Ambeien atau dikenal juga dengan wasir menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu. Mulai dari rasa gatal di lubang anus, nyeri saat duduk, sembelit, bahkan feses berdarah. Penyebabnya beragam, tapi paling sering terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat. Untungnya, penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya atau disembuhkan dengan minum obat ambeien dan mengikuti pengobatan yang direkomendasikan dokter.

Supaya lebih jelas mengenai obat wasir dan cara lain untuk mengobatinya, simak ulasannya berikut ini.

Bagaimana ambeien bisa terjadi?

mengobati ambeien berdarah

Setidak satu kali seumur hidup, setiap orang pernah mengalami wasir. Penyakit yang dikenal juga dengan ambeien ini menyebabkan terbentuknya benjolan tepat di bawah selaput lendir yang melapisi bagian anus. Benjolan tersebut terbentuk akibat adanya tekanan berat pada pembuluh vena yang berada di sekitar anus.

Tekanan pada pembuluh darah dekat anus ini, dapat mengganggu sirkulasi darah sehingga menyebabkan pembuluh membengkak. Nah, penyebab wasir dapat disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya:

  • Terlalu sering mengejan karena feses sulit dikeluarkan
  • Terlalu lama duduk sehingga pembuluh vena mendapatkan banyak tekanan
  • Lemahnya otot sphincter karena sudah tua dan pembesaran rahim akibat selama kehamilan

Selain minum obat ambeien, mengubah gaya hidup jadi lebih sehat bisa menyembuhkan wasir. Namun, bila Anda tetap berpegang teguh dengan gaya hidup yang buruk atau menyepelekannya, benjolan pada anus tersebut bisa pecah.

Akibatnya, luka terbuka pada kulit sekitar anus akan terbentuk, menyebabkan rasa perih yang amat sangat, dan memakan waktu lebih lama untuk sembuh.

Obat ambeien alami maupun yang diresepkan dokter

penyebab wasir

Supaya tidak bertambah parah atau pecah, benjolan wasir tidak boleh disepelekan. Akan lebih baik jika Anda mengatasi kondisi ini dengan menggunakan obat ambeien alami atau yang diresepkan dokter.

Diingatkan kembali bahwa obat ambeien alami mungkin bisa jadi pengobatan terbaik bagi Anda. Namun, tidak menutup kemungkinan jika bisa memperparah ambeien yang anda punya. Jadi, selalu konsultasikan lebih dahulu dengan dokter sebelum Anda menggunakan obat untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Nah, deretan obat wasir alami dan diresepkan dokter yang bisa Anda pilih, meliputi:

1. Minum obat resep dokter

Minum obat ambeien bisa menjadi pilihan pertama untuk mengatasi wasir. Biasanya obat ambeien yang sering digunakan meliputi krim, salep, atau supositoria (diberikan dengan cara dimasukkan ke lubang dubur). Obat tersebut mengandung bahan-bahan seperti hydrocortisone dan lidocaine yang dapat mengurangi gatal, rasa sakit, atau pembengkakan.

Dokter mungkin juga akan memberikan obat penghilang rasa sakit seperti aspirin, ibuprofen, dan paracetamol. Ini bisa dikonsumsi untuk sementara membantu meredakan rasa sakit Anda. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa obat ini tidak boleh digunakan dalam jangka panjang karena bisa menyebabkan gangguan pada ginjal dan masalah pada lambung.

2. Minum laksatif

Sembelit membuat Anda gejala ambeien semakin parah. Feses yang terlalu padat dan sulit dikeluarkan ini bisa melukai benjolan pembuluh darah di anus. Akibatnya, feses berdarah bisa terjadi. Kondisi ini membuat anus Anda terasa perih. Jangankan bergerak aktif, duduk saja bisa terasa nyerinya.

Supaya sembelit tidak memperparah gejala wasir, Anda bisa menggunakan obat laksatif atau dikenal juga dengan obat pencahar. Obat ini akan menyerap cairan tubuh lebih banyak sehingga dapat mengencerkan feses sehingga lebih mudah dikeluarkan. Namun ingat, sebelum menggunakan obat ini, konsultasikan lebih dulu dengan dokter.

3. Minum suplemen serat

Sembelit terjadi akibat Anda kurang mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Untuk mengatasi kekurangan serat, suplemen serat (psyllium husk) bisa jadi pilihannya. Tambahan serat akan meningkatkan massa feses dan mendukung pergerakan sistem pencernaan.

Supelemen ini biasanya direkomendasikan oleh dokter untuk menghindari efek samping obat laksatif yang kerap kali menyebabkan diare. Walaupun tidak secara langsung meredakan benjolan ambeien di anus, suplemen ini bisa membantu Anda mengatasi sembelit yang sering kali memperparah gejala wasir.

4. Sitz bath

Sitz bath masuk dalam jajaran obat ambeien yang alami. Ini bukan obat yang biasanya dipakai dengan cara diminum atau dioleskan pada benjolan ambeien, melainkan berendam dengan air hangat. Caranya, rendam daerah anus Anda dalam air hangat selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Lakukan sebanyak 2 sampai 3 kali sehari dengan teratur.

Hawa panas dari air saat sitz bath dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat ambeien. Pastikan Anda mengeringkan area anus dengan benar setelah melakukan sitz bath. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan kelembapan yang dapat mengganggu kulit di sekitar anus.

4. Witch hazel

Witch hazel adalah astringent berbasis air yang dapat digunakan sebagai obat ambeien. Meskipun penelitian tentang witch hazel belum cukup banyak, namun Masssarat Zutshi, MD, seorang dokter spesialis bedah kolorektal dari Cleveland Clinic merekomendasikan astringent ini untuk mengurangi rasa gatal, perih, dan perdarahan yang terjadi saat wasir.

5. Gel lidah buaya

Sama seperti witch hazel, gel lidah buaya juga mengandung zat antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan, terutama pada area kulit. Ketika dioleskan, gel ini akan memberikan efek dingin sehingga mampu mengurangi rasa sakit akibat ambeien.

Namun, gel yang direkomendasikan adalah gel lidah buaya murni. Yaitu, gel yang Anda dapatkan langsung dari daging tanaman lidah buaya, bukan krim lidah buaya yang sudah dikemas.

Prosedur medis jika obat ambeien tidak ampuh

penyebab sirosis hati

Tidak semua orang dapat mengatasi wasir dengan minum obat ambeien saja. Ada juga yang tidak menunjukkan kesembuhan padahal sudah menggunakan obat. Jika sudah seperti ini, biasanya prosedur medis yang ditangani langsung oleh dokter dibutuhkan.

Dokter akan memotong, menghilangkan, atau mengangkat benjolan ambeien dengan proses operasi. Pasien akan diberi anestesi lokal sebelumnya supaya area yang dioperasi tidak menimbulkan rasa nyeri. Nah, pengobatan yang biasanya direkomendasikan untuk mengatasi ambeien, meliputi:

1. Trombektomi ambeien eksternal

Jika gumpalan darah yang menyakitkan (trombosis) terbentuk di dalam ambeien eksternal, dokter Anda akan melakukan sayatan dan drainase sederhana untuk menghilangkan gumpalan darah.

Ambeien eksternal adalah pembengkakan pembuluh darah vena yang terjadi di luar anus dekat lubang anus. Benjolan ambeien tersebut bisa terlihat dari luar. Ini merupakan prosedur medis yang paling efektif dilakukan dalam waktu 72 jam setelah berkembangnya gumpalan darah.

2. Ligasi pita karet

Dokter akan mengikat satu atau dua pita karet kecil di area sekitar ambeien internal untuk memotong aliran darah. Tanpa aliran darah, ambeien akan terlepas setelah seminggu menjalankan prosedur ini.

Cara mengobati ambeien yang satu ini efektif untuk banyak orang dan tidak memerlukan pembiusan. Pasien dapat kembali beraktivitas normal keesokan harinya.

Rasa tidak nyaman, nyeri, dan perdarahan mungkin akan muncul 2-4 hari setelah melakukan prosedur ini. Namun, ini jarang menyebabkan keparahan.

3. Suntikan (skleroterapi)

Pada prosedur mengobati ambeien ini, larutan kimia khusus akan disuntikkan ke dalam jaringan ambeien untuk mengecilkannya. Suntikan ini akan menghilangkan rasa sakit dengan membuat ujung saraf menjadi mati rasa pada lokasi penyuntikan. Setelah sekitar satu setengah bulan, ukuran ambeien akan mengecil atau menyusut.

4. Koagulasi dengan inframerah, laser, atau bipolar

Teknik koagulasi menggunakan sinar laser atau inframerah dapat dilakukan untuk membakar jaringan ambeien. Prosedur mengobati wasir ini berfungsi untuk memotong aliran darah pada pembuluh vena yang membengkak sehingga tidak semakin besar.

Namun, prosedur ini juga dapat membuat ambeien muncul kembali (kambuh) jika dibandingkan dengan prosedur ligasi pita karet. Selain itu, prosedur ini dapat menyebabkan sedikit rasa tidak nyaman.

5. Prosedur operasi

Operasi ambeien akan disarankan jika Anda sudah menempuh segala cara untuk mengobati ambeien tapi tidak berhasil. Operasi ambeien akan dilakukan untuk ambeien eksternal yang besar dan ambeien internal yang telah keluar dari dinding rektum ke anus. Ada dua prosedur operasi ambeien, yaitu:

Hemoroidektomi

Hemoroidektomi adalah cara mengobati ambien berat dan kambuhan yang paling efektif. Hemoroidektomi akan mengangkat jaringan berlebih yang menyebabkan perdarahan. Operasi ambeien ini dapat dilakukan dengan anestesi lokal yang dikombinasikan dengan obat penenang, anestesi spinal, atau anestesi umum.

Kebanyakan orang akan mengalami rasa sakit setelah operasi ambeien ini. Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit untuk mengatasinya. Waktu pemulihan biasanya sekitar 2 minggu, tapi mungkin bisa lebih lama sekitar 3-6 minggu untuk beraktivitas normal.

Hemorrhoidopexy

Hemorrhoidopexy (juga disebut sebagai stapling) adalah prosedur menjepit ambeien yang keluar dari dinding rektum (dubur) ke anus sehingga dapat kembali ke tempatnya di dalam rektum Anda dan memotong aliran darah sehingga jaringan akan menyusut dan diserap kembali.

Waktu pemulihan operasi ambeien ini lebih cepat dari hemoroidektomi. Anda juga bisa kembali bekerja lebih cepat, yaitu sekitar tujuh hari setelah pelaksanaan operasi untuk mengobati ambeien ini. Prosedurnya juga tidak terlalu menyakitkan.

Supaya pengobatan ambeien optimal, lakukan hal ini

makanan untuk yang punya endometriosis

Meski sudah diobati, proses penyembuhan tentu memakan waktu. Supaya obat ambeien atau pengobatan yang Anda jalani untuk mengatasi wasir bekerja dapat bekerja secara maksimal, Anda perlu mengubah kebiasaan buruk Anda, Apa saja?

Mari bahas satu per satu perubahan yang perlu Anda terapkan, cara lainnya untuk meringankan ambeien, dan mencegahnya kambuh di kemudian hari seperti berikut ini.

1. Jaga pola makan

Meskipun dipengaruhi oleh usia dan kehamilan, sebagian besar kasus ambeien terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat. Salah satunya pola makan yang buruk, seperti jarang makan buah dan sayur.

Makan rendah serat, seperti makanan cepat saji bisa menyebabkan feses lebih padat dan sulit dikeluarkan. Untuk mencegah sembelit yang bisa meningkatkan risiko ambeien dan memperparah gejalanya, Anda perlu perbanyak makan makanan berserat tinggi. Dengan begitu, gerakan usus jadi lebih lembut, teratur, dan mencegah sembelit.

Pilihan makanan berserat tinggi yang bisa Anda nikmati antara lain, buah-buahan, sayur-mayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Namun, asupan serat harus sangat diperhatikan saat Anda menggunakan obat ambeien jenis suplemen penambah serat. Jangan sampai, serat yang Anda dapatkan melebihi asupan yang dianjurkan sehingga menyebabkan perut kembung dan bergas.

2. Perbanyak minum air

Supaya cepat pulih dari nyeri wasir, Anda juga harus perbanyak minum. Tentu saja, sebaiknya pilih minum air putih yang lebih menyehatkan ketimbang minuman manis yang hanya akan membuat asupan kalori harian membludak.

Pastikan Anda minum setidaknya 8 sampai 10 gelas per hari. Apalagi jika Anda menggunakan obat ambeien seperti obat laksatif dan suplemen serat, minum air putih harus diperbanyak. Ini menghindari Anda dari dehidrasi sekaligus membantu suplemen serat bekerja dengan baik di perut.

3. Olahraga

Olahraga dapat membuat usus bekerja lebih baik dalam mencerna makanan. Sebaliknya, jika Anda malas bergerak atau lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk, risiko ambien kambuh akan meningkat.

Selain itu, olahraga juga bisa membantu Anda mengendalikan berat badan lebih ideal. Ingat, berat badan yang besar akan memberikan tekanan yang berlebih pada pembuluh vena di sekitar anus. Ini sama efeknya dengan tekanan yang ditimbulkan pada ibu hami, yang merupakan salah satu risiko ambeien.

Olahraga yang teratur juga dapat membantu mencegah gejala ambeien semakin memburuk. Lakukan olahraga yang sederhana seperti jalan cepat selama 20-30 menit setiap hari.

4. Jaga kebersihan anus

Meski ambeien tidak ada sangkut pautnya dengan kebersihan diri. Saat Anda mengalami ambeien, menjaga kebersihan anus adalah hal yang penting. Ini menghindari terjadinya infeksi pada luka bekas benjolan wasir yang pecah atau bekas operasi.

Jadi, jangan lupa bersihkan anus Anda dengan mandi setiap hari. Bersihkan secara lembut dengan air hangat. Kemudian, keringkan bagian bokong dan anus Anda dengan handuk kering atau tisu kering. Hindari menggunakan tisu basah yang mengandung alkohol atau zat pengharum yang bisa mengiritasi kulit sekitar anus yang sensitif.

5. Gunakan bantal

Banyak yang tidak menyadari bahwa duduk di atas permukaan yang keras bisa memperburuk gejala ambeien. Permukaan yang keras menghadapkan langsung pembuluh vena yang membengkak dengan tekanan dari berat tubuh. Jadi, gunakan bantalan empuk saat Anda duduk. Selain mengurangi rasa nyeri, tindakan ini juga bisa menurunkan risiko ambeien kambuh kembali.

6. Kompres dengan air dingin

Meski diobati, rasa tidak nyaman pada anus pasti muncul sewaktu-waktu. Nah, Anda dapat meredakan rasa nyeri dengan menempelkan kompres. Caranya, lapisi bongkahan es batu berukuran kecil dengan handuk bersih dan tempelkan pada anus yang terasa sakit. Lakukan cara ini sambil tidur tengkurap bukan dengan menduduki kompres air dingin tersebut.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca