Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Saat Tipes, Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi dan yang Dihindari

Saat Tipes, Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi dan yang Dihindari

Penyakit demam tifoid alias tipes menular melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. Untuk membantu pengobatan tipes, Anda perlu beristirahat yang cukup serta mengetahui jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama sakit.

Makanan untuk orang yang sakit tipes

Tipes menular dari kebiasaan dan lingkungan yang tidak bersih, seperti jarang mencuci tangan dan jajan sembarangan. Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan makanan yang Anda konsumsi ketika sedang mengidap tipes.

Di bawah ini merupakan contoh makanan sebaiknya Anda konsumsi saat sakit tipes.

1. Makanan yang lunak

makan bubur

Tipes merupakan jenis penyakit yang menginfeksi sistem pencernaan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lunak, lembek, dan berkuah, seperti bubur atau sup. Hal ini dilakukan agar makanan lebih mudah dicerna.

Ini penting karena sistem pencernaan orang yang mengalami tipes sedang dalam kondisi yang kurang baik dan butuh waktu dalam proses penyembuhan.

Selain itu, pemberian makanan yang lunak dan lembek ini juga bertujuan untuk menghindari komplikasi tipes berupa perdarahan di usus serta perforasi usus (munculnya lubang pada dinding usus).

Selama sakit, Anda dianjurkan mengunyah makanan hingga teksturnya lunak seperti kentang tumbuk. Semakin Anda mengunyahnya, semakin mudah pula makanan itu dicerna oleh tubuh.

2. Makanan tinggi kalori dan padat gizi

Makanan berkalori tinggi dapat membantu mempercepat pemulihan orang yang sakit tipes. Ini karena asupan kalori dari makanan dapat mencegah penurunan berat badan yang drastis akibat tipes.

Selain berkalori tinggi, penting juga untuk memerhatikan kandungan gizi dalam makanan, terutama protein. Protein dapat menjadi sumber tenaga dan zat pembangun yang berperan dalam pertumbuhan serta pemeliharaan jaringan yang rusak.

Bagi orang yang mengalami tipes, asupan makanan tinggi protein sangat diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini karena protein mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat infeksi.

Beberapa sumber protein yang baik bagi pengidap tipes antara lain:

  • dada ayam,
  • hati ayam,
  • telur,
  • ikan,
  • tahu, dan
  • tempe.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makanan ini sebaiknya dibuat lebih lunak dan berukuran lebih kecil. Anda bisa merebusnya, menambahkannya ke dalam sup, atau mengukusnya.

Anda sebaiknya menghindari metode masak dengan cara digoreng. Menggoreng makanan akan membuatnya lebih keras dan sulit dicerna oleh orang yang sakit tipes.

Telur, yoghurt, dan keju juga sangat mudah untuk dicerna dan bisa menjadi sumber protein yang baik. Bahkan, yoghurt dapat membantu meringankan gejala tipes yang mengganggu, seperti diare.

3. Makanan rendah serat

salad sayuran

Salah satu pantangan untuk orang yang sakit tipes yaitu makan makanan tinggi serat. Pasalnya, makanan yang banyak mengandung serat sulit dicerna dan dapat mengiritasi usus Anda yang sudah meradang.

Apabila Anda ingin mengonsumsi buah dan sayur, sebaiknya pilihlah buah dan sayur dengan kandungan serat yang rendah. Selain itu, pastikan sayuran yang Anda konsumsi telah dimasak untuk menghindari kontaminasi.

Buah dan sayuran yang bisa Anda konsumsi di antaranya:

  • jus buah tanpa ampas,
  • pisang,
  • alpukat.
  • saus apel,
  • buah matang tanpa kulit atau biji,
  • kentang tanpa kulit, serta
  • tomat tanpa kulit dan biji.

Selain buah dan sayuran tersebut, jangan lupa masukkan sayuran hijau ke dalam menu harian Anda. Mengutip laman Johns Hopkins Medicine, sayuran hijau mengandung sejenis gula yang baik bagi kesehatan usus Anda.

Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang rendah serat lainnya seperti pasta, nasi putih, kentang, dan roti tawar.

4. Cairan

makanan untuk penderita tifus

Salah satu dampak dari penyakit tipes yaitu diare dan ini bisa membuat Anda dehidrasi. Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan cairan menjadi hal yang penting. Minumlah minimal 6–8 gelas air dalam sehari.

