Maltodekstrin
  • Sari malt
  • Gula
  • Pati modifikasi
  • Pemantap nabati
  • Kalsium karbonat
  • Premiks vitamin
  • Perisa identik alami malt

Susu steril memang lebih mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan jenis susu lainnya. Namun, belum ada penelitian medis yang cukup kuat untuk membenarkan atau mendukung klaim bahwa minum susu beruang bisa membantu menyembuhkan sakit tipes.

Terlebih, proses sterilisasi juga memungkinkan sejumlah nutrisi dan vitamin susu ikut hangus. Hal ini tentu dapat merugikan asupan nutrisi yang diperlukan saat Anda sakit tipes.

Kesimpulannya, tidak apa jika Anda ingin minum susu beruang selama tipes untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Akan tetapi, minum susu ini bukanlah satu-satunya cara yang Anda andalkan untuk menyembuhkan tipes. Anda juga harus mencukupi nutrisi dari makanan sehat dan tetap menjalani pengobatan dari dokter.

Ingat! Susu beruang harus segera diminum habis setelah kemasan dibuka agar tidak sampai kemasukan bakteri dan kuman dari udara luar. Susu ini juga harus segera diminum sampai habis karena kandungannya tidak bisa bertahan lama.

Apa yang perlu diperhatikan ketika ingin minum susu saat sakit tipes?

sarapan minum susu

Susu memang bagus untuk mencukupi kebutuhan nutrisi selama masa penyembuhan tipes. Namun, Anda justru disarankan untuk tidak minum susu saat mengalami gejala sakit tipes berupa diare.

Ketika Anda diare, sistem pencernaan Anda akan lebih sulit memproses laktosa di dalam susu sehingga, mungkin justru memperparah gejala Anda. Selain susu, sebaiknya hindari juga keju dan butter (mentega) selama sedang diare.

Sebagai gantinya, Anda diperbolehkan mengonsumsi yogurt yang mengandung bakteri probiotik. Ini karena bakteri probiotik dalam yogurt dapat membantu menyeimbangkan kembali flora (bakteri baik) di usus dan mempecepat penyembuhan diare.

Panduan perawatan sakit tipes di rumah

penyakit tipes demam tifoid

Memerhatikan asupan makanan dan kebutuhan cairan adalah kunci utama kesembuhan penyakit tipes. Selain memerhatikan aturan minum susu saat sakit tipes, usahakan untuk memenuhi panduan berikut selama masa pengobatan dan pemulihan penyakit tersebut:

  • Minum 8-10 gelas air setiap hari
  • Minum setidaknya 1 gelas (240 mililiter) cairan setelah setiap kali Anda buang air besar.
  • Makanlah dalam porsi kecil, tapi sering
  • Perbanyak makan sayuran dan buah khusus penderita tipes

Asupan makanan tinggi kalori dan nutrisi dapat membantu Anda melewati pengobatan tipes secara tuntas. Konsultasikan makanan yang ingin Anda konsumsi dan patuhi anjuran dokter yang menangani Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Fajarina Nurin · Tanggal diperbarui 27/10/2022

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan