Terus pantau perkembangan soal COVID-19 di sini.

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Penyakit Tifus

Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Penyakit Tifus

Tifus atau demam tifoid adalah infeksi yang menyerang sistem pencernaan akibat bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. Jika Anda terkena penyakit ini, ada beberapa makanan untuk penderita tifus yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Apa saja?

Apa saja jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita tifus?

Tifus menular dari kebiasaan dan lingkungan yang tidak bersih, seperti jarang mencuci tangan dan menyentuh barang terinfeksi. Bakteri penyebab tifus juga dapat menyebar dari makanan yang Anda konsumsi.

Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan makanan yang Anda konsumsi ketika sedang menderita tipes. Jika salah, proses penyembuhan ketika Anda menjalani pengobatan tifus bisa saja terhambat.

Di bawah ini jenis-jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita tifus.

1. Makanan yang lunak

makan bubur

Tipes merupakan jenis penyakit yang menginfeksi sistem pencernaan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi makan yang lunak, lembek, dan berkuah, seperti bubur atau sup. Hal ini dilakukan agar makanan tersebut lebih mudah dicerna.

Pasalnya, sistem pencernaan orang yang mengalami tipes sedang dalam kondisi yang kurang baik dan butuh waktu dalam proses penyembuhan. Selain itu, pemberian makanan yang lunak dan lembek ini juga untuk menghindari komplikasi tipes berupa perdarahan di usus serta perforasi usus (muncul lubang-lubang di dinding usus).

Dikutip dari Cleveland Clinic, Anda dianjurkan mengunyah makanan hingga teksturnya menjadi seperti kentang tumbuk. Semakin Anda mengunyahnya, maka semakin mudah pula makanan itu dicerna oleh tubuh.

2. Makanan tinggi kalori dan gizi

resep pasta gandum

Makanan berkalori tinggi akan membantu untuk mempercepat pemulihan pada penderita tifus. Hal tersebut karena kalori tinggi akan mencegah berat badan turun drastis akibat tifus.

Selain berkalori tinggi, penting juga untuk penderita tifus memerhatikan kandungan gizi dalam makanan, salah satunya adalah protein. Protein sangat bermanfaat bagi tubuh karena sebagai sumber tenaga dan zat pembangun yang berfungsi dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan yang rusak.

Bagi orang yang mengalami tifus, asupan makanan yang tinggi protein ini sangat diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini karena protein mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat infeksi.

Di bawah ini beberapa sumber protein yang baik bagi penderita tipes.

  • Daging ayam bagian dada
  • Hati ayam
  • Telur
  • Ikan
  • Tahu
  • Tempe
health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makanan ini sebaiknya dibuat lebih lunak dan berukuran lebih kecil. Anda bisa merebusnya, dibuat menjadi sup, atau dikukus.

Anda sebaiknya menghindari metode masak dengan cara digoreng. Menggoreng produk makanan tersebut akan membuatnya lebih keras dan sulit dicerna oleh pencernaan orang yang sakit tipes.

Tak hanya itu, telur, yogurt, dan keju sangat mudah untuk dicerna dan bisa menjadi sumber protein yang baik. Yogurt dapat membantu Anda meringankan gejala tipes yang mengganggu, yaitu diare.

3. Makanan rendah serat

makanan untuk penderita tifus

Salah satu pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi sementara waktu untuk penderita tifus adalah mengonsumsi makanan yang mengandung kadar serat tinggi. Pasalnya, makanan yang mengandung serat tinggi sulit dicerna dan dapat mengiritasi usus Anda yang sudah meradang.

Apabila Anda ingin mengonsumsi buah dan sayur, Anda disarankan untuk mengonsumsi jenis buah dan sayur yang memiliki kandungan serat yang rendah. Selain itu, pastikan sayur-sayuran yang Anda konsumsi telah dimasak untuk menghindari kontaminasi.

Di bawah ini saran yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi sayur dan buah saat menderita tipes.

  • Juah buah tanpa ampas
  • Pisang
  • Alpukat
  • Saus apel
  • Buah masak tanpa kulit atau biji
  • Kentang tanpa kulit
  • Tomat tanpa kulit dan biji

Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang rendah serat lainnya seperti pasta, nasi putih, kentang, roti tawar, dan lain sebagainya.

4. Cairan

makanan untuk penderita tifus

Keseimbangan elektrolit dan air di dalam tubuh sangat penting untuk dijaga agar Anda cepat sembuh dari penyakit tifus. Nah, minum banyak air putih adalah suatu kewajiban yang harus Anda lakukan demi mempercepat penyembuhan tipes.

Salah satu akibat dari penyakit tipes adalah diare dan gangguan pada pencernaan ini bisa membuat Anda dehidrasi. Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan cairan adalah hal yang penting. Minumlah minimal 6-8 gelas air dalam sehari.

Selain minum air putih, Anda juga bisa mengonsumsi kuah sayur atau air perasan buah. Keduanya dapat menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare. Jika dehidrasi semakin parah, segera ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut.

Makanan yang harus dihindari penderita tifus

pantangan tipes

Makanan pedas memang menggugah selera, tapi makanan jenis ini harus dihindari orang yang terkena tipes. Tipes membuat usus Anda luka akibat infeksi bakteri Salmonella typhi.

Makanan pedas akan membuat organ pencernaan terutama usus akan mengalami rasa panas hingga terjadi pembengkakan atau mungkin pendarahan. Hal ini tentu saja akan memperparah keadaan dan memperlama proses penyembuhan dari penyakit tipes itu sendiri.

Selain makanan pedas, ada makanan dan minuman lain yang harus dihindari saat terkena tifus, yaitu:

  • Makanan yang berserat tinggi karena dapat mengganggu sistem pencernaan.
  • Kubis dan capsicum bisa membuat perut Anda kembung dan sering buang gas.
  • Masakan yang memiliki rasa bawang putih dan merah yang kuat. Keduanya dapat menyebabkan peradangan.
  • Makanan pedas mampu memperburuk kondisi penderita tipes.
  • Makanan yang digoreng, mentega, dan makanan penutup pun harus dihindari.
  • Hindari membeli makanan dari pinggir jalan

Tips konsumsi makanan untuk penderita tifus

Ketika Anda menderita tipes, Anda mungkin merasakan gejala berupa demam dan tidak nafsu makan. Dalam kondisi ini, Anda tetap harus makan demi memulihkan kondisi kesehatan Anda. Lakukan tips di bawah ini:

  • Konsumsi makanan yang cair, seperti jus buah dan sayur ketika tidak nafsu makan
  • Makan dalam porsi yang sedikit, tapi sering
  • Perlahan naikkan tekstur makanan Anda, seiring dengan kondisi kesehatan yang membaik
  • Ganti makanan cair dengan yang lunak, seperti bubur atau kentang rebus tumbuk
  • Ketika gejala tipes mulai berkurang, mulai makan makanan yang telah disebutkan di atas, dengan tekstur normal

Salah satu cara agar Anda cepat sembuh dari penyakit tipes adalah memperhatikan pola makan. Oleh karena itu, jika Anda sedang dalam proses pemulihan, usahakan untuk mengikuti tips-tips di atas agar mempercepat penyembuhan.

Lawan COVID-19 bersama!

Ikuti informasi terbaru dan cerita para pejuang COVID-19 di sekitar kita. Ayo gabung komunitas sekarang!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

5 Foods to Improve Your Digestion. (2020). Retrieved 1 December 2020, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/5-foods-to-improve-your-digestion

Good foods to help your digestion. (2018). Retrieved 1 December 2020, from https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/good-foods-to-help-your-digestion/?tabname=food-and-diet

Low Fiber Diet / Soft Foods Diet. (2020). Retrieved 1 December 2020, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/15637-gastrointestinal-soft-diet-overview

Typhoid fever – Symptoms and causes. (2020). Retrieved 1 December 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/typhoid-fever/symptoms-causes/syc-20378661

Typhoid Fever (for Parents) – Nemours KidsHealth. (2020). Retrieved 1 December 2020, from https://kidshealth.org/en/parents/typhoid.html#:~:text=Avoid%20raw%2C%20unpeeled%20fruits%20and,to%20avoid%20raw%20foods%20entirely.

Prevention Tips for Travelers | Typhoid Fever | CDC. (2020). Retrieved 1 December 2020, from https://www.cdc.gov/typhoid-fever/prevention.html

High Calorie Foods: Snack Ideas for Weight Gain. (2020). Retrieved 1 December 2020, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/16555-snack-ideas-for-weight-gain

Loss of Appetite Coping Strategies. (2020). Retrieved 1 December 2020, from https://liferaftgroup.org/2013/08/loss-appetite-coping-strategies/#:~:text=Eat%20foods%20high%20in%20calorie,Boost%20and%20Carnation%20Instant%20Breakfast.


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fajarina Nurin Diperbarui 6 hari lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x