Selain asupan cairan, keseimbangan elektrolit di dalam tubuh perlu dijaga agar Anda cepat sembuh dari penyakit tipes. Nah, minum banyak air putih bisa menjadi salah satu caranya.

Selain minum air putih, Anda juga bisa mengonsumsi kuah sayur atau air perasan buah. Keduanya dapat menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare. Jika dehidrasi semakin parah, segera ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut.

Makanan yang harus dihindari pengidap tipes

Penyakit tipes menyerang sistem pencernaan Anda. Maka dari itu, Anda perlu menghindari makanan dan minuman yang dapat memperparah gangguan pada sistem pencernaan.

Berikut berbagai makanan dan minuman yang menjadi pantangan untuk pengidap tipes.

  • Kubis-kubisan karena bisa membuat perut Anda kembung dan sering buang gas.
  • Masakan yang memiliki rasa bawang putih dan merah yang kuat. Keduanya dapat menyebabkan peradangan.
  • Makanan pedas yang bisa memperburuk kondisi pencernaan pengidap tipes.
  • Makanan yang digoreng, mentega, dan makanan penutup (dessert).
  • Makanan di pinggir jalan yang tidak bisa dipastikan kebersihannya.
  • Minuman mengandung kafein seperti kopi.

Tips makan sehat untuk orang yang sakit tipes

pantangan tipes

Ketika terkena tipes, Anda mungkin merasakan gejala berupa demam dan tidak nafsu makan. Dalam kondisi ini, Anda tetap harus makan demi memulihkan kondisi kesehatan. Lakukan tips di bawah ini.

  • Konsumsi makanan yang cair seperti jus buah dan sayur ketika tidak nafsu makan.
  • Makan dalam porsi sedikit, tapi sering.
  • Perlahan naikkan tekstur makanan Anda, seiring dengan kondisi kesehatan yang membaik.
  • Ganti makanan cair dengan yang lunak, seperti bubur atau kentang rebus tumbuk.
  • Ketika gejala tipes mulai berkurang, mulai makan makanan yang telah disebutkan di atas dengan tekstur normal.

Meski sedang sakit tipes, mungkin keinginan untuk jajan di pedagang kaki lima tetap ada. Terlebih lagi, jajanan pinggir jalan kerap menggugah selera ketimbang “makanan orang sakit”, seperti bubur.

Namun, jajan sembarangan justru menjadi pantangan paling utama dan pertama saat Anda sakit tipes. Pantangan ini juga bahkan tetap harus dilanjutkan setelah Anda sembuh sekalipun.

Jajan sembarangan tidak dianjurkan karena Anda tidak pernah tahu bagaimana cara si pedagang menyiapkan memasak, menghidangkan masakannya, sampai caranya membersihkan peralatan masaknya.

Anda juga tidak bisa tahu apakah ia sudah cuci tangan atau bahan makanan yang dipakainya benar-benar sehat dan segar atau tidak.

Penyakit tipes memang dapat sembuh dengan sendirinya. Meski begitu, pemilihan makanan dan minuman yang tepat berperan penting dalam proses pemulihan.


Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

5 Foods to Improve Your Digestion. (2020). Retrieved 31 May 2022, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/5-foods-to-improve-your-digestion

Good foods to help your digestion. (2019). Retrieved 31 May 2022, from https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/good-foods-to-help-your-digestion/?tabname=food-and-diet

Low Fiber Diet / Soft Foods Diet. (2022). Retrieved 31 May 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/15637-gastrointestinal-soft-diet-overview

Typhoid fever – Symptoms and causes. (2020). Retrieved 31 May 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/typhoid-fever/symptoms-causes/syc-20378661

Typhoid Fever (for Parents) – Nemours KidsHealth. (2017). Retrieved 31 May 2022, from https://kidshealth.org/en/parents/typhoid.html

Prevention Tips for Travelers | Typhoid Fever | CDC. (2020). Retrieved 31 May 2022, from https://www.cdc.gov/typhoid-fever/prevention.html

High Calorie Foods: Snack Ideas for Weight Gain. (2022). Retrieved 31 May 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/16555-snack-ideas-for-weight-gain

Loss of Appetite Coping Strategies. (2020). Retrieved 31 May 2022, from https://liferaftgroup.org/2013/08/loss-appetite-coping-strategies/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ocha Tri Rosanti Diperbarui Jun 21
Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa