Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Hindari 5 Pantangan Ini agar Cepat Sembuh dari Sakit Tipes

Hindari 5 Pantangan Ini agar Cepat Sembuh dari Sakit Tipes

Saat sakit tipes, umumnya Anda harus istirahat total entah di rumah atau diopname di rumah sakit agar cepat sembuh. Nah, sementara menjalani pengobatan, ada beberapa pantangan sakit tipes yang harus dipatuhi agar penyakit tidak semakin parah.

Apa saja hal yang harus Anda hindari? Berikut penjelasan lengkapnya.

Pantangan saat tipes yang harus dihindari

mandi saat sakit demam

Tipes atau demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Semua orang bisa terkena tipes, tapi anak-anaklah yang paling rentan. Penyakit ini biasanya terjadi di lingkungan dengan sanitasi dan kualitas air yang buruk.

Bakteri penyebab tipes bisa masuk ke dalam tubuh lewat makanan dan minuman kotor yang terkontaminasi. Selain itu, Anda juga bisa tertular dari kontak dengan partikel kecil feses orang yang sakit tipes, misalnya saat menyentuh gagang pintu toilet umum.

Tipes umumnya bisa sembuh sendiri seiring waktu dengan minum obat pereda nyeri dan istirahat. Dokter juga kadang akan memberikan resep antibiotik yang harus diminum teratur.

Meski demikian, pengobatan tipes di rumah dengan cara tersebut belum tentu cukup untuk membuat bakteri mati dan menyembuhkan Anda dari penyakit.

Tanpa perawatan yang tepat, Anda kemungkinan masih membawa bakteri Salmonella typhi di dalam tubuh meski gejala tipes sudah tidak lagi terasa. Jika demikian, risiko tipes untuk kambuh lagi pada beberapa bulan ke depan masih tinggi.

Tak hanya itu, Anda juga tetap dapat menularkan bakteri penyebab tipes ke orang lain. Lebih parah lagi, Anda dapat mengalami komplikasi tipes yang dapat mengancam nyawa.

Agar Anda bisa sembuh total tanpa risiko kambuh lagi, sebaiknya hindari pantangan berikut ini saat sakit tipes.

1. Makan makanan mentah

sering makan sushi

Dikutip dari Mayo Clinic, makan makanan mentah merupakan salah satu faktor risiko tipes. Pasalnya, makanan tersebut mungkin mengandung bakteri seperti Salmonella, E. coli, dan Listeria yang dapat memperparah infeksi.

Berikut merupakan beragam makanan mentah yang menjadi pantangan saat sakit tipes.

  • Buah dan sayuran yang tidak dicuci dan dimasak, terutama yang tidak memiliki kulit atau tidak bisa dikupas.
  • Salad sayur atau buah yang tidak diolah sendiri.
  • Susu dan produk susu lainnya yang tidak dipasteurisasi.
  • Daging mentah atau setengah matang.
  • Kerang atau udang mentah.
  • Ikan mentah, sushi, dan sashimi.

Cuci bersih dan masaklah setiap bahan makanan sampai matang sempurna. Pastikan juga Anda membersihkan peralatan masak dan makan seperti talenan, pisau, hingga sendok dan garpu sebelum dipakai.

Setelah digunakan untuk mengolah makanan mentah atau daging, Anda wajib mencuci lagi peralatan makan tersebut sebelum digunakan untuk mengolah bahan mentah lainnya.

Pastikan Anda juga mencuci semua buah dan sayuran mentah dengan air matang dan bersih sebelum dikonsumsi.

Selama terjangkit tipes, sebaiknya hindari menyajikan makanan untuk orang lain karena risiko penularan sangat tinggi.

2. Minum air sembarangan

Pantangan selanjutnya untuk orang yang sakit tipes adalah minum air yang tidak higenis. Saat masih kena tipes, hindari minum air mentah dari keran atau air galon kemasan isi ulang eceran.

Mengonsumsi minuman yang dijual sembarang di pinggir jalan atau air yang tidak jelas sumbernya bisa membuat tipes semakin parah, sebab air tersebut mungkin telah terkontaminasi bakteri Salmonella typhi.

Tak kalah penting, pantangan tipes selanjutnya yaitu jajan minuman dingin yang ditambahkan es batu bongkahan saat di luar rumah.

Anda disarankan hanya minum air matang, air kemasan botol, atau minuman ringan dalam kemasan. Gunakan juga air matang saat berkumur setelah menggosok gigi. Cobalah untuk tidak menelan air mentah saat di kamar mandi.

3. Berhubungan seksual

Hubungan seksual juga termasuk pantangan yang harus dihindari saat Anda masih sakit tipes.

Anda sebaiknya menunda berhubungan seksual karena bakteri Salmonella typhi penyebab tipes mudah menular ke orang yang sehat melalui kontak langsung melalui feses, terkadang urine, dan juga seks anal-oral.

4. Tidak cuci tangan sehabis dari toilet

mencuci tangan cara mencegah cacar air

Jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesudah dari toilet selama Anda sakit tipes. Pasalnya, bakteri Salmonella yang ada di dalam tubuh Anda bisa berpindah ke feses, kemudian ke tangan Anda sehabis buang air besar.

Apabila Anda menyentuh dan menggunakan benda lain sehabis dari toilet, bakteri bisa berpindah ke orang sehat yang menyentuh benda tersebut.

Penting untuk selalu langsung mencuci tangan dengan air dan sabun demi mencegah penyebaran tipes. Jika tidak ada air dan sabun, Anda bisa menggunakan hand sanitizer.

5. Beraktivitas terlalu berat

Dokter biasanya menganjurkan Anda untuk cuti kerja atau absen sekolah agar bisa istirahat semaksimal mungkin di rumah. Selama waktu ini, Anda pantang untuk beraktivitas terlalu berat karena dapat memperlambat proses penyembuhan tipes.

Tubuh Anda membutuhkan waktu dan energi untuk melawan bakteri Salmonella typhi. Selain itu, tidur dan istirahat di rumah dapat membantu memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak karena penyakit infeksi. Hal ini dapat mempercepat pemulihan Anda.

Istirahat di rumah juga dapat mencegah penyebaran tipes ke orang lain di sekolah, lingkungan rumah, atau tempat kerja Anda. Maka, pantangan ini sangat wajib Anda patuhi saat sakit tipes.

Verifying...


Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Foods Linked to Illness. (2022). Retrieved 31 May 2022 from https://www.cdc.gov/foodsafety/foods-linked-illness.html

Hygiene helps you prevent Typhoid fever. (2022). Retrieved 31 May 2022 from http://www.kznhealth.gov.za/typhoid1.htm

Typhoid Fever. (2018). Retrieved 31 May 2022 from http://www.southernnevadahealthdistrict.org/Health-Topics/typhoid-fever/

Symptoms and Treatment | Typhoid Fever | CDC. (2019). Retrieved 31 May 2022 from https://www.cdc.gov/typhoid-fever/symptoms.html

Typhoid fever – Symptoms and causes. (2020). Retrieved 31 May 2022 from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/typhoid-fever/symptoms-causes/syc-20378661

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ocha Tri Rosanti Diperbarui 7 days ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